Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

Visi, misi, tujuan dan sasaran (VMTS) Program Studi Teknik Elektro (PSTE) Fakultas Teknik UNHAS disusun pada tahun 2014 berdasarkan pada VMTS UNHAS dan VMTS Fakultas Teknik. VMTS yang ada saat ini merupakan revisi dari VTMS PSTE tahun 2010. Mekanisme penyusunan VMTS PSTE Fakultas Teknik UNHAS dijabarankan sebagai berikut:

  1. Pembentukan Tim Perumus VMTS PSTE Fakultas Teknik UNHAS yang terdiri dari unsur pimpinan PSTE, Tenaga Pendidik/Dosen, dan Tenaga Kependidikan melalui Surat Penugasan Dekan Fakultas Teknik UNHAS.
  2. Tim mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan, yaitu: Renstra UNHAS; Renstra Fakultas Teknik; telaah terhadap kondisi internal seperti Dosen/Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa, dan eksternal seperti peraturan perundangan yang berlaku, VMTS Teknik Elektro dari berbagai perguruan tinggi lain, masukan dari alumni dan kebutuhan pengguna lulusan serta asosiasi.
  3. Penyusunan draft VMTS oleh Tim Perumus dengan cara melakukan rapat dan diskusi sehingga diperoleh VMTS yang tepat dan realistis.
  4. Hasil rapat dan diskusi terkait VTMS PSTE oleh Tim Penyusun dibawa ke Lokakarya program studi untuk dikaji sehingga mendapatkan VMTS PSTE.

Pihak-pihak yang dilibatkan dalam penyusunan VMTS PSTE yaitu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan dan asosiasi. Keterlibatan/peran elemen internal dan eksternal dilakukan dengan cara menjaring saran dan aspirasi setiap elemen.

Dalam perumusan/pemutakhiran VMTS PSTE, peran masing-masing pihak yang dilibatkan sebagai berikut:

  1. Dosen/Tenaga Pendidik: memberikan saran terkait fokus penelitian, pengabdian pada masyarakat, indikator-indikator kinerja pencapaian sasaran dan lain-lain.
  2. Tenaga Kependidikan: membantu menyiapkan dokumen-dokumen yang terkait dengan perumusan VMTS dan memberikan informasi tentang kesiapan ataupun kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kependidikan yang menunjang pencapaian VMTS.
  3. Mahasiswa: memberikan masukan terkait dengan hal-hal yang mahasiswa butuhkan dalam proses pembelajaran serta sarana dan prasarana.
  4. Alumni: memberikan saran terkait dengan pengembangan skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
  5. Pengguna Lulusan: memberikan masukan terkait dengan kebutuhan industri serta kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh industri.
  6. Asosiasi: memberikan masukan terkait dengan potensi pengembangan keilmuan di bidang Teknik Elektro di masa depan.

Kegiatan yang terkait dengan penyusunan visi dan misi antara lain:

  1. Rapat Tim Penyusun VMTS dilaksanakan sekali sebulan
  2. Focuss Group Discussion dilaksanakan sekali dalam dua minggu
  3. Benchmarking dilaksanakan ke beberapa Universitas di Indonesia: ITS, UI, ITB, UGM juga dilaksanakan ke beberapa industri seperti: PT. LEN, BPPT, PT. Tonasa, Flour Mills, dll
  4. Lokakarya yang dilaksanakan untuk finalisasi VMTS

Visi

Pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian dan penerapan ilmu teknik elektro bidang energi, kontrol, elektronika, komputer, telekomunikasi dan informasi berlandaskan Benua Maritim Indonesia tahun 2025

Maritim Indonesia (BMI) yang digunakan sebagai landasan pengembangan Insani dan IPTEKSBUD oleh Unhas dimaknakan sebagai suatu kesatuan alamiah antara darat, laut dan dirgantara. Entitas ini tertata secara unik dan menampilkan ciri-ciri benua dengan karakteristik yang khas dari sudut pandang iklim, keadaan air, tatanan kerak bumi, keanekaragaman hayati (biodiversity) serta tatanan sosial budaya (dimuat di dalam Buku Rencana Pengembangan Unhas 2030).

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan tata nilai yang baik, memiliki keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan dalam bidang elektro serta mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki secara mandiri, kreatif, dan inovatif dalam mengikuti kemajuan perkembangan teknologi.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah di bidang elektro berbasis energi, kontrol, komputer, dan telekomunikasi berlandaskan Benua Maritim Indonesia, yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional.
  3. Menyebarluaskan teknologi berdaya guna bagi masyarakat yang mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Menjalin dan memperkuat kemitraan dengan alumni, industri, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan institusi terkait baik nasional maupun internasional guna mendukung peningkatan kualitas relevansi dalam pengajaran, penelitian, dan kompetensi lulusan.
  5. Mengelola dan mengembangkan Program Studi Teknik Elektro dengan menganut prinsip akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, efektif, dan efisien.

Tujuan

  1. Tersedianya sumber daya manusia di bidang Elektro yang memiliki kemampuan berkompetisi mendapatkan lapangan pekerjaan ataupun menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri dan kreatif.
  2. Terciptanya suasana akademik yang mendukung peningkatan pengetahuan di bidang Teknik Energi, Kontrol, Komputer, Elektronika, Telekomunikasi dan Informasi berlandaskan Benua Maritim Indonesia.
  3. Terwujudnya komitmen tanggung jawab sosial universitas dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat.
  4. Terciptanya relevansi yang kuat antara proses pendidikan, penelitian, pengembangan keilmuan dan kebutuhan masyarakat.
  5. Terciptanya kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia dalam pengelolaan program studi dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran Program Studi

Berikut sasaran yang hendak dicapai berdasarkan poin-poin tujuan yang telah dijabarkan di atas, yaitu:

  1. Tersedianya kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat dan industri dalam bidang Teknik Elektro.
  2. Meningkatnya mutu pembelajaran.
  3. Meningkatnya mutu proses perkuliahan dan penyelesaian tugas akhir.
  4. Lulusan memiliki keterampilan berbahasa Inggris yang memadai.
  5. Berkurangnya masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan pertama atau menciptakan lapangan kerja baru.
  6. Meningkatnya kepuasan pengguna lulusan.
  7. Meningkatnya kualitas Dosen dalam pelaksanaan pembelajaran, penelitian, publikasi, serta pengabdian masyarakat.
  8. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia sebagai pengelola dan pengembang Program Studi Teknik Elektro.

Strategi secara umum adalah seluruh keputusan kondisional yang menetapkan tindakan-tindakan yang akan dan harus dijalankan guna menghadapi setiap keadaan yang mungkin terjadi di masa depan. Merumuskan suatu strategi berarti memperhitungkan semua situasi yang mungkin dihadapi pada setiap waktu di masa depan dan kemudian hari semenjak sekarang sudah menetapkan atau menyiapkan tindakan mana yang akan diambil atau dipilih kelak, guna menghadapi realisasi dari setiap kemungkinan tersebut.

Sasaran dan strategi ini mengacu kepada :

  1. Statuta Universitas
  2. Renstra Universitas, Renstra Fakultas dan Renstra Departemen
  3. Peraturan Akademik
  4. SOP Universitas, Fakultas dan Departemen
  5. Dokumen-Dokumen Kurikulum 2016
  6. Dokumen-Dokumen Penjaminan Mutu Internal
  7. Dokumen dokumen Penelitian dan Pengabdian masyarakat dan Penulisan Karya Ilmiah
  8. Dokumen RKAT dan Dokumen Kerjasama Mahasiswa dan Prestasi Mahasiswa

Sosialisasi

Upaya sosialisasi VMTS PSTE Fakultas Teknik UNHAS dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan dan melalui berbagai media antara lain

  1. Kegiatan Basic Character Study Skill kepada mahasiswa baru setiap tahun
  2. Rapat Koordinasi dengan Dosen dan Tenaga Kependidikan
  3. Dialog akademik dengan mahasiswa
  4. Banner yang ditempatkan di beberapa ruang strategis
  5. Website program studi

Tingkat Pemahaman Sivitas Akademika PSTE

Sosialisasi VMTS telah berjalan dengan efektif dimana seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan memahami dengan baik VMTS PSTE. Indikator pemahaman sivitas akademika terhadap VMTS sebagai berikut:

  1. Dosen : Upaya aktif dosen dalam mendapatkan hibah-hibah penelitian dan pengabdian kompetitif nasional, melaksanakan hibah penelitian dan pengabdian dengan baik, publikasi pada seminar internasional dan jurnal internasional bereputasi merupakan salah satu indikator nyata pemahaman dosen dalam mewujudkan visi yang unggul. Jumlah penelitian yang diperoleh dosen selama 3 tahun terakhir sebanyak 72 (49 kompetitif nasional) dengan total biaya sebesar 5,966 juta rupiah. Jumlah keterlibatan dosen dalam artikel tingkat internasional sebanyak 143 orang. Indikator lain adalah topik-topik penelitian dan pengabdian dosen mengacu ke VMTS dan Renstra. Kualifikasi pendidikan dosen sangat baik dimana 74 % dosen memiliki kualifikasi pendidikan S3.
  2. Mahasiswa : Sistem LBE (Lab Based Education) sebagai salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk mewujudkan VMTS telah dipahami dengan sangat baik oleh mahasiswa. Dalam melaksanakan penelitian tugas akhir mahasiswa mengacu pada RIP laboratorium yang juga menjadi acuan penelitian dosen. Mahasiswa telah secara aktif bekerja di laboratorium terlibat dalam penelitian dosen dan mengerjakan penelitian sesuai dengan topik dan ruang lingkup yang telah ditetapkan oleh dosen pembimbingnya. Indikator lain adalah mahasiswa secara aktif ikut dalam lomba tingkat nasional antara lain KCT, KCRI dan PimNas.
  3. Tenaga kependidikan : Dalam mendukung terwujudnya VMTS, tenaga kependidikan telah bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan administrasi kepada civitas akademika. Layanan administrasi dilaksanakan sesuai dengan SO, sasaran dan realisasi tenaga kependidikan selalu terpenuhi.