MENGENAL CLOUD COMPUTING

Sekilas Tentang Cloud Computing

Apa itu Cloud Computing

Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada teknologi jaringan internet.

 

Cara Kerja Cloud Computing

Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

 

Jenis-jenis Layanan Cloud Computing

  1.  Software as a Service (SaaS)

Adalah salah satu layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. User hanya tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contohnya seperti Gmail, Facebook, dan lain-lain. 

  1.  Platform as a Service (PaaS)

Adalah layanan dari Cloud Computing kalau kita analogikan dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, networkdatabase engineframework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Contohnya seperti  Amazon Web Service

  1.  Infrastructure as a Service (IaaS)

Adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi,storagememorynetwork dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Contohnya seperti TelkomCloud

 

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing

  1.  Semua data tersimpan di server secara terpusat
  2.  Keamanan data
  3.  Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi
  4.  Investasi jangka panjang

 

Sumber :

http://www.cloudindonesia.or.id/

http://www.progresstech.co.id/

http://pusatteknologi.com/

Nama

Email

Komentar

  CAPTCHA code

Masukkan kode diatas