Alumni Departemen Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Kembali Sukses Mewakili Indonesia Dalam Sakura Science Plan di Jepang.

Alumni Dept. Teknik PWK Unhas melalui program ‘Sakura Science Plan (SSP)’ kembali mencatatkan prestasinya dengan mendapatka undangan sebagai peserta dalam kegiatan Sakura Science Exchange Program, yang kali ini berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 15 – 20 Desember 2019 di 5 kota di Jepang; Matsuyama Ehime Prefecture, Hiroshima, Kisarazu Chiba dan Matsudo Chiba serta Tokyo. Keterlibatan Dept. Teknik PWK UNHAS dan alumninya merupakan kali ke 3 secara berturut turut sepanjang tahun 2018 dan 2019. Seluruh pembiayaan kegiatan ini ditanggung oleh Pemerintah Jepang melalui penyelenggaraan Program yaitu Ehime University JAPAN dan Japan Science and Technology Agency (JST).

Peserta program berasal dari 5 institusi pendidikan dari 3 negara; Indonesia, Nepal dan Kamboja. Indonesia sendiri diwakili oleh Universitas Hasanuddin, Makassar, dengan mengirim 3 mahasiswi terpilih dari Sekolah Pascasarjana dan 1 orang dosen pembimbing sebagai pemimpin tim. Peserta program adalah Marinda Indayani dan Andi Starina Fitri (dari Program Studi Manajemen Perkotaan), Ummu Kalsum Basman (dari Program Studi Teknik Transportasi) dan Dr. Eng. Abdul Rahman Rasyid, ST., M.Si (dosen merangkap Sekretaris Departemen Perencanaan Wilayah Kota FT UNHAS). Total peserta program berjumlah 14 orang mahasiswa dan 3 orang dosen pembimbing.

Mengusung tema “A workshop training on disaster risk reduction focusing on IoT in landslide and flood disasters”, program SSP ini dipusatkan di Universitas Ehime, Kota Matsuyama, Perfektur Ehime. Sebagai ketua tim penyelenggara, Prof. Netra Prakash Bhandary dari Departement of Environmental Design, mewakili Faculty of Collaborative Regional Innovation Ehime University, menjelaskan tujuan program Sakura Science Plan, yaitu terlaksananya sharing informasi dan pengetahuan antara negara-negara peserta dengan Jepang khususnya dalam mitigasi bencana serta memberikan bekal pengalaman bagi para mahasiswa agar menjadi pemimpin dalam upaya penanganan bencana di negara masing masing.

Peserta program mendapatkan kuliah mengenai sejarah kebencanaan di Jepang dan upaya mitigasi yang telah dilakukan untuk mengurangi resiko bencana, termasuk potensi kebencanaan di masa depan. Selanjutnya, seluruh peserta bertolak ke Perfektur Hiroshima untuk mengunjungi Asaminami, Yagi Ward, sebuah kawasan yang pernah terdampak bencana longsor dahsyat pada tahun 2014. Para peserta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang bentuk kerjasama antara pemerintah dan komunitas masyarakat terdampak untuk bangkit dari keterpurukan akibat bencana yang dibawakan langusng oleh pimpinan komunitas masyarakat setempat. Selain itu, peserta juga mengunjungi pembangunan Sabo DAM Utama sebagai upaya dari pemerintah Jepang dalam pencegahan dampak longsor di masa datang dengan fungsi sebagai bangunan penahan dan pengelak material longsor di sepanjang lembah. Total akan dibangun kurang lebih 30 Sabo DAM.

Kunjungan ke kompleks perakitan dan museum Mazda - salah satu industri otomotif terbesar di Kota Hiroshima, mengakhiri rangkaian kegiatan di Perfektur Hiroshima. Perjalanan yang melelahkan dengan bus sejauh 82 kilometer, terbayar dengan hangatnya jamuan dan makan malam khas Jepang yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Ehime untuk menyambut kedatangan peserta kembali ke Kota Matsuyama. Seluruh kegiatan SSP di Universitas Ehime pun ditutup dengan pemberian sertifikat kepada seluruh peserta yang diserahkan langsung oleh Dekan Faculty of Collaborative Regional Innovation Ehime University, Professor Katsushi Nishimura. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar setiap peserta dapat menyebarluaskan informasi yang diperoleh selama di Jepang, setibanya di negara masing-masing.

Dari Perfektur Ehime, peserta program ‘terbang’ ke Perfektur Chiba untuk berpartisipasi dalam Fifth International Workshop on Effective Engineering Education/ IWEEE-2019, yang bertempat di National College of Technology Kisarazu Chiba. Dalam lokakarya ini, dosen pembimbing dari masing-masing negara diberikan kesempatan untuk memaparkan makalah studi/penelitian tentang pemanfaatan IoT (Internet of Thing) untuk Kota Cerdas, Kebencanaan dan Perubahan Iklim. Universitas Hasanuddin, diwakili oleh Dr. Eng. Abdul Rachman Rasyid, mempresentasikan Smart Planning dalam membangun Smart Cities dengan kasus Kota Makassar. Setelah sesi pemaparan materi, mahasiswa program SSP bersama peserta workshop yang lain berkesempatan untuk menunjukkan proyek dan penelitian masing-masing dalam sesi presentasi poster. Sesi ini tak kalah pentingnya, karena merupakan ajang berbagi ilmu dan pengalaman antar mahasiswa dari berbagai negara.

Akhirnya, seluruh rangkaian program kegiatan SSP ditutup dengan kunjungan lapangan terakhir ke Disaster Management Center, sebuah pusat studi pembelajaran tentang bencana di Kota Matsudo, Perfektur Chiba. Menariknya, pembelajaran dilakukan dengan langsung mengalami sendiri simulasi masing-masing bencana, seperti badai, gempa bumi, dan kebakaran. Sebuah pengalaman yang sungguh sangat berkesan karena memberikan sudut pandang yang berbeda tentang bencana itu sendiri seperti diutarakan oleh peserta program.

Program singkat dan padat selama 7 hari ini mungkin tidak dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang Jepang. Namun bagi peserta yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Jepang, ini adalah 7 hari paling berkesan dalam hidup masing-masing. Melihat, mendengar, merasakan Jepang dengan seluruh aspeknya –budaya menghormati aturan, tata krama, kecanggihan teknologi dan tentunya kuliner – membekas dalam hati setiap peserta, dan sesuai dengan tujuan diselenggarakannya program ini, kesan tersebut menjadi “doa, agar diizinkan untuk dapat mengunjungi negara indah ini pada kesempatan yang lain” seperti yang disampaikan oleh Indayani salah seorang perserta program.

 

Alumni Departemen Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Kembali Sukses Mewakili Indonesia Dalam Sakura Science Plan di Jepang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      

 

 

Nama

Email

Komentar

  CAPTCHA code

Masukkan kode diatas