Beranda Program Doktor

Program Studi S3 Ilmu Teknik Elektro (PSS3ITE) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, evaluasi dirinya disusun mengikuti alur yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pada dokumen evaluasi diri berisi informasi tentang visi, misi, sasaran, tujuan program studi, tata pamong, kepemimpinan profil program studi dan berbagai aspek kajian yang berkaitan dengan tugas dan fungsi PSS3ITE sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi dalam bidang ilmu teknik elektro. Adapun komponen kajian dalam evaluasi diri meliputi tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, penjaminan mutu, kemahasiswaan dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi, penelitian, pelayanan, pengabdian masyarakat dan kerjasama.

Pada evaluasi diri tergambar kondisi yang terjadi di PSS3ITE saat ini, kemudian menjadi dasar bagi analisis SWOT yang diterapkan pada komponen aspek kajian tersebut. Selain itu, evaluasi diri juga berisi arah dan strategi pengembangan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh PSS3ITE yang didesain berdasarkan analisis SWOT yang telah dibuat.

Aspek tata pamong, kepemimpinan dan struktur organisasi PSS3ITE yang mencerminkan fokus pada bidang yang dianggap sangat penting dalam usaha peningkatan kualitas secara menyeluruh. Bidang kunci tersebut adalah akademik, keuangan, SDM, dan administrasi. PSS3ITE telah mencanangkan program jangka panjang yang bertujuan mengkonsolidasikan semua potensi dan sumber daya dalam keempat bidang tersebut, sehingga dapat mendukung fungsi PSS3ITE sebagai institusi pendidikan tinggi.

Pada bidang akademik, pengembangan model pembelajaran yang berbasis problem-based learning (PBL) dinilai sangat baik dalam membangun kompetensi mahasiswa, dibandingkan model pembelajaran tradisional, walaupun masih terbatas pada mata kuliah tertentu. Model PBL didasarkan pada prinsip belajar berpusat pada mahasiswa student-centered learning (SCL) yang memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan serta ketrampilannya di bidang keteknikelektroan yang mengalami perkembangan sangat pesat.

Perhatian pada aspek pembimbingan mahasiswa juga sangat penting, khususnya pembimbingan disertasi, karena dengan kualitas disertasi dan penelitian yang baik, maka akan dihasilkan karya-karya yang bersifat aplikatif dan publikasi yang bermutu. Kualitas masukan mahasiswa yang baik, akan memberikan penguatan pada pemahaman materi belajar (kuliah dan praktikum). Pembimbingan bertujuan untuk memberikan perluasan pengetahuan, terutama untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang yang berhubungan dengan dunia kerja dan publikasi mahasiswa yang berkualitas.

Peningkatan SDM dosen adalah meningkatkan kompetensi dan kemampuan membuat publikasi dan presentasi ilmiah, khususnya untuk mahasiswa dalam bidang yang ditekuninya, kemudian membangun kerja sama dengan universitas di luar negeri melalui skema Lab Base Education (LBE). Peningkatan kompetensi juga sangat penting untuk dilakukan dengan cara membangun link and match dengan dunia industri, sehingga dosen dan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dunia nyata yang sangat berharga untuk peningkatan skill dan kualitas publikasi.

Peningkatan kualitas SDM, dalam hal karyawan administratif. Secara umum karyawan berusaha ditingkatkan kemampuannya dalam mendukung proses administratif yang efektif dan efisien. Karyawan yang memiliki kinerja yang baik dikirim untuk melakukan studi banding tentang penerapan teknologi guna membantu pekerjaan yang sifatnya administratif.

Pada aspek keuangan, PSS3ITE berusaha membangun sistem pengelolaan keuangan yang terpadu dan accountable. Keterpaduan ini penting mengingat PSS3ITE memiliki beberapa sumber penerimaan, meskipun semuanya berasal dari dana masyarakat, dan pos pengeluaran yang bervariasi. Penyempurnaan sistem keuangan dilakukan dengan bantuan sistem Wide Area Network (WAN) yang dikembangkan oleh DSTI UNHAS.

PSS3ITE merupakan bagian tak terpisahkan dari Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik UNHAS, memiliki infrastruktur dan sarana pendidikan yang sangat memadai. Terdapat beberapa laboratorium bahkan memiliki peralatan canggih yang bisa dimanfaatkan untuk penelitian-penelitian yang bersifat advanced.

Kurikulum 2016 terbagi menjadi dua tingkatan. Tingkat pertama berfungsi memberikan dasar tentang keteknikelektroan, yang harus dikuasai oleh semua mahasiswa. Tingkat kedua memberikan spesialisasi tentang sebuah minat yang mengacu pada judul disertasi atau penelitian yang dipilih oleh mahasiswa.

Suasana akademik di PSS3ITE sangat kondusif. Dosen dapat menjalankan tugas tridharma dan mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri secara akademik. Pengembangan yang perlu dilakukan di PSS3ITE adalah membentuk tradisi akademik yang lebih kokoh, sehingga outcome dari segala proses akademik yang berlangsung dapat mencapai targert yang telah ditetapkan.

Program Studi S3 Ilmu Teknik Elektro (PSS3ITE) dalam sistem pembelajaran melibatkan semua komponen yang terkait. Pelaksanaan proses pembelajaran di PSS3ITE secara umum telah berjalan dengan baik yang menunjukkan bahwa semua kegiatan perkuliahan dan penelitian terselenggara dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut maka PSS3ITE dalam meningkatkan jaminan mutu akademik melaksanakan pemantauan dan mengevaluasi kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa instrumen.

Penelitian dosen-dosen PSS3ITE memperoleh kinerja yang cukup baik, di mana jumlah penelitian yang telah dilaksanakan cukup banyak. Kemampuan yang masih perlu untuk ditingkatkan oleh dosen PSS3ITE adalah kemampuan untuk berkompetisi dalam penelitian yang berskala yang lebih luas, misalnya penelitian yang dibiayai oleh Kemenristekdikti, Dewan Riset Nasional ataupun yang sifatnya berskala internasional. Demikian pula dengan publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh dosen PSS3ITE juga sudah dalam kategori yang produktif, di mana banyak karya ilmiah yang terpublikasi dalam jurnal international (terindeks scopus). Sedangkan, dosen PSS3ITE yang akan mempresentasikan makalahnya di seminar-seminar nasional dan internasional mendapat dukungan sumber-sumber keuangan yang cukup, misalnya biaya registrasi, transportasi dan akomodasi untuk meningkatkan intensitas dan kualitasnya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen PSS3ITE dilaksanakan secara perorangan ataupun terpadu di tingkat Fakultas dan seluruh program kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut seluruhnya dibiaya dengan dana dari Universitas dan Kemenristekdikti. PSS3ITE juga telah melaksanakan upaya peningkatan jaminan mutu terutama yang berkaitan dengan bidang akademik melalui sistem pemantauan dan evaluasi. Meskipun pemantauan dan evaluasi harus diorganisasikan dengan baik dan sistematis yang mampu memberikan umpan balik kepada PSS3ITE.

PSS3ITE memiliki sarana internet dengan kecepatan yang cukup baik. Di samping itu, beberapa aplikasi yang berbasis komputer telah dan sedang dikembangkan, misalnya sistem e-learning, sistem informasi akademik, dan program-program administrasi pengajaran untuk dosen dan mahasiswa. Dan pada masa mendatang akan dikembangkan sistem-sistem informasi lainnya untuk mendukung program-program PSS3ITE dalam berbagai aspek. Begitu juga untuk proses keberlanjutannya di masa mendatang PSS3ITE ditentukan oleh aspek akademik yang baik dan kondusif.

PSS3ITE dalam pelaksanaan operasionalnya secara umum dapat disimpulkan berada dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, penyempurnaan dan peningkatan PSS3ITE diarahkan untuk memberikan dan meningkatkan jaminan mutu dengan daya saing yang tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dan melalui dukungan, usaha dan program konsolidasi yang diterapkan diberbagai aspek pengelolaan di PSS3ITE maka PSS3ITE saat ini dan masa yang akan datang menjadi lebih baik.

Visi Prodi S3 Teknik Elektro (PSS3ITE) memiliki kesamaan dengan visi Fakultas Teknik dan UNHAS adalah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis riset dalam bidang Ilmu Teknik Elektro, berorientasi pada keberlanjutan global dan alih teknologi yang berwawasan lingkungan menuju institusi yang unggul berbasis benua maritim Indonesia.

Visi PSS3ITE ini menampilkan ciri-ciri benua dengan karakteristik yang khas dari sudut pandang iklim, keadaan air, tatanan kerak bumi, keanekaragaman hayati (biodiversity) serta tatanan sosial budaya.

Visi PSS3ITE, Fakultas Teknik dan UNHAS

Visi UNHAS

“Pusat Unggulan dalam Pengembangan Insani, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, dan Budaya Berbasis Benua Maritim Indonesia"

Visi Fakultas Teknik

“Menjadi Institusi Unggulan dalam Bidang Rekayasa untuk Keberlanjutan Global dengan Semangat Budaya Maritim”

Visi PSS3ITE "Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis riset dalam bidang Ilmu Teknik Elektro, berorientasi pada keberlanjutan global dan alih teknologi yang berwawasan lingkungan menuju institusi yang unggul berbasis benua maritim Indonesia"

Misi Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan Ilmu Teknik Elektro yang berpengetahuan dan berwawasan luas, memiliki kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan keahlian yang dimiliki  yang memungkinkan lulusan secara aktif dan nyata berkontribusi dalam pengembangan dan inovasi teknologi.
  2. Mengembangkan penelitian-penelitian dibidang teknologi maju, teknologi terapan maupun teknologi tepat guna yang berorientasi pada keberlanjutan global dan menghasilkan karya ilmiah inovatif, original dan teruji, yang dipublikasikan baik secara nasional maupun internasional.
  3. Menyebarluaskan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berdaya guna bagi masyarakat yang mendukung peningkatan kualitas hidup dan pelestarian sumber daya alam.
  4. Menjalin dan memperkuat kerjasama dengan dunia usaha dan industri serta institusi terkait baik nasional maupun internasional guna mendukung peningkatan kualitas relevansi dalam pendidikan, penelitian dan kompetensi lulusan menuju instusi yang unggul secara nasional dan dikenal baik di dunia internasional.

Tujuan Program Studi

  1. Memiliki integritas ilmiah dengan memahami dan menguasai pendekatan, metode, kaidah ilmiah serta keterampilan penerapannya di dalam  mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Memiliki kemampuan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang keahliannya berbasis Benua Maritim Indonesia (BMI).
  3. Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah di bidang keahliannya termasuk masalah yang kompleks yang mememerlukan pendekatan lintas disiplin bagi kemaslahatan BMI.
  4. Memiliki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran serta hasil-hasil penelitiannya baik dengan kelompok pakar sebidang (peer group) maupun dengan khalayak yang lebih luas.
  5. Memliki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan keahliannya untuk bekerja sama dalam kegiatan penelitian dan pengembangan baik nasional maupun internasional.

Data Mahasiswa

Data Alumni

Alumni Teknik Elektro FT-UNHAS akan bergabung dalam organisasi Ikatan Alumni Teknik Elektro (IATEL) UNHAS yang cukup aktif dan mengikuti kegiatan yang dilakukan alumni S1 dan S2 Teknik Elektro., antara lain kegiatannya dapat dipantau melalui mailing-list http://groups.yahoo.com/group/iatel-unhas/messages/. Alumni program studi S3 Teknik Elektro FT-UNHAS juga akan terlibat aktif dalam IATEL-UNHAS. Melalui himpunan alumni maupun pribadi, mereka akan banyak terlibat aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui berbagai kegiatan diantaranya sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan pengembangan akademik dan pengembangan jejaring itu sendiri.

Prosedur penerimaan dilakukan berdasarkan SK Rektor nomor: 2785/UN4.1/KEP/2018

  1. Direktur PPs mengajukan ke Rektor susunan panitia penerimaan dan seleksi calon mahasiswa baru untuk diterbitkan surat keputusannya.
  2. Calon mahasiswa melakukan  pendaftaran dengan membayar uang pendaftaran ke Bank yang ditunjuk, dan bukti pembayaran tersebut   diserahkan ke Panitia untuk mengambil formulir pendaftaran.
  3. Panitia menerima dan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen pedaftaran calon mahasiswa dan memberikan nomor Ujian serta membuat daftar calon mahasiswa yang diserahkan ke Asisten Direktur  I. (Asdir I)
  4. Asisten Direktur I. (menandatangani daftar calon mahasiswa, dan menyerahkan kembali ke Panitia.
  5. Panitia melaksanakan ujian seleksi calon mahasiswa, dan khusus berkas pendaftaran calon mahasiswa diserahkan kepada masing-masing Ketua Program Studi/Konsentrasi.
  6. Ketua Program Studi/Konsentrasi melakukan penilaian berkas sesuai format yang disediakan, dan hasilnya dikembalikan ke Panitia.
  7. Panitia membuat daftar hasil ujuan seleksi dan hasil evaluasi kemudian diserahkan ke Direktur/Asdir I.
  8. Direktur/Asdir I melaksanakan rapat penentuan calon mahasiswa yang diterima bersama para Ketua Program Studi /Konsentrasi, kemudian hasilnya disampaikan kepada Rektor.
  9. Rektor menerbitkan surat keputusan penerimaan mahasiswa baru PPs dan dikembalikan ke Direktur.
  10. Direktur menyampaikan kepada calon mahasiswa surat penyampaian diterima/tidak diterima.

 

 

JALUR RISET

JALUR KULIAH + RISET