UNIVERSITAS HASANUDDIN

Department of Mining Engineering

Dialog Akademik : Sosialisasi MKPK Pada Angkatan 2023
no image

Pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi dituntut menyiapkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan yang terus berubah. Bertalian dengan itu, kurikulum sebagai ujung tombak pendidikan pun perlu melakukan penyelarasan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan masyarakat, dan kebutuhan lulusan. Pada semester awal Kurikulum 2023, terdapat empat Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) yang berasal dari kementerian dan dua dari universitas. Selanjutnya, pada semester dua hingga lima menggunakan Mata Kuliah Kompetensi Program Studi (MKKPS) dengan bobot SKS 112.

Kurikulum 2023 menjadi menarik saat memasuki semester enam hingga tujuh dengan adanya Mata Kuliah Penguatan Kompetensi (MKPK). Pelaksanaan mata kuliah ini bersifat non tatap muka agar mahasiswa mendapatkan janji kompetensi yang disebutkan dalam profil lulusan. Adapun MKPK memuat 20 SKS untuk prodi non kesehatan dan 10 SKS untuk prodi kesehatan.

MKPK pada dasarnya bersifat non akademik. Artinya, kegiatan mahasiswa di luar kampus, seperti organisasi atau lomba dapat dilaporkan melalui sistem untuk dikonversi menjadi SKS di Neosia.

Sistem tersebut akan mencatat jumlah jam aktivitas mahasiswa, bobot kegiatan, hingga bukti keikutsertaan. Sedangkan jika mahasiswa mengikuti program MBKM, maka total SKS yang diperoleh dapat menutupi total SKS MKPK. Sehingga hal ini yang mengantarkan Departemen Teknik Pertambangan dipandang perlu melakukan sosialisasi dan dialog akademik MKPK bersama mahasiswa utamanya Angkatan 2023. 

 

Rujukan: Jurnalis identitasunhas

Editor: Abede