Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)

  • Hasdinar Umar Ocean Engineering, Engineering Faculty, Universitas Hasanuddin
Keywords: Pembelajaran, Keaktifan, Respon, Prestasi, STAD

Abstract

Usaha yang diperlukan untuk mendorong mahasiswa aktif dalam kegiatan perkuliahan tergantung pada dosen yang mengajar. Keaktifan mahasiswa belum berkembang selama proses perkuliahan pada mata kuliah Proses Pantai. Hal tersebut memberi dampak pada prestasi belajar mahasiswa. Hal tersebut menjadi indikator diperlukannya upaya untuk membantu mahasiswa agar dapat memahami mata kuliah Proses Pantai dengan lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih mendorong kemandirian, keaktifan dan tanggung jawab dalam diri mahasiswa. Pada metode pembelajaran tersebut mahasiswa lebih banyak berperan selama kegiatan perkuliahan berlangsung, dosen hanya berperan mengarahkan mahasiswa dan memberi masukan pada setiap diskusi kelompok yang dilakukan. Hasil penerapan menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa pada mata kuliah Proses Pantai melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan, yang mana ditunjukkan pada persentase kriteria respon mahasiswa sebesar 91,56% atau respon mahasiswa yang sangat tinggi. Keaktifan mahasiswa pada mata kuliah Proses Pantai melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan, ditunjukkan dengan persentase skor keaktifan mahasiswa selama perkuliahan sebesar 97,29% atau tingkat keaktifan tinggi. Serta prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Proses Pantai melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan, yang mana hal tersebut ditunjukkan pada hasil perbandingan nilai akhir mahasiswa angkatan 2015 (tanpa metode) dan mahasiswa angkatan 2016 (dengan metode).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta
Ismail. (2003). Model Pembelajaran Kooperatif, Dit.PLP Dikdasmen
Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Professional. Bandung, Remaja Rosdakarya
Nur, M. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Dirjen Dikti Depdiknas
Wiriatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi, Bandung, Alfabeta
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Published
2018-06-29
How to Cite
Umar, H. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). JURNAL TEPAT : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i1.17
Section
Technology for Society