Pengembangan Konsep Multi Fungsi Lahan di Kawasan Sub-Urban Makassar

Shirly Wunas

Departemen Pengembangan Wilayah dan kota, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

PENDAHULUAN

Pola pertumbuhan Kota Makassar yang menjauh dari pusat kota, berkembang secara sporadis (urban sprawl) di wilayah sub-urban, di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan poros MakassarMaros (Jalan Perintis Kemerdekaan), dengan intensitas dan kepadatan rendah, yang fungsi lahan umumnya tunggal (perumahan), telah menyebabkan inefisiensi penggunaan lahan, inefisiensi perkembangan jaringan sanitasi dan utilitas (infrastruktur). Selain itu, telah menyebabkan masyarakat memenuhi kegiatan sosial dan ekonominya di wilayah urban, yang umumnya mempergunakan kendaraan pribadi (www.wikipedia.org). Dampak dari urban sprawl telah menyebabkan masyarakat mengalami peningkatan biaya transportasi, dan kualitas lingkungan hidup juga menurun. Hal tersebut diakibatkan peningkatan volume lalu lintas pada jalan arteri (Perintis Kemerdekaan,Urip Sumiharjo) dan meningkatnya kemacetan lalu lintas yang menimbulkan peningkatan produksi emisi karbon dari kendaraan.

Sebagian besar pengembang telah melakukan pembangunan perumahan permukiman secara horizontal yang belum dilengkapi sarana prasarana kawasan sehingga terjadi inefisiensi dalam penggunaan lahan. Menurut Veronica (2010) sarana prasarana (fasilitas sosial dan fasilitas ekonomi) di kawasan suburban Makassar khususnya pada Kecamatan Biringkanaya dan  Kecamatan Tamalanrea, tersebar pada lokasi_lokasi dengan fungsi lahan tunggal, sehingga cukup sulit untuk melakukan 2-3 aktifitas pada satu area fasilitas.

Pembangunan dengan konsep multi fungsi lahan sangat penting dan diperlukan untuk area perkotaan yang sehat (Jacobs, 1961). Keuntungan lain dari konsep multi fungsi lahan, adalah keterpaduan antara ruang hunian, ruang sosial dan ruang bekerja. Konsep tersebut mengutamakan pembangunan kota dengan sistem transportasi publik (bus atau kereta api), serta keberagaman fungsi lahan yang diimplementasikan dengan pembangunan superblok dan jaringan tata hijau.

Berdasarkan hasil analisis RP4D tahun 2007, penduduk Kota Makassar membutuhkan rumah sebesar 23.367 unit.  Perkembangan  jumlah  permintaan  perumahan  permukiman  di  Kota  Makassar  hingga  tahun  2017, khususnya di wilayah suburban: yaitu Kecamatan Tamalanrea mencapai permintaan 3.799 rumah (380 unit/tahun)  dan Kecamatan Biringkanaya 7.171 rumah (717 unit/ tahun). Tuntutan kebutuhan perumahan tersebut pada wilayah suburban akan menimbulkan masalah pergerakan lalu lintas pada jalan arteri Perintis Kemerdekaan jika tidak ditata secara terpadu dengan kebutuhan sarana dan prasarana permukiman.

 

BAHASAN

Tujuan Pergerakan Kegiatan Sosial Ekonomi

Sebagian besar penduduk melakukan kegiatan pendidikan di sekitar tempat tinggalnya, yang berjarak 1,001 hingga 3,00 Km (32,21%). Penduduk perumahan Dosen (Perdos Tamalanrea) dan  BTP yang dominan menyekolahkan anakanak tingkat pendidikan dasar (SD) di sekitar tempat tinggalnya, jarak capai Penduduk yang tinggal di perumahan Telkomas dan BTP, melakukan tujuan pergerakan kegiatan pendidikan menengah dan perguruan tinggi di wilayah suburban dengan jarak 1 hingga 5 Km, akses melalui jalan poros urban- suburbanregional. Sedangkan di BPS adalah penduduk yang melakukan kegiatan pergerakan pendidikan menengah dan perguruan tinggi di wilayah suburban dengan jarak 5-8 Km, akses melalui jalan poros urban-suburban-regional. Data tersebutmenunjukkan bahwa penduduk suburban umumnya mempergunakan sarana pendidikan yang terdapat di sekitar lokasi tempat tinggalnya, ataupun mendekatkan huniannya dengan sarana pendidikan yang dibutuhkan (gambar 4). Namun masih terdapat 23,62% penduduk yang melakukan pendidikan dengan jarak 5,00hingga17,00km ke wilayah urban. Penduduk tersebut lebih mengutamakan kualitas mutu pendidikan yang diminati, tetapi memberi dampak pada peningkatan frekuensi lalu lintas di jalan poros penghubung suburban dan urban (Jl Perintis Kemerdekaan). 

Untuk kegiatan pengobatan khususnya kondisi perawatan biasa, penduduk suburban mempergunakan puskesmas atau puskesmas pembantu (jarak Kegiatan ekonomi penduduk  sub-urban, meliputi kegiatan kerja, kegiatan belanja dan kegiatan hiburan/rekreasi. Penduduk sub-urban melakukan kegiatan kerja pada radius 1,001 hingga 3 Km. Penduduk tersebut adalah penduduk Perdos Tamalanrea dan BTP yang bekerja pada kawasan Daya, Unhas dan Tamalanrea. Selain itu, juga terdapat penduduk BPS melakukan kegiatan kerja pada kawasan Daya, Mandai dan Maros.  Tujuan pergerakan kegiatan belanja penduduk suburban sebagian besar adalah Pasar Daya (14,72%), dengan radius pencapaian 1hingga3 Km dari tempat tinggalnya. Terdapat 13,50% penduduk suburban memanfaatkan pasar lingkungan, dan 11,66% penduduk melakukan kegiatan tersebut di Pasar Mandai, yang berjarak 3hingga5 Km dari tempat tinggalnya. Penduduk suburban yang melakukan pergerakan ke lokasi kegiatan belanja di kawasan urban,  adalah  sebesar  7,98%.  Lokasi  tujuan  sarana  hiburan/rekreasi  yang    dominan  dimanfaatkan  oleh penduduk suburban (25,46%) adalah MP, MTC dan Karebosi yang terletak di kawasan urban. Sedangkan10,46% penduduk sub-urban telah melakukan kegiatan hiburan/rekreasi di sekitar tempat tinggalnya, yaitu MTOS, yang berjarak 1-3 Km dari perumahan.

 

 Luas Pelayanan Sarana Sosial Ekonomi

Luas pelayanan sarana sosial ekonomi pada kawasan sub-urban, dinilai dari pergerakan penduduk suburban dalam melakukan kegiatan pendidikan, perkantoran, belanja dan hiburan/rekreasi. Pergerakan penduduk suburban ke lokasi sarana pendidikan, terlihat padat pada kawasan suburban, yaitu penduduk melakukan kegiatan pergerakan pendidikan ke kawasan sekitar Sudiang, Daya, BTP dan Unhas dengan jarak tempuh maksimal dari lokasi asal adalah 5 Km. Hal tersebut dapat disebabkan oleh ketersediaan berbagai sarana pendidikan tinggi yang terdapat pada wilayah suburban.

Selain itu, kepadatan pergerakan kegiatan pendidikan penduduk suburban juga terlihat tinggi di wilayah urban, yaitu di daerah sekitar Panakkukang dan sekitar Maccini atau Jl. Sunu. Pergerakan ke sarana pendidikan dengan jarak panjang ke  wilayah urban tersebut (6hingga15 Km), disebabkan oleh minat penduduk suburban terhadap kualitas mutu pendidikan menengah atas, yang dianggap lebih baik pada kawasan urban Makassar.

 Salah satu penyebab timbulnya kepadatan pada jalan penghubung wilayah suburban dan urban (Jalan Perintis Kemerdekaan), adalah pergerakan penduduk ke sarana kegiatan pendidikan, baik di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, maupun di wilayah urban Makassar.

Berdasarkan hasil penelitian, gambar 6 menunjukkan bahwa penduduk suburban umumnya melakukan kegiatan pergerakan ke sarana lokasi kerja yang berjarak 1,001-3 Km dari tempat tinggalnya, yaitu sarana lokasi kerja yang terletak di sekitar kawasan KIMA, Daya, BTP dan Unhas (sesuai tabel 16, terdapat 26,90% penduduk suburban yang bekerja pada lokasi dengan radius 1,001hingga3 Km). Pergerakan kegiatan kerja tersebut disebabkan oleh ketersediaan sarana kegiatan perkantoran, industri, jasa dan perdagangan pada kawasan suburban tersebut di atas. Adapun pergerakan kegiatan kerja penduduk suburban di sekitar kawasan Sudiang dan Bandara juga meningkat, dengan jarak 3-7 Km dari tempat tinggalnya.

 

Pergerakan penduduk suburban ke lokasi sarana kerja yang jauh terletak di wilayah urban, terjadi pada kawasan sekitar panakkukang, Maccini/Jl Sunu hingga kawasan sekitar MTC, yang berjarak 8hingga15 Km dari tempat tinggalnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh keragaman sarana kegiatan bekerja yang tersedia dan lebih berkembang di wilayah urban Makassar, yakni sarana perkantoran, jasa dan perdagangan.

Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa, penduduk suburban telah mulai memilih tempat tinggal pada kawasan perumahan permukiman dengan jarak yang relatif dekat dengan lokasi sarana kerja. Kondisi tersebut memungkinkan pengembangan sarana prasarana kegiatan kerja, dengan konsep multi fungsi lahan, sehingga dapat mengurangi kepadatan pada Jalan Perintis Kemerdekaan, yang merupakan penghubung antara wilayah suburban dan urban Makassar.

Pergerakan penduduk suburban untuk kegiatan belanja pasar, masih dilakukan di sarana pasar yang tersedia di wilayah suburban, dengan jarak dekat, yaitu 0hingga3 Km dari lingkungan tempat tinggalnya. Kondisi tersebut didukung oleh ketersediaan sarana pasar regional (pasar Daya) dan pasar lingkungan pada beberapa lokasi penelitian, antara lain; pasar lingkungan pada perumahan BTP, pasar lingkungan pada perumahan Telkomas dan pasar Mandai. Sedangkan pergerakan kegiatan hiburan/rekreasi ke sarana hiburan suburban, hanya dilakukan oleh 10,43% penduduk lokasi penelitian, dengan radius 1-3 Km dari lingkungan tempat tinggalnya, dan cenderung lebih memilih untuk melakukan pergerakan ke sarana hiburan/rekreasi di wilayah urban (25,46%).  Pergerakan tersebut  dipicu  oleh  keragaman  sarana  hiburan/rekreasi yang  lebih  berkembang di wilayah urban, dibandingkan dengan sarana hiburan wilayah suburban, yang saat ini masih terpusat di kawasan MTOS.

 

Persepsi Masyarakat tentang Konsep Multi Fungsi Lahan 

Penduduk  suburban  menyetujui  pelayanan  sarana  prasarana  kompak  dalam  satu  kawasan  (mixed  use). Penduduk tersebut adalah penduduk Telkomas (27,30%), BTP (23,31%) dan penduduk perumahan BPS (13,19%). Pola pengelompokan sarana prasarana kawasan secara terpusat atau kompak, dinilai dapat memaksimalkan fungsi kawasan karena dapat memenuhi kebutuhan penduduk dengan keragaman fungsi sarana prasarana. Selain itu, pola pengelompokan tersebut memperpendek jarak capai, yang berakibat pada efisiensi waktu dan biaya, sehingga dapat menghemat biaya hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sub - urban.

Penduduk suburban bersedia berjalan kaki ke sarana prasarana kawasan yang berjarak dekat (Penduduk yang tidak bersedia untuk berjalan kaki (23,01% penduduk Telkomas dan 14,11% penduduk BTP), lebih memilih untuk menggunakan motor . Hal tersebut disebabkan kondisi jalur pejalan yang tidak nyaman karena adanya hambatan samping. Selain itu, berjalan kaki dinilai tidak praktis karena penduduk terbiasa mempergunakan sepeda motor.

Penduduk suburban memberikan persepsi bahwa jalur pejalan belum dilengkapi jalur hijau dan kelengkapan furniture lainnya seperti bangku dan lampu penerangan. Penduduk tersebut  menyetujui untuk berjalan kaki ke sarana prasarana kawasan di  sekitar tempat  tinggalnya, jika jalur  pejalan dilengkapi jalur  hijau (pohon), sehingga dapat memberi suasana asri dan teduh.Dalam perencanaan jalur pejalan kaki pada pengembangan sarana prasarana berbasis konsep multi fungsi, hendaknya  mempertimbangkan  pula  ruang  gerak  atau  aksesibilitas  untuk  difabel,  untuk  mewujudkan kemudahan dalam mempergunakan fasilitas umum. Jalur pejalan yang ramah bagi kaum difabel di Kota Makassar salah satunya adalah jalur pejalan yang terletak di jalan AP. Pettarani, yang dilengkapi dengan jalur penuntun untuk tuna netra 

Penduduk suburban (± 82,52%), menyetujui pengembangan hunian vertikal dengan alasan lahan yang semakin terbatas dan akses fasilitas hunian yang mudah. Selain itu pengembangan hunian vertikal tersebut diniliai lebih ekonomis, karena pencapaian sarana prasarana/fasilitas hunian yang dekat, yang pada akhirnya juga dapat menghemat biaya hidup, khususnya biaya transportasi. Sedangkan penduduk suburban sebesar 17,48% berpendapat bahwa hunian vertikal akan menimbulkan kekumuhan, serta kurang aman dan nyaman, selain itu penduduk tersebut juga mengkhawatirkan masalah distribusi air bersih. Penduduk yang berpendapat demikian umumnya adalah penduduk yang mempunyai usaha dalam rumah.

Masyarakat yang menyetujui peralihan dari moda kendaraan pribadi (sepeda motor dan mobil) ke moda angkutan mobil (bus) terdapat ±51,53%, utamanya penduduk perumahan Telkomas, BTP dan perumahan Taman Sudiang Indah.

Penduduk tersebut berpendapat bahwa, penggunaan bus dapat menghemat biaya transportasi (ekonomis), kapasitas penumpang lebih besar, dan jalur poros tidak akan padat lagi. Penduduk yang tidak setuju (48,47%), berpendapat bahwa pencapaian lokasi sarana prasarana di wilayah urban dengan mempergunakan kendaraan pribadi dinilai lebih cepat dan praktis, serta telah menjadi kebiasaan (gaya hidup) berkendara penduduk. 

 

SIMPULAN

Karakteristik  sarana  prasarana  kawasan  terhadap  pemenuhan  kebutuhan  sosial  ekonomi  masyarakat suburban, ditinjau dari kuantitas secara umum telah memadai, namunbelum sepenuhnya dimanfaatkan oleh penduduk suburban, dan moda transportasi yang dipergunakan adalah kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil dengan mempergunakan akses tunggal (Jl. Perintis Kemerdekaan). 

Persepsi  masyarakat  terhadap  konsep  multi  fungsi  lahan,  dominan  menyetujui  pola  secara  kompak (terkelompok), dengan sistem transportasi jalan kaki atau bersepeda, serta dilengkapi dengan angkutan bus. Kehidupan sosial masyarakat Salarang banyak terjadi di halaman rumah dan bantaran sungai. Hubungan sosial kemasyarakatan mempunyai hubungan yang sangat solid, semua kegiatannya berorientasi pada masjid. Hampir semua masyarakat mempunyai hubungan kekerabatan karena tempat asal yang sama, adapun pendatang bermukim karena ikatan perkawinan dengan penduduk asli.

  

DAFTAR PUSTAKA

Calthorpe, Peter and William Fulton, 2000, The Regional City: Planning for The End of Sprawl dalam Time Saver Standards for Urban Design, Washington DC: Island Press

Cervero. R,  2006, Public Transport and  Sustainable Urbanism: Global Lessons, Department of City and Regional Planning University ofCalifornia, Barkley, USA.

Ewing, R, 1997, Transport and Land Use Innovations. American Planning Association, Chicago.

Grant, J dalam Weddel, P., 2010, Urbanism: Modeling Urban Development for Land Use, Transportation and Environment.

Harno, T, 2010, Transit Oriented Development (TOD) as Transport Demand Management (TDM) Urban Traffic, DIT BSTP.

Natalia, V.V. 2010, Konsep Pembangunan Berorientasi Transit sebagai Pengendalian Pola Pergerakan Transportasi di Kawasan Perkembangan Kota Makassar, Program Pascasarjana, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Rahmi, D.H., Setiawan, B., 1999, Pusat Perancangan Kota Ekologi, Jakarta.

Stenhouse, Douglas.S., 1992 ‘Mixed-Use Land Development, dalam Walter, Arkin, Crenshaw (ed) Sustainable Cities: Concepts and Strategies for Edo-City Development, Los Angeles, CA: Eco-Home Media

Talha, 2008, New Trends and Approaches in Urban Planning & Growth, dipresentasikan pada MIP-REHDA Selangor Joint Seminar, www.rehdaselangor.com/media/ppt2/Paper%204-KT2.ppt.

Wibawa, B., A, 1996, Tata Guna Lahan dan Transportasi dalam Sistem Pembangunan Berkelanjutan di Jakarta, Program Pascasarjana Magister Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro.

 

 

Source: 

Wunas, Shirly. 2011. Pengembangan Konsep Multi Fungsi Lahan di kawasan Sub Urban Makassar. Prosiding Hasil Penelitian Fakultas Teknik Unhas. Makassar. 

Nama

Email

Komentar

  CAPTCHA code

Masukkan kode diatas