Proses Pembelajaran Mata Kuliah Studio Pendataan

Proses pembelajaran Mata Kuliah Pendataan menggunakan contoh-contoh praktis yang dapat membantu mahasiswa memahami dan membedakan jenis data. Untuk lebih memahami dan mengembangkan materi pembelajaran, materi ini akan dibahas secara dua arah antara mahasiswa dan pengajar (ceramah dan tanya jawab) serta diskusi (small group discussion) serta presentasi dan Collaborative learning (diskusi dalam dan antar kelompok). Penilaian untuk mengevaluasi hasil pembelajaran dilakukan tidak saja dengan uji konsep atau teori yang bersifat kognitrif untuk dapat mengukur tingkat pemahaman materi, tertapi juga pada aspek afektif melalui uji respon terhadap berbagai permasalahan dalam pendataan serta bagaimana resolusi menghadapi masalah tersebut.

Beberapa konsep dan pengertian dasar yang berkaitan dengan pendataan akan diajarkan pada Konsep dan Pengertian Dasar yang berkaitan dengan Pendataan, sehingga mampu menjadi dasar yang kuat bagi mahasiswa dalam melakukan proses pendataan di lapangan. Pembahasan dalam bagian ini akan diawali dengan batasan-batasan definitif dan konseptual dari data. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terkait beragam jenis data.berikutnya akan ditutup dengan penjelasan studi kasus pendataan khususnya pada penggolongan data berdasarkan jenisnya. Setelah mempelajari materi ini, mahasiswa diharapkan mampu memberikan penjelasan tentang konsep dan pengertian dasar dari data, mampu memahami dan membedakan data berdasarkan jenisnya, memahami penggunaan data berdasarkan waktu pengumpulan dan sifat data.

Materi teknik pengumpulan data menjelaskan tentang berbagai teknik yang dapat dilakukan untuk memperoleh data, baik primer maupun sekunder serta termasuk ragam teknik pengumpulan data berdasarkan jumlah data (populasi dan sampel). Pembahasan diawali dengan identifikasi dan penjabaran teknik populasi dan sampel. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terkait beragam jenis teknik pengumpulan data. Bahan pada bab ini akan ditutup dengan penjelasan studi kasus pendataan khususnya pada penggolongan data berdasarkan jenisnya. Setelah mempelajari materi ini, mahasiswa diharapkan mampu memberikan penjelasan tentang konsep dan pengertian dasar dari data, mampu memahami cara dan penggunaan data berdasarkan jumlah data, memahami metode dan instrumen pengumpulan data primer dan sekunder, serta mampu menginventaris kebutuhan data primer dan sekunder.

Mater pelaksanaan survei menjelaskan tentang konsep dasar survei, dilengkapi dengan jenis surveinya sehingga dapat memberikan panduan kepada mahasiswa dalam melakukan survei. Pembahasan diawali dengan definisi dan penjelasan tentang survei itu sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terkait beragam jenis teknik survei.

Materi pengolahan data juga memberikan panduan praktis dalam melaksanakan survey yang bertujuan untuk memberikan langkah-langkah praktis bagi para mahasiswa di lapangan dalam melakukan survei di tingkat rumah tangga, kelurahan/desa, termasuk diskusi kelompok terfokus dan wawancara informan kunci. Panduan ini disertai sembilan Catatan Pendukung, yang merupakan alat penting untuk mengumpulkan informasi dalam survey. Materi ini akan ditutup dengan penjelasan studi kasus survei untuk lebih memperjelas gambaran tentang survei itu sendiri. Setelah mempelajari materi ini, mahasiswa diharapkan mampu melakukan pengumpulan data primer dan sekunder pada skala kelurahan sesuai studi kasus yang ditentukan. Materi ini menjelaskan tentang berbagai cara pengolahan data yang sudah didapatkan melalui survei. Pengorganisasian data dibedakan menjadi pengelompokan data, analisis dan interpretasi data serta penyajian data. Masing-masing sub pembahasan dielaborasi menggunakan contoh kasus untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan pengelompokan data, menganalisis dan menginterpretasi data primer dan sekunder serta mampu menyajikan data secara informatif.

Nama

Email

Komentar

  CAPTCHA code

Masukkan kode diatas