Visi, Misi, Tujuan, Sasaran

Visi Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

Dengan mengacu pada rumusan visi Universitas, Fakultas FT-Unhas di atas maka visi PS S1 PWK FT-Unhas dirumuskan:

Menjadi Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota terkemuka di Asia yang berwawasan Benua Maritim Indonesia (BMI) Tahun 2028

Target

Secara umum pencapaian visi ini akan tercapai pada tahun 2028 (S1 PWK-UH2028) dengan indikator keunggulan berupa jumlah lulusan PWK yang tepat waktu (4 tahun) minimal 95%, waktu tunggu maksimal 3 bulan pada bidang kerja yang sesuai dengan Ipteks PWK, karya ilmiah civitas akademika yang terpublikasi pada jurnal bereputasi (untuk internasional 5 paper/tahun, nasional 10 paper/tahun, prosiding 20 paper/tahun. Menjadi PS 5 terunggul secara nasional (N5), 50 terunggul di Asia Tenggara (SEA50), 100 terunggul di Asia(A100), 150 terunggul secara global (W150), atas Ridho Tuhan Yang Maha Kuasa (T).

S1 PWK-UH2008 = (N10 + SEA80 + A150 + W250)T

S1 PWK-UH2012 = (N9 + SEA75 + A130 + W225)T

S1 PWK-UH2016 = (N8 + SEA70 + A125 + W200)T 

S1 PWK-UH2020 = (N7 + SEA65 + A120 + W175)T 

S1 PWK-UH2024 = (N6 + SEA60 + A115 + W160)T 

S1 PWK-UH2028 = (N5 + SEA50 + A100 + W150)T

 

Misi Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

Misi mendukung terealisasinya visi pada tahun 2028 dengan perincian sebagai berikut:

Pendidikan

  • Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara berkelanjutan di bidang Ipteks PWK secara umum, dan khususnya yang berwawasan BMI.
  • Terkemuka dan unggul dalam pembelajaran di bidang Ipteks PWK dan menghasilkan kualitas lulusan yang baik sesuai dengan standar mutu Pendidikan Tinggi.

Penelitian

  • Melakukan penelitian yang relevan dan bermanfaat bagi pengembangan Ipteks PWK baik secara umum maupun yang khusus berwawasan BMI.

Pengabdian Masyarakat

  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang PWK yang berdasarkan hasil2 penelitian dan isu-isu aktual, khususnya yang berwawasan BMI.
  • Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk berpartisipsi aktif menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan dan lingkungan, dalam domain PWK berdasarkan hasil riset, perencanaan, pengalaman, dan ipteks para dosen.

Manajemen

  • Mengembangkan kurikulum berdasarkan VMTS PS yang antisipatif dan adaptif terhadap dinamika perkembangan isu dan kemajuan Ipteks PWK, serta perubahan tuntutan dunia kerja lulusannya.
  • Memenuhi ratio jumlah dosen dan mahasiswa sert mengembangkan kualifikasi dosen untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam penyelenggaraan tridharma PT sesuai VMTS PS.
  • Memenuhi standar jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan (tendik) untuk memenuhi kebutuhan SDM seperti tenag administrasi, pustakawan, laboran, dan teknisi yang mendukung kegiatan tridharma PT.
  • Mengembangkan kemitraan sejajar dengan instansi Dalam Negeri (DN) maupun instansi Luar Negeri (LN) seperti perguruan tinggi, lembaga riset, pemerintah, perusahaan swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
  • Mengembangkan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tridharma PT.

Tata Nilai

Menjaga, mengembangkan, dan menerapkan nilai, moral dan etika akademik pada PS S1 PWK berdasarkan kebijakan Universitas Hasanuddin, yaitu:

  • Integritas, mewakili sifat jujur, berani, bertanggung jawab dan teguh dalam pendirian.
  • Inovatif, merupakan kombinasi dari kreatif, berorientasi mutu, mandiri dan kepeloporan.
  • Katalitik, mewakili etika, sopan santun, keluwesan, keterbukaan dalam berkomunikasi dan berkerjasama dengan mitra sejajar.
  • Arif: manifestasi kepatutan, adil dan beradab, holistik dan asimilatif.

 

Tujuan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

Tujuan Umum: Untuk menghasilkan cendekiawan profesional yang antisipatif dan akomodatif terhadap dinamika perkembangan isu dan Ipteks PWK, perubahan tuntutan dunia kerjanya, serta menghasilkan karya ilmiah dan perencanaan di bidang PWK.

Tujuan Khusus:

  • Untuk menghasilkan cendekiawan yang profesional dalam pengembangan dan penerapan Ipteks PWK khususnya yang berwawasan BMI.
  • Untuk menghasilkan cendekiawan yang profesional dalam kompetensi pendukung karier utamanya sebagai ahli perencana bidang PWK,  serta keahlian Iptek khusus yang menjadi bidang kajian labo-labo di lingkungan Departemen PWK: perencanaan wilayah, pariwisata dan mitigasi bencana; perencanaan dan perancangan kota; perencanaan kota tepian air; perencanaan perumahan dan permukiman; serta perencanaan infrastruktur dan transportasi. 
  • Untuk membangun kompetensi lain bagi lulusan yang gayut dan sangat diperlukan dalam karier di bidang PWK seperti surveyor, analis, ahli GIS dan data spasial, animator, dan programmer berbasis computer.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

 

Sasaran

Strategi Pencapaian

Mahasiswa

  • Tahun 2020 dapat dicapai 100% mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu (4 tahun) dan IPK di atas 3,0.
 
  • Menerapkan metode pembelajaran Student Centre Learning (SCL), Labo Based Education (LBE), evaluasi studi melalui penasihat akademik dan konseling khususnya bagi mahasiwa yang mengalami masalah dalam proses belajar mengajar dilakukan perhatian khusus sesuai peraturan akademik (lihat lampiran peraturan akademik unhas Bab VI Pasal 22 dan 23 tahun 2010).
 
  • Tahun 2020 dapat dicapai 80% lulusan dengan waktu tunggu 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertama.
 
  • Memberdayakan alumni dalam hal informasi lapangan kerja dan pemagangan.
 
  • Tahun 2020 menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional, menguasai dasar-dasar keilmuan dan praktek serta berdaya saing di bidang pengembangan wilayah dan kota, termasuk perencanaan dan perancangan wilayah dan kota.
 
  • Menyiapkan kurikulum dan RPS, yang menggunakan metode Student Centre Learning (SCL) dan Labo Based Education (LBE) yang substansinya mendukung kompetensi di atas.
 
  • Tahun 2018 menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki nilai integritas, inovatif, katalitik, dan kearifan dalam proses belajar mengajar maupun berkarier.
 
  • Mempersiapkan prasarana dan sarana serta program dan kegiatan yang mendukung hubungan timbal balik antara dosen dan mahasiwa dalam proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dosen

  • Tahun 2023 tercapai peningkatan kualifikasi dosen, 5 guru besar, 15 Doktor, yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan kurikulum PWK.
 
  • Menyusun roadmap prodi tentang peningkatan kualifikasi dosen dan rekrutmen dosen baru dengan kualifikasi doktor atau yang potensial untuk lanjut ke S3 sesuai kebutuhan kurikulum.
 
  • Tahun 2023 dapat dicapai 100% dosen mempunyai kompetensi dan kapasitas dalam penelitian, dalam arti setiap dosen melakukan penelitian minimal 1 setiap tahun dan paper hasil penelitiannya diterbitkan pada jurnal yang bereputasi sebagai peneliti utama.
 
  • Memotivasi dosen untuk melakukan penelitian melalui pelatihan-pelatihan bidang penelitian maupun publikasi ilmiah dan keikutsertaan dosen pada pertemuan-pertemuan ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional, menghimbau para peneiti utama untuk senantiasa mengikutsertakan dosen muda pada kegiatan penelitian, merampungkan roadmap penelitian prodi yang dapat memudahkan dosen dalam menentukan objek penelitian atau kasus yang akan diteliti. Kegiatan labo menjadi wadah bagi para dosen untuk mengembangkan kapasitas dalam kegiatan penelitian.
 
  • Tahun 2023 dapat dicapai 100% dosen mempunyai kompetensi dan kapasitas dalam melakswanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) minimal 1 kegiatan dalam setahun yang berbasis pada hasil riset, perencanaan, dan/atau pengalaman dan/atau IPTEKS yang dimiliki.

 

  • Memotivasi dosen untuk melakukan kegiatan abdimas melalui pelatihan-pelatihan bidang abdimas, menindaklanjuti hasil penelitian dan/atau perencanaan yang telah dilakukan oleh masing-masing dosen dalam bentuk kegiatan abdimas, membuka peluang kepada setiap dosen unutk ikut terlibat dalam kegiatan abdimas melalui kerjasama-kerjasama dengan institusi-institusi lain termasuk pemerintah. Kegiatan labo menjadi wadah bagi para dosen untuk mengembangkan kapasitas dalam kegiatan abdimas.

Tenaga Kependidikan

  • Tahun 2020 seluruh tenaga kependidikan akademik, administrasi dan keuangan terampil dalam menyusun/mengolah Database SIM-Unhas (termasuk bidang Akademik, Administrasi dan keuangan, kemahasiswaan) dan Portal Akademik-UH.
 
  • Mengikutkan tenaga kependidikan dalam pelatihan-pelatihan sesuai dengan deskripsi kerjanya, dan membangun sistem monev kinerja tenaga akademik yang efektif.
 
  • Tahun 2020 seluruh tenaga kependidikan non akademik, administrasi dan keuangan mampu melaksanakan tugas sesuai deskripsi kerjanya.
 
  • Mengikutkan tenaga kependidikan dalam pelatihan-pelatihan sesuai dengan deskripsi kerjanya, dan membangun sistem monev kinerja tenaga akademik yang efektif.