Capaian Pembelajaran

Deskripsi capaian Pembelajaran lulusan sebagai hasil elaborasi dari unsur capaian pembelajaran menurut KKNI, capaian pembelajaran menurut SNPT serta Bakerma Teknik Lingkungan diuraikan sebagai berikut:


1. Sikap
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
g. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
j. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2. Pengetahuan
a. Mampu membuat konsep dasar dan urutan pekerjaan dalam perancangan di bidang teknik lingkungan
b. Mampu menerapkan kriteria perencanaan di bidang teknik lingkungan dan mengetahui kapan dapat diaplikasikan
c. Mampu menyelesaikan masalah agar tidak terjadi pencemaran terhadap lingkungan
d. Mampu menerapkan ilmunya untuk menyelesaikan masalah yang akan menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan
e. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah pencemaran yang sudah terjadi di lingkungan
f. Mampu menyelesaikan masalah yang sudah terjadi di lingkungan dengan menerapkan teknologi yang telah dikaji dengan seksama

3. Keterampilan Umum
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
f. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya;
h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

4. Keterampilan Khusus
a. Mampu merancang bangunan di bidang teknik lingkungan yang dapat diaplikasikan dan direplikasi dengan konsep pembangunan berkelanjutan.
b. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa lingkungan berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai dengan rekayasa pengelolaan lingkungan.
c. Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari menggunakan konsep-konsep teoritis dan empiris khususnya dalam bidang kesehatan
d. Mampu melakukan pemilihan teknologi lingkungan untuk diaplikasikan dalam menyelesaikan masalah lingkungan domestik dan non domestik.
e. Mampu melakukan inovasi di bidang teknik lingkungan sehingga menghasilkan teknologi tepat guna dan ekonomis yang mampu mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan
f. Mampu melakukan identifikasi masalah dan analisis untuk pemulihan lingkungan yang tercemar berdasarkan aspek teknis dan perundang-undangan yang berlaku
g. Mampu menerapkan teknologi untuk pemulihan lingkungan yang sesuai dengan permasalahan lingkungan