Bebras Indonesia 2018 [Workshop & Kuliah Tamu]

Bebras Indonesia 2018 Departemen Teknik Informatika bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan workshop dan kuliah tamu di Gedung CSA FT-UH. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Kamis, 26 Juli 2018 sampai dengan hari Jumat, 27 Juli 2018.

Tema pada workshop kali ini mengangkat tentang Computational Thinking & Bebras Challenge, Kamis (26/7). Sedangkan acara Kuliah Tamu mengangkat tema Competitive Programmer & Autograder System Kegiatan ini di ikuti oleh dosen,mahasiswa, dan guru-guru dari jenjang Sd hingga SMA di berbagai sekolah di makassar.

Kegiatan ini menhadirkan pemateri Ibu Dr. Ir. Inggriani Liem, beliau adalah ketua pembina TOKI, ketua Bebras Indonesia, sekaligus dosen di Institut Teknologi Bandung.

Bebras adalah sebuah inisiatif yg bertujuan untuk mempromosikan computational thinking (berpikir dengan landasan komputasi atau informatika) di kalangan tenaga pengajar dan masyarakat luas. Computational Thinking adalah sebuah metode pemecehan masalah dengan mengaplikasikan atau melibatkan teknik yang digunakan oleh software engineer dalam menulis program. Berpikir komputasi tidak berarti berpikir seperti komputer, melainkan berpikir tentang komputasi dimana seseorang  dituntut untuk memformulasikan  masalah dalam bentuk masalah komputasi itu, yg disampaikan oleh ibu Inge pada kegiatan tersebut. Pada kegiatan tersebut beliau menyampaikan tentang pengajaran informatika sejak dini dan kurikulummya pada Guru tingkat SD, SMP SMA dan latihan bebras challenge dan olympia. Di SD sampai SMA guru harus memulai belajar programming  karena kita ingin mengikuti  perkembangan ucapnya dalam kegiatan Workshop Computational Thinking dan bebras challenge oleh Departemen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dengan HMIF FT-UH. Harapannya dengan materi ini guru dapat meningkatkan kualitas siswa-siswinya untuk berkompetensi dibidang informatika. Ia berharap kelak indonesia tidak selalu terpuruk diposisi ke-6  dari bawah hasil survey PISA mengenai kemampuan informatika siswa.

Ketua Departemen Teknik Informatika Dr Amil Ahmad Ilham, S.T M.IT saat menutup kegiatan berharap kegiatan yang pertama kalinya dilakukan Departemen Informatika dengan melibatkan guru, kedepannya dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kegiatannya sehingga UNHAS sebagai perguruan tinggi  dapat berkontribusi kepada masyarakat melalui pendidikan, ujarnya.

Nama

Email

Komentar

  CAPTCHA code

Masukkan kode diatas