A. Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini membahas tentang sistim bilangan real, fungsi real, limit dan kekontinuan, turunan dan integral, serta matriks dan sistim persamaan linier. Pembahasan tentang sistim bilangan riil, limit dan kekontinuan serta matriks dititik beratkan pada pemahaman konsep, sedangkan turunan, integral dan sistim persamaan linier sudah mencakup penerapan pada kasus-kasus sederhana. Turunan juga digunakan untuk menentukan limit fungsi tak tentu yang biasa dikenal dengan teorema L’Hospital. Matakuliah disajikan dalam bentuk kuliah interaktif dengan penekanan pada penalaran aksiomatik, deduktif dan logis serta sistematis, sedangkan penguatan pemahaman materi diberikan melalui metode diskusi dan kuliah interaktif dan kolaboratif.
B. SKS / Semester
3 SKS / Semester 2
C. Bahan Kajian / Materi Pembelajaran
- Sistim Bilangan riil: Sifat aljabar bilangan riil, interval dan nilai mutlak.
- Fungsi Riil: domain, range dan grafik fungsi riil.
- Limit dan Kekontinuan Fungsi: eksistensi limit dan syarat cukup kekontinuan fungsi.
- Turunan Fungsi: teorema-teorema turunan, turunan fungsi implisit, dan turunan orde tinggi, Teorema L’Hospital.
- Aplikasi Turunan: aplikasi turunan pertama dan turunan orde lebih tinggi.
- Anti Turunan dan Integral Tentu: integral sebagai anti turunan dan integral sebagai limit jumlah Riemann, Teorema-teorema Integral.
- Teknik Pengintegralan dan Aplikasi Integral: Teknik pengintegralan substitusi, pengintegralan fungsi rasional dan pengintegralan parsial, substitusi trigonometri (optional); luas daerah antara dua kurva.
- Pengantar Teori Matriks: operasi-operasi matriks, invers dan determinan, operasi baris elementer.
D. Dosen Pengampu
| A. CPL-PRODI yang dibebankan pada MK | |
|---|---|
| CPL-1 | Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dasar, dan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman komperehensif tentang teknik geologi yang berdasaskan pemikiran logis, kritis, dan sistematis |
| CPL-7 | Mampu menerapkan prinsip-prinsip geologi untuk kepentingan rekayasa dan memecahkan masalah yang muncul di masyarakat |
| B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | |
|---|---|
| CPMK-1 | Mahasiswa mampu mengaitkan konsep-konsep dasar bilangan real, limit dan kekontinuan, turunan, integral, matriks dan sistim persamaan linier serta penggunaannya pada penentuan solusi dan pembuktian sifat yang terkait. |
| CPMK-2 | Mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep turunan, integral, dan sistim persamaan linier pada bidang terkait. |
| C. CPL Sub-CPMK | |
|---|---|
| SUB-CPMK-1 | Mahasiswa mampu menggunakan sifat-sifat bilangan dan fungsi riil dalam penentuan domain dan range fungsi, serta himpunan penyelesaian dari ketaksamaan bentuk akar, kuadrat maupun nilai mutlak |
| SUB-CPMK-2 | Mahasiswa mampu menghasilkan representasi visual dalam bentuk grafik fungsi dan non visual dalam bentuk operasi aljabar dan komposisi fungsi-fungsi |
| SUB-CPMK-3 | Mahasiswa mampu menyelidiki eksistensi limit, kekontinuan, dan keterkaitan keduanya baik secara aljabar maupun secara grafik. |
| SUB-CPMK-4 | Mahasiswa mampu menentukan turunan suatu fungsi melalui pendekatan limit, teorema-teorema turunan atau metode substitusi |
| SUB-CPMK-5 | Mahasiswa mampu menggunakan konsep limit, Teorema Dasar Kalkulus dan teknik-teknik pengintegralan pada penentuan integral tentu sebagai limit jumlah Riemann dan integral tak tentu dari suatu fungsi |
| SUB-CPMK-6 | Mahasiswa mampu melakukan kalkulasi terhadap penjumlahan, perkalian dan operasi standar antara dua atau lebih matriks, dan klasifikasi matriks berdasarkan sifat dari elemen-elemennya |
| SUB-CPMK-7 | Mahasiswa mampu menentukan determinan dan invers matriks, dengan metode Sarrus, metode kofaktor dan metode operasi baris elementer |
| SUB-CPMK-8 | Mahasiswa mampu mendemonstrasikan aplikas turunan I dan turunan ke II pada penentuan interval kemonotonan, titik/nilai ekstrim, titik balik dan kecekungan fungsi melalui visualisasi grafik fungsi |
| SUB-CPMK-9 | Mahasiswa mampu mengadaptasi konsep dan aplikasi turunan pada pemecahan masalah optimasi sederhana |
| SUB-CPMK-10 | Mahasiswa mampu menerapkan konsep integral pada penentuan luas daerah tertutup yang batas-batasnya merupakan fungsi riil |
| SUB-CPMK-11 | Mahasiswa mampu menghasilkan penyelesaian sistim persamaan linier dengan metode determinan, metode invers, metode Gauss dan metode Gauss-Jordan |
| Jadwal Kuliah | ||||
|---|---|---|---|---|
| Pekan | Tujuan | Materi | Tugas | File Kuliah | Tidak Ada Data |
Rujukan
Referensi Utama:
[1]. Dale Varberg, Edwin Purcell, and Steve Rigdon, “Calculus”, ninth edition, Pearson, 2006.
[2]. George B. Thomas, Jr “Thomas Calculus early transcendentals”, twelfth editions.
[3]. James Stewart, “Calculus Early Transcendentals”, sixth edition, Thomson Brooks/Cole, 2008
[4]. Howard Anton, Chris Rorres, “Elementary Linear Algebra, Applications version”, eleventh edition, Wiley, 2013.
[5]. Tim Dosen Matematika, “Matematika Dasar”, 2016
Pendukung:
| Resource Lainnya | ||||
|---|---|---|---|---|
| Nama | File | Tidak Ada Data |
||