1 |
ORIENTASI KOMPETENSI LULUSAN |
1.1 |
Program harus menetapkan profil lulusan yang digagaskan untuk menjadi para Profesional Mandiri, dengan mempertimbangkan potensi sumberdaya, budaya, kebutuhan maupun kepentingan Negara
[The Program shall define the profile of graduates to be envisaged as Autonomous Professionals by considering country’s potential resources, cultures, needs and interests] |
1.1.1 |
"Paparkan Profil Profesional Mandiri Program yang ditetapkan sebagai sasaran-sasaran kependidikan Program, yang mempertimbangkan sumberdaya, kearifan, kebutuhan, serta kepentingan lokal dan/atau nasional, serta misi Institusi Pengelola Prodi (POI).
[Describe the Program's Profile of Autonomous Professionals to be fostered as its educational objectives, which takes into account local and/or national resources, wisdoms, needs and interests, as well as vision and mission of the Program-Operating Institution (POI)]" |
Link Referensi |
1.1.2 |
"Paparkan proses yang diselenggarakan oleh Program untuk menyusun dan mengkaji ulang secara berkala Profil Profesional Mandiri, dengan melibatkan para pemangku kepentingan Program.
[Describe the process maintained by the Program for establishing and periodically reviewing the Profile of Autonomous Professionals, which includes the involvements of its stakeholders]" |
Link Referensi |
1.2 |
"Program harus menginformasikan Profil Profesional Mandiri yang telah ditetapkan kepada mahasiswa, dosen, dan masyakat umum
[The Program shall inform its students and faculty of the envisaged Autonomous Professional Profile and widely publicize it]" |
1.2.1 |
"Jelaskan bagaimana Program menyebarluaskan Profil Profesional Mandiri tersebut secara memadai kepada para mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum
[Describe how the Program disseminates its Profile of Autonomous Professionals adequately to students, faculties, and the general public]" |
Link Referensi |
1.3 |
"Program harus menetapkan Capaian Pembelajaran Program yang terdiri dari kemampuan memanfaatkan pengetahuan, keterampilan, sumber daya dan sikap sebagaimana dimaksud dalam Kriteria Umum 1.3 pada butir (a) hingga (j) untuk dikuasai oleh para mahasiswa pada saat menyelesaikan studi.
[The Program shall establish its expected Learning Outcomes which consist of abilities to utilize knowledge, skills, resources and attitudes as described in the following (a) to (j) graduate competences to be acquired by students at the completion of their study]" |
1.3.1 |
"Program harus menetapkan dan mengkomunikasikan Capaian Pembelajaran Program (dikenal juga dengan istilah Luaran Lulusan, Student Outcomes, atau sejenisnya), yang terdiri dari kemampuan memanfaatkan pengetahuan, kecakapan, sumberdaya, serta sikap seperti tercermin dalam kompetensi-kompetensi lulusan butir (a) hingga (j) berikut, yang harus dikuasai oleh para mahasiswa pada saat menyelesaikan studi.
[The Program shall establish and communicate its Program Learning Outcomes (known also as Graduate Outcomes, Student Outcomes, or the like), consists of the ability to utilize knowledge, skills, resources, and attitudes as reflected in the graduate competences from (a) to (j), which shall be acquired by the student at the time of completion of the study]" |
1.3.1.1 |
"Berdasarkan Suplemen Tabel A1, paparkan bagaimana Capaian Pembelajaran Program diturunkan berdasarkan pada pernyataan Profil Profesional Mandiri Program
[Based on Supplementary Table A1, describe how all Program Learning Outcomes are established to support Program's Autonomous Professional Profile statement]" |
Link Referensi |
1.3.1.2 |
"Berdasarkan Tabel Suplemen A2, jelaskan apakah seluruh standar kompetensi lulusan butir (a) hingga (j) telah dicakup di dalam Capaian Pembelajaran Program.
[Based on Supplementary Table A2, explain whether all graduate competency standards from items (a) to (j) have been covered in Program Learning Outcomes]" |
Link Referensi |
1.3.1.3 |
"(a) ""Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi butir (a) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.a.1 dan 1.3.a.2.
[(a) ""An ability to apply knowledge of mathematics, natural and/or materials sciences, information technology and engineering to acquire comprehensive understanding of engineering principles"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (a) by referring to Criteria Guide document, articles 1.3.a.1 and 1.3.a.2.]" |
Link Referensi |
1.3.1.4 |
"(b) ""Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi butir (b) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.b.1 dan 1.3.b.2.
[(b) ""an ability to design components, systems, and/or processes to meet desired needs within realistic constraints in such aspects as law, economic, environment, social, politics, health and safety, sustainability as well as to recognize and/or utilize the potential of local and national resources with global perspective"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (b) by referring to Criteria Guide document, articles 1.3.b.1 and 1.3.b.2]" |
Link Referensi |
1.3.1.5 |
"(c) ""Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik."" Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi butir (c) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.c.1 dan 1.3.c.2.
[(c) ""an ability to design and conduct laboratory and/or field experiments as well as to
analyze and interpret data to strengthen the engineering judgment."" Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (c) by referring to Criteria Guide document, articles 1.3.c.1 and 1.3.c.2]" |
Link Referensi |
1.3.1.6 |
"(d) ""Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik yang kompleks"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi lulusan butir (d) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.d.1 dan 1.3.d.2.
[(d) ""an ability to identify, formulate, analyze, and solve complex engineering problems"".
Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (d) by referring to Criteria Guide document, articles 1.3.d.1 and 1.3.d.2]" |
Link Referensi |
1.3.1.7 |
"(e) ""Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi butir (e) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.e.1.
[(e) ""an ability to apply methods, skills and modern engineering tools necessary for engineering practices"" Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (e) by referring to Criteria Guide document, articles 1.3.e.1]" |
Link Referensi |
1.3.1.8 |
"(f) ""Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi lulusan butir (f) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.f.1, 1.3.f.2, dan 1.3.f.3.
[(f) ""an ability to communicate effectively in oral and written manners"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (f) by referring to Criteria Guide document, articles related 1.3.f.1, 1.3.f.2, and 1.3.f.3]" |
Link Referensi |
1.3.1.9 |
"(g) ""Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi lulusan butir (g) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.g.1 dan 1.3.g.2.
[(g) ""an ability to plan, accomplish, and evaluate tasks under given constraints"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (g) by referring to Criteria Guide document, articles items 1.3.g.1 and 1.3.g.2]" |
Link Referensi |
1.3.1.10 |
"(h) ""Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi lulusan butir (h) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.h.1, 1.3.h.2, dan 1.3.h.3.
[(h) ""an ability to work in multidisciplinary and multicultural team"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (h) by referring to Criteria Guide document, articles items 1.3.h.1, 1.3.h.2, and 1.3.h.3.]" |
Link Referensi |
1.3.1.11 |
"(i) ""Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi lulusan butir (i) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.i.1.
[(i) ""an ability to be accountable and responsible to the society and adhere to professional ethics in solving engineering problems"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (i) by referring to Criteria Guide document, article 1.3.i.1]" |
Link Referensi |
1.3.1.12 |
"(j) ""Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan"". Jelaskan Capaian Pembelajaran Program yang mencakup kompetensi lulusan butir (j) tersebut, dengan mengacu pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 1.3.j.1 dan 1.3.j.2.
[(j) ""an ability to understand the need for life-long learning, including access to the relevant knowledge of contemporary issues"". Explain the Program Learning Outcome(s) that cover graduate competency item (j) by referring to Criteria Guide document, articles 1.3.j.1 and 1.3.j.2]" |
Link Referensi |
1.3.1.13 |
"Apakah Capaian Pembelajaran Prodi juga telah mencakup capaian-capaian pembelajaran tambahan yang disyaratkan di dalam Kriteria Disiplin yang relevan (bila ada)?
[Have the Program Learning Outcomes included additional learning outcomes stipulated in the relevant Discipline Criteria (if any)?]" |
Link Referensi |
1.3.2 |
"Program harus menetapkan prosedur untuk melaksanakan kaji-ulang berkala terhadap Capaian Pembelajaran Program
[The Program shall establish procedures to conduct periodic review of the Learning Outcomes]" |
1.3.2.1 |
"Paparkan proses yang diterapkan Program dalam prosedur kaji-ulang berkala terhadap Capaian Pembelajaran Program, dengan melibatkan para pemangku kepentingan Program.
[Describe the process maintained by the Program in its procedure of reviewing the Program Learning Outcomes periodically, which includes the involvements of its stakeholders]" |
Link Referensi |
1.3.2.2 |
"Paparkan bagaimana Prodi mengkomunikasikan secara memadai Capaian Pembelajaran Prodi kepada para mahasiswa dan dosen, serta masyarakat umum
[Describe how the Program disseminates adequately the Program Learning Outcomes to students and faculty members, and how it discloses them to the general public]." |
Link Referensi |
2 |
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN |
2.1 |
"KURIKULUM
[CURRICULUM]" |
2.1.1 |
"Kurikulum Prodi harus mencakup bidang-bidang kajian berikut:
a) Matematika dan sains dasar yang sesuai dengan disiplin Prodi
b) Ilmu kerekayasaan dan teknologi yang sesuai dengan disiplin Prodi
c) Teknologi informasi dan komunikasi
d) Rancangan kerekayasaan dan kajian eksperimental berbasis permasalahan
e) Pendidikan umum, yang mencakup kajian moralitas, etika, sosial-budaya, lingkungan, dan manajemen
[Curriculum of the Program shall include the following subject areas:
a) Mathematics and discipline-specific natural sciences
b) Discipline-specific engineering science and technology
c) Information and communication technology
d) Engineering design and problem-based experiments
e) General education, which includes morality, ethics, socio-culture, environment and management]" |
2.1.1.1 |
"Berdasarkan Tabel Suplemen B1, paparkan bagaimana kurikulum Program dapat mencakup semua bidang kajian dalam Butir 2.1.1 di atas, terlepas dari nama matakuliahnya, dan bagaimana kurikulum memberikan penekanan dan alokasi beban pembelajaran yang memadai bagi setiap bidang kajian secara konsisten dengan Capaian Pembelajaran Program. Kurikulum tersebut harus mencakup (dinyatakan sebagai persentase terhadap beban SKS total selama masa studi) minimum 20% matematika level perguruan tinggi dan sains dasar dan/atau sains material yang sesuai dengan disiplin Program, minimum 40% topik-topik kerekayasaan yang mencakup sains rekayasa dan desain rekayasa yang sesuai dengan disiplin Program, serta maksimum 30% pendidikan umum yang melengkapi muatan keteknikan dari kurikulum. Pemenuhan alokasi bidang kajian di atas merujuk pada dokumen Penjelasan Kriteria Umum butir 2.1.1.1 hingga 2.1.1.6.
[Based on Suplementary Table B1, describe how the Program curriculum covers the subject areas listed in 2.1.1., regardless of the titles of the courses, and how the curriculum devotes adequate attention and learning time to each component, consistent with the Program Learning Outcomes. The curriculum must include (expressed as percentage of total coursework load in semester credits (SKS)) a minimum of 20% of a combination of college level mathematics and basic sciences appropriate to the Program discipline, a minimum of 40% of engineering topics consisting of engineering sciences and design appropriate to the field of study, and a maximum of 30% of general education subjects that complement the technical content of the curriculum. Attainment of the subject area allocation above refers to articles 2.1.1.1 to 2.1.1.6 of the Criteria Guidelines document.]" |
Link Referensi |
2.1.2 |
"Pengembangan kurikulum hendaknya mempertimbangkan masukan dari para pemangku kepentingan Prodi
[Curriculum development shall consider input from Program stakeholders]" |
2.1.2.1 |
"Paparkan bagaimana Program mengembangkan dan mengkaji-ulang kurikulumnya secara berkala melalui kebijakan dan prosedur yang terdokumentasikan, sistematik dan efektif, yang menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat, industri dan profesi, dan bahwa kurikulum tersebut konsisten dengan misi Institusi, kebutuhan para pemangku kepentingan, dan kriteria akreditasi ini.
[Describe how the Program develops and periodically reviews its curriculum using documented, systematic, and effective policies and procedures which ensure that the requirements of the society, industry, and professional fields are met, and that the curriculum is consistent with the institutional mission, stakeholders' needs, and these accreditation criteria]" |
Link Referensi |
2.1.2.2 |
"Paparkan bagaimana kebijakan dan prosedur di atas melibatkan para pemangku kepentingan Program untuk mendiskusikan relevansi kurikulum.
[Describe how the abovementioned policies and procedures provide sufficient involvement for Program stakeholders to discuss curriculum relevance.]" |
Link Referensi |
2.1.3 |
"Kurikulum harus menunjukkan hubungan struktural dan kontribusi masing-masing matakuliah dalam membangun Capaian Pembelajaran Program. Dokumen kurikulum dengan silabus lengkap harus ditetapkan dan dilaksanakan untuk menjamin proses pembelajaran dapat diimplementasikan secara terkendali.
[The Curriculum must indicate the structural relationship and contributions of the subject courses to fulfill Learning Outcomes. Curriculum, including complete syllabus, shall be established and documented to ensure the expected learning process can be implemented in a controlled way]." |
2.1.3.1 |
"Berdasarkan Tabel Suplemen B2 dan dokumen kurikulum program, paparkan bagaimana muatan dan struktur kurikulum yang ditetapkan diselaraskan untuk memungkinkan pembelajaran sistematis dan pemetaan asesmen untuk menjamin penguasaan Capaian Pembelajaran Program oleh para mahasiswa dalam masa studi yang diharapkan.
Sertakan contoh salinan (scanned-copy) transkrip nilai dari 2 (dua) orang lulusan Program per angkatan selama 4 (empat) tahun terakhir untuk keperluan analisis.
[Based on Suplementary Table B2 and Program's curriculum document, describe how the curricular content and structure are aligned to enable systematic learning and assessment mapping to ensure the attainment of Program Learning Outcomes by students within the intended period of study.
Include examples of transcript (scanned copies) of 2 (two) graduates from each batch for the last 4 (four) years for analytical purposes]." |
Link Referensi |
2.1.3.2 |
"Paparkan bagaimana persyaratan-persyaratan khusus di setiap bidang topik kurikuler dalam Kriteria Umum dan Kriteria Disiplin dapat dipenuhi, baik dalam hal beban dan kedalamannya.
[Describe how specific requirements of each curricular area in Common Criteria and Discipline Criteria are met, both in terms of load and depth.]" |
Link Referensi |
2.1.3.3 |
"Paparkan bagaimana dokumen silabus (identitas mata kuliah, beban SKS, CPMK dan hubungannya dengan CPP, konten/bahan kajian beserta metode pembelajaran dan alokasi waktu serta referensi) telah dipersiapkan untuk semua matakuliah yang dirancang untuk memenuhi persyaratan-persyaratan bidang kajian dalam kurikulum dan dipastikan kesesuaiannya.
[Describe how the syllabus (course identity, credits, course outcomes and its relationship with Program Learning Outcomes, content with its delivery method and time allocation as well as references) for all courses designed to satisfy curriculum area requirements are properly established.]" |
Link Referensi |
2.1.3.4 |
"Paparkan tentang portofolio matakuliah (atau dokumen sejenisnya) yang menjelaskan bagaimana Program melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan bagi para mahasiswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran Program. Portofolio matakuliah minimal mencakup silabus lengkap, soal-soal asesmen capaian pembelajaran mata kuliah dan jawaban yang diharapkan, termasuk contoh jawaban mahasiswa yang dinilai baik, cukup, maupun kurang baik.
[Present course portfolio that explains how the Program carries out educational activities for students to achieve Program Learning Outcomes. The course portfolio includes at least a complete syllabus, problem sets for assessing course learning outcomes and expected answers, including examples of student answers that are considered good, fair, or not good.]" |
Link Referensi |
2.1.3.5 |
"Paparkan bagaimana Program mengkomunikasikan kurikulum kepada para dosen dan mahasiswa secara memadai.
[Describe how the Program adequately inform the faculty members and students about the curriculum.]" |
Link Referensi |
2.1.4 |
"Kurikulum harus menjamin bahwa mahasiswa memperoleh pengalaman praktik kerekayasaan dan proyek rekayasa utama yang mencakup standar-standar teknik dan kendala-kendala majemuk yang realistis, berdasarkan pengetahuan dan kecakapan yang diperolehnya dalam perkuliahan sebelumnya.
[The Curriculum shall ensure that students are exposed to engineering practices and major design project experience which incorporates engineering standards and multiple realistic constraints based on knowledge and skills acquired in preceding coursework.]" |
2.1.4.1 |
"Paparkan bagaimana kurikulum memastikan para mahasiswa dapat memiliki kompetensi dalam aplikasi praktis kerekayasaan, yang menggabungkan teori dan pengalaman, serta penggunaan ilmu dan kecakapan-kecakapan lain yang relevan. Pelatihan dalam praktik kerekayasaan dapat didukung oleh beberapa matakuliah (atau topik bahasan), yang bermuara pada suatu proyek desain utama. Proyek utama ini berperan sebagai pemuncak (capstone) bagi Program, yang mengharuskan mahasiswa untuk mengintegrasikan pengetahuan dan kecakapan yang dihimpun dalam perkuliahan sebelumnya.
[Describe how the curriculum ensures the students to develop competence in practical application of engineering skills, which combines theory and experience along with the use of other relevant knowledge and skills. Training in engineering practices may be supported by several courses (subjects) but should culminate in a major design project. This major project serves as a capstone for the Program, which requires students to integrate knowledge and skills acquired in earlier coursework]" |
Link Referensi |
2.1.4.2 |
"Paparkan bagaimana kurikulum memastikan mahasiswa mendapatkan pengalaman praktik dalam penerapan topik kajian terkait di lingkungan kerja yang nyata.
[Describe how the curriculum ensure students acquire practical experience in implementing the subjects in an actual working environment]" |
Link Referensi |
2.2 |
"DOSEN
[FACULTY]" |
2.2.1 |
"Program harus menyediakan dosen dengan jumlah, kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk menyelenggarakan proses pembelajaran, yang mencakup perencanaan, pengajaran, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan terhadap efektivitas perkuliahan untuk menjamin penguasaan Capaian Pembelajaran oleh mahasiswa.
[The Program shall provide necessary number, qualification and competence of faculty members for performing learning process, including planning, delivering, evaluating, and continually improving its effectiveness in order to achieve the Learning Outcomes]" |
2.2.1.1 |
"Berdasarkan informasi Suplemen Tabel B3, B4 serta riwayat dosen (Suplemen Tabel B5), paparkan kecukupan jumlah, kualifikasi, dan kompetensi para dosen untuk melayani semua bidang kajian kurikuler dan untuk memenuhi kriteria lainnya yang berlaku. Paparan ini hendaknya mencakup pula intensitas keterlibatan dosen dalam berinteraksi dengan mahasiswa, memberikan pembimbingan akademik, serta dalam penjaminan mutu Program.
[Based on Supplementary Tables B3, B4, and faculty curriculum vitae (Supplementary Table B5), describe the adequacy of quantity, qualifications and competence of faculty members to cover all curricular areas and to meet any applicable criteria. This description shall include the extent and quality of faculty member involvement in interactions with students, student advising, and oversight of the Program]" |
Link Referensi |
2.2.1.2 |
"Paparkan bagaimana Program merencanakan dan memberi dukungan terhadap pengembangan profesi dosen .
[Describe how Program plans and supports professional development activities for faculty member]" |
Link Referensi |
2.2.2 |
"Program harus menjamin bahwa para dosen sadar akan relevansi dan pentingnya peran serta kontribusi mereka terhadap Capaian Pembelajaran Program.
[The Program shall ensure that faculty members are aware of the relevance and importance of their roles and contributions to the Learning Outcomes]" |
2.2.2.1 |
"Paparkan peran dosen dalam penciptaan, perbaikan, dan evaluasi matakuliah, serta dalam penyusunan, revisi dan pemenuhan Capaian Pembelajaran Program.
[Describe the role of Program faculty members with respect to course creation, modification, and evaluation, and Learning Outcomes formulation, revision and attainment]" |
Link Referensi |
2.2.2.2 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur yang digunakan Program untuk mengembangkan dan mengevaluasi secara institusional kegiatan akademik dosen, serta pelaksanaannya.
[Describe the policies and procedures by which the Program institutionally develops and evaluates faculty academic activities]" |
Link Referensi |
2.2.2.3 |
"Paparkan bagaimana Program memfasilitasi komunikasi antar dosen untuk mengembangkan kerjasama yang erat terkait penyelenggaraan perkuliahan, untuk meningkatkan penguasaan Capaian Pembelajaran Program.
[Describe how the Program facilitates communications among faculty members for close collaboration associated with courses in the curriculum to improve attainment of Learning Outcomes by students]" |
Link Referensi |
2.3 |
"MAHASISWA DAN SUASANA AKADEMIK
[STUDENTS AND ACADEMIC ATMOSPHERE]" |
2.3.1 |
"Prodi harus menetapkan dan menjalankan standar seleksi untuk mahasiswa baru maupun pindahan, serta pengalihan atau pengakuan kredit.
[The Program shall define and implement entry standards for both new and transfer students, as well as transfer of credits]" |
2.3.1.1 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur yang dijalankan atau diikuti oleh Program dalam penerimaan mahasiswa, yang mencakup penetapan persyaratan dan proses seleksi mahasiswa baru.
[Describe the policies and procedures implemented or observed by the Program in student admission, which cover the requirements and the process for accepting new students into the Program]" |
Link Referensi |
2.3.1.2 |
"Paparkan bagaimana Prodi memastikan bahwa mahasiswa yang akan diterima memenuhi persyaratan, dan bagaimana menangani kasus-kasus ketika persyaratan tersebut tidak terpenuhi.
[Describe how the Program ensures that incoming students are meeting prerequisites and how it handles cases where prerequisite are not met.]" |
Link Referensi |
2.3.1.3 |
"Paparkan kebijakan dan proses yang dijalankan Prodi untuk menerima mahasiswa pindahan (transfer student) dan pengalihan atau pengakuan kredit.
[Describe the Program's policy and process for accepting transfer students and transfer credits.]" |
Link Referensi |
2.3.2 |
"Prodi harus menetapkan dan menjalankan pemantauan kemajuan studi dan evaluasi kinerja mahasiswa. Prosedur penjaminan mutu ditetapkan untuk memastikan bahwa kecukupan standar tercapai dalam semua asesmen.
[Program shall define and implement ongoing monitoring of student progress and evaluation of student performance. Procedures of quality assurance shall be established to ensure that adequacy of standards is achieved in all assessments]" |
2.3.2.1 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur yang diterapkan oleh Prodi untuk secara efektif memantau kemajuan akademik dan kinerja para mahasiswa.
[Describe policies and procedures implemented by the Program to effectively monitor students’ academic progress and performance]" |
Link Referensi |
2.3.2.2 |
"Paparkan bagaimana Prodi mendokumentasikan proses pemantauan kinerja mahasiswa tersebut di atas.
[Describe how the Program documents the process by which student performance is monitored.]" |
Link Referensi |
2.3.3 |
"Prodi harus membangun dan memelihara suasana akademik yang kondusif bagi pembelajaran yang berhasil
[The Program shall create and maintain good academic atmosphere conducive to successful learning]" |
2.3.3.1 |
"Paparkan bagaimana Prodi menyelenggarakan atau memfasilitasi kegiatan-kegiatan pendukung untuk mewujudkan dan memelihara suasana akademik yang kondusif untuk pembelajaran, seperti penyediaan layanan pembimbingan mahasiswa dan konseling untuk permasalahan akademik maupun non-akademik.
[Describe how the Program provides supporting activities to create and maintain good academic atmosphere for learning, such as student guidance and counseling on academic as well as non-academic issues.]" |
Link Referensi |
2.3.3.2 |
"Paparkan bagaimana Prodi menjalankan atau memfasilitasi kebijakan dan prosedur untuk pembimbingan/perwalian akademik dan karir bagi para mahasiswa; hal ini mencakup misalnya frekuensi pembimbingan mahasiswa, serta siapa yang melaksanakan pembimbingan tersebut.
[Describe how the Program implements or facilitates policies and procedures for academic advising and career guidance for students; this includes, for example, how often students are advised, and who provides the advising.]" |
Link Referensi |
2.3.4 |
"Prodi harus endorong kegiatan-kegiatan ko-kurikuler untuk membangun karakter dan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang kebutuhan negerinya.
[The Program shall promote co-curricular activities for character building and enhancing the students’ awareness on the country’s needs]" |
2.3.4.1 |
"Paparkan bagaimana Prodi mewujudkan dan memelihara kegiatan-kegiatan ko-kurikuler untuk meningkatkan kecakapan non-teknis (soft-skills) mahasiswa, seperti kuliah umum/studium generale, pelibatan mahasiwa dalam penelitian dosen, partisipasi dalam forum ilmiah.
[Describe how the Program creates and maintains co-curricular activities to improve the student soft skills, such as studium generale, involvement in faculty research projects, participation in scientific forums.]" |
Link Referensi |
2.3.4.2 |
"Paparkan bagaimana Prodi berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa yang dicirikan antara lain dengan kesadaran akan tujuan yang kuat, ketekunan, daya nalar, keterbukaan pemikiran, serta semangat untuk belajar.
[Describe how the Program nurtures students' entrepreneurial spirit as characterized by a deep sense of purpose, perseverance, resourcefulness, open-mindedness, and eagerness to learn.]" |
Link Referensi |
2.3.4.3 |
"Paparkan bagaimana Prodi berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa yang dicirikan antara lain dengan kesadaran akan tujuan yang kuat, ketekunan, daya nalar, keterbukaan pemikiran, serta semangat untuk belajar.
[Describe how the Program nurtures students' entrepreneurial spirit as characterized by a deep sense of purpose, perseverance, resourcefulness, open-mindedness, and eagerness to learn.]" |
Link Referensi |
2.4 |
"FASILITAS
(FACILITY)" |
2.4.1 |
"Prodi harus menjamin ketersediaan, aksesibilitas, dan keselamatan fasilitas demi berjalannya proses pembelajaran yang efektif dan pemenuhan Capaian Pembelajaran Prodi.
[Program shall ensure the availability, accessibility, and safety of facilities for effective functioning of the learning process and attainment of the Learning Outcomes]" |
2.4.1.1 |
"Paparkan fasilitas-fasilitas fisik yang disediakan untuk mendukung penguasaan Capaian Pembelajaran Program oleh mahasiswa dan untuk menyediakan suasana akademik yang kondusif. Fasilitas-fasilitas ini mencakup, misalnya, perkantoran (misalnya kantor tata usaha, kantor dosen, sekretariat, dan asisten perkuliahan) dan perlengkapan terkait, ruang kelas dan perlengkapannya, laboratorium termasuk laboratorium lapangan (sepanjang diperlukan), perangkat keras dan lunak yang tersedia beserta piranti dan perlengkapan yang mendukung pengajaran, sumberdaya komputasi (workstation, server, penyimpan data, jaringan komputer termasuk perangkat lunak pendukung), layanan perpustakaan, dan sebagainya.
Sertakan tabel daftar yang berisi semua peralatan utama, instrumen, piranti keras/lunak untuk menunjang kegiatan akademik di laboratorium pengajaran dan/atau studio
[Describe the physical facilities to support the attainment of the Learning Outcomes and to provide conducive academic atmosphere. These facilities include, for example, offices (such as administrative, faculty, clerical, and teaching assistants) and any associated equipment, classrooms and associated equipment, in house laboratory facilities including those containing computers (describe available hardware and software) and the associated tools and equipment that support instruction, field laboratory (whenever necessary), computing resources (workstations, servers, storage, networks including software), library services, etc.
Provide also a table that lists all main equipment, instruments, hardware/software tools for educational activities that are kept in teaching laboratory and/or studio." |
Link Referensi |
2.4.1.2 |
"Paparkan hasil asesmen Program mengenai kecukupan fasilitas tersebut untuk mendukung kegiatan akademik dan profesional mahasiswa dan dosen, dalam mendukung pemenuhan Capaian Pembelajaran Program .
[Provide the Program's assessment on the adequacy of these facilities to support the scholarly and professional activities of the students and faculty in supporting the attainment of Learning Outcomes by the students]" |
Link Referensi |
2.4.1.3 |
"Paparkan bagaimana Program menjalankan suatu manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) untuk memastikan keselamatan dan ketepatan pemanfaatan fasilitas pembelajaran seperti piranti, peralatan, sumberdaya komputer, laboratorium, serta fasilitas fisik lainnya.
[Describe how the Program manages safety, health, and environment to ensure safe and approriate utilization of tools, equipment, computing resources, laboratories, and other physical facilities]""" |
Link Referensi |
2.4.2 |
"""Program harus menetapkan kebijakan dan prosedur untuk pemeliharaan dan pemutakhiran sarana dan prasarana.
[Program shall establish policy and procedure for maintaining and upgrading equipment and infrastructures]" |
2.4.2.1 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur Program untuk memelihara dan memutakhirkan piranti, peralatan, sumberdaya komputer, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen.
[Describe the Program's policies and procedures for maintaining and upgrading the tools, equipment, computing resources, laboratories, library and other facilities used by students and faculty members." |
Link Referensi |
2.5 |
"TANGGUNGJAWAB INSTITUSI
[INSTITUTIONAL RESPONSIBILITY]" |
2.5.1 |
"Program harus menetapkan dan mengelola proses penyediaan layanan pendidikan, mencakup perancangan pendidikan, pengembangan dan pelaksanaan kurikulum, serta asesmen pembelajaran.
[The Program shall define and manage the process for the provision of the educational service, including education design, curriculum development and delivery, and assessment of learning]" |
2.5.1.1 |
"Paparkan tata kelola yang menjamin keterlibatan pimpinan secara efektif dalam pengambilan keputusan yang berdampak kepada mutu dan keberlanjutan Program.
[Describe the governance which ensures an effective involvement of the leadership in decisions affecting quality and continuity of the Program.]" |
Link Referensi |
2.5.1.2 |
"Paparkan bagaimana Institusi Pengelola Program menerapkan kebijakan dan prosedur anggaran yang menjamin keberlanjutan program dan layanan pendidikan termasuk penyediaan fasilitas.
[Describe how the Program Operating Institution (POI) implements budgetary policies and procedures which ensure the continuity of the Program and education services including provision of facility]" |
Link Referensi |
2.5.1.3 |
"""Paparkan dukungan bagi kegiatan pengajaran oleh Institusi Pengelola Program, melalui penyediaan tenaga asisten penilai, asisten perkuliahan, lokakarya pengajaran, dan sebagainya.
[Describe the support for teaching activities by the POI by provision of graders, teaching assistants, teaching workshops, etc.]" |
Link Referensi |
2.5.1.4 |
"Paparkan bagaimana institusi pengelola program menyediakan tenaga kependidikan/staf pendukung (administratif, instruksional, maupun teknis) dan layanan kelembagaan yang memadai bagi Program.
[Describe how the POI provides adequate staffing (administrative, instructional, and technical) and institutional services for the Program." |
Link Referensi |
2.5.2 |
"Institusi Pengelola Program harus melaksanakan upaya-upaya untuk mengalokasikan sumberdaya, layanan-layanan pendukung, dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat, dengan mempertimbangkan sumberdaya lokal.
[The Program Operating Institution (POI) shall make efforts to establish resources, supporting service and cooperation with stakeholders on research, education and/or service to community with due consideration to existing local resources]" |
2.5.2.1 |
"Paparkan kemitraan dengan lembaga-lembaga eksternal (industri, pusat penelitian, lembaga masyarakat, dan sebagainya) yang difasilitasi oleh POI untuk mengembangkan aspek Tridharma Perguruan Tinggi.
[Describe partnership with external institutions (industry, research centers, community entities, etc.) facilitated by the POI to foster Tridharma Perguruan Tinggi (education, research, and community engagement)]" |
Link Referensi |
2.5.2.2 |
"Paparkan bagaimana POI memfasilitasi peningkatan proses pembelajaran mahasiswa melalui interaksi dengan kalangan akademik, dunia usaha, dan/atau pemerintahan dalam pengembangan daerah setempat, dengan memanfaatkan sumberdaya lokal.
[Describe how the POI facilitates the improvement of the students’ learning process through the engagement of academia, business, and/or the government in the development of local region, and by the utilization of local resources]" |
Link Referensi |
3 |
ASESMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN |
3.1 |
"Program harus memastikan bahwa suatu proses asesmen Capaian Pembelajaran yang didasarkan pada indikator-indikator kinerja yang rinci dijalankan dan dipelihara pada interval waktu yang telah direncanakan, dengan menggunakan metode-metode yang tepat.
[The Program shall ensure that an effective assessment process of Learning Outcomes based on established performance indicators is implemented and maintained at planned intervals using appropriate methods]" |
3.1.1 |
"Program harus menetapkan indikator kinerja dan metode asesmen yang tepat untuk setiap Capaian Pembelajaran Program sebagai dasar untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut.
[The Program shall define, for each of its Learning Outcomes, the relevant performance indicators and appropriate assessment method as the basis for measuring achievements of these indicators.]" |
3.1.1.1 |
"Berdasarkan Tabel Suplemen C1, paparkan indikator kinerja yang ditetapkan oleh Program untuk setiap butir Capaian Pembelajaran Program, dan metode asesmen yang tepat sebagai dasar untuk mengukur ketercapaian indikator-indikator kinerja tersebut.
[Based on Supplementary Table C1, describe the performance indicators established by the Program for each Program Learning Outcome, and appropriate assessment methods as the basis for measuring attainment of these indicators.]" |
Link Referensi |
3.1.2 |
"Metode dan prosedur untuk mengukur pemenuhan Capaian Pembelajaran Program yang terdokumentasi dengan lengkap dan jelas harus ditetapkan.
[A complete and clearly documented method and procedure for measuring the achievement of Learning Outcomes shall be established.]" |
3.1.2.1 |
"Lampirkan dokumen milik Program yang memuat metode dan prosedur pengukuran bagi pemenuhan setiap butir Capaian Pembelajaran Program
[Attach Program's own document which describes the method and procedures for measuring the achievement of each Program Learning Outcome]" |
Link Referensi |
3.1.3 |
"Asesmen setiap Capaian Pembelajaran Program harus dilakukan secara berkala mengikuti rencana
[The assessment of each Program Learning Outcome shall be conducted at planned interval]" |
3.1.3.1 |
"Paparkan rencana asesmen secara berkala (menggunakan Tabel Suplemen C2) untuk mengukur pemenuhan Capaian Pembelajaran Program yang diterapkan oleh Program.
[Describe periodic assessment plan (based on Supplementary Table C2) to assess Program Learning Outcomes attainment implemented by the Program]" |
Link Referensi |
3.1.3.2 |
"Lampirkan dokumen Progam yang memuat hasil asesmen terhadap semua butir Capaian Pembelajaran Program.
[Attach Program's document which describes the results of assessment of all Program Learning Outcomes]" |
Link Referensi |
3.2 |
"Program harus menjamin bahwa setiap lulusannya telah memenuhi seluruh Capaian Pembelajaran Program yang diharapkan.
[The Program shall ensure that graduates of the program achieve all expected Learning Outcomes]" |
3.2.1 |
"Program harus menetapkan kebijakan dan prosedur yang efektif untuk menjamin setiap lulusan memenuhi setiap persyaratan kelulusan.
[The Program shall maintain effective policy and procedures to ensure that its graduates meet all graduation requirements.]" |
3.2.1.1 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur yang diterapkan oleh Program untuk memastikan pemenuhan semua persyaratan kelulusan oleh para lulusannya.
[Describe effective policies and procedures maintained by the Program in confirming the attainment of all graduation requirements by its graduates]" |
Link Referensi |
3.2.2 |
"""Proses dan hasil dari kajian pemenuhan persyaratan kelulusan harus terdokumentasi dan terekam dengan baik sebagai bukti setiap lulusan telah dievaluasi dan seluruh Capaian Pembelajaran Program terpenuhi.
[The process and results of graduation requirement review shall be documented, and the records are maintained as evidence that all graduates have been evaluated and that all Program Learning Outcomes have been fulfilled.]" |
3.2.2.1 |
"Paparkan bagaimana Program memastikan bahwa semua Capaian Pembelajaran Program telah dicapai oleh semua lulusannya. Proses dan hasil dari kaji-ulang persyaratan kelulusan ini terdokumentasi secara resmi, dan disimpan sebagai rekaman tetap sebagai bukti.
[Describe how the Program ascertains that all Program Learning Outcomes are attained by all of its graduates. The process and results of this graduation requirement review shall be documented, and the records are maintained permanently as evidence]" |
Link Referensi |
3.2.3 |
"Program harus memiliki kebijakan dan prosedur untuk menangani mahasiswa berkinerja kurang baik dan memberhentikan mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan studinya.
[The Program shall have written policies and procedures on how to handle non-performing students and how to terminate students who are not able to complete their study.]" |
3.2.3.1 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur untuk menangani mahasiswa berkinerja kurang dan untuk memberhentikan mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan studi mereka.
[Describe the policies and procedures implemented or observed by the Program to handle non-performing students, and to terminate students who are not able to complete their study]" |
Link Referensi |
4 |
PERBAIKAN BERKELANJUTAN |
4.1 |
"Berdasarkan hasil-hasil asesmen Capaian Pembelajaran Program, Program harus melaksanakan evaluasi berkala dalam interval yang terencana, yang menghasilkan keputusan-keputusan untuk meningkatkan efektivitas proses dan sumberdaya pembelajaran.
[Based on Program Learning Outcomes assessment results, the Program shall perform an evaluation at planned intervals with output in the form of decisions to improve the effectiveness of the educational process and resources]" |
4.1.1 |
"Untuk menjamin perbaikan berkelanjutan, Program harus menjalankan aktivitas pendidikannya dengan mengimplementasikan sistem penjaminan kualitas yang mengikuti siklus P-D-C-A sebagaimana dijelaskan dalam Preambul/Pembukaan Kriteria Akreditasi
[To ensure the continual improvement, the Program should run its educational activities by implementing a quality assurance system follows the P-D-C-A cycle as described in the Preamble section of the Accreditation Criteria.]" |
4.1.1.1 |
"Paparkan sistem penjaminan mutu akademik berdasarkan siklus P-D-C-A (atau setara) yang dijalankan oleh Program untuk memastikan perbaikan berkelanjutan terhadap pemenuhan Capaian Pembelajaran Program.
[Describe the academic quality assurance system based on the P-D-C-A cycle (or equivalent) implemented by the Program to ensure the continual improvement of its educational processes]" |
Link Referensi |
4.1.2 |
"Evaluasi harus berdasarkan pada asesmen pemenuhan Capaian Pembelajaran Program. Luaran evaluasi harus mencakup rekomendasi tentang perbaikan material pembelajaran, metode pembelajaran, proses pembelajaran, kesesuaian dan kecukupan Capaian Pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan Pemangku Kepentingan dan sumber daya.
[The evaluation shall be based on assessment of the Program Learning Outcomes attainment. The output of the evaluation shall contain recommendations on the improvement of learning materials, methods of delivery and other educational processes, suitability and adequacy of the Learning Outcomes with regards to the needs of stakeholders, and resources.]" |
4.1.2.1 |
"Lampirkan dokumen yang memuat analisis hasil asesmen terhadap semua Capaian Pembelajaran Program untuk mendapatkan akar permasalahan dan rekomendasi perbaikan yang diperlukan (misalnya terhadap materi ajar, metode pembelajaran, metode asesmen, sumberdaya, Capaian Pembelajaran Program, dan Profil Profesional Mandiri lulusan)
[Attach the document which describes the analysis of assessment results of all Program Learning Outcomes to obtain root causes of problems and improvement recommendation (such as learning materials, delivery methods, assessment method, resources, Program Learning Outcomes and Autonomous Professional Profile)]" |
Link Referensi |
4.1.3 |
"Evaluasi harus dilakukan pada interval terencana mengikuti metode dan prosedur yang telah diberitahukan kepada dosen Program. Metode dan prosedur evaluasi harus dirancang agar dapat mengidentifikasi hambatan dan akar masalah dan karena itu menghasilkan peluang perbaikan.
[The evaluation shall be carried out at planned intervals following a method and procedure made well-known to the faculty. The evaluation method and procedure should be designed to enable the identification of constraints and root causes of problems, and therefore resulting in opportunities for improvement.]" |
4.1.3.1 |
"Jelaskan bagaimana evaluasi Program dilaksanakan menurut interval waktu yang terencana, dan mengikuti metode serta prosedur yang dikomunikasikan secara memadai kepada para dosen.
[Explain how the evaluation has been carried out at planned intervals following a method and procedure made well-known to the faculty members]" |
Link Referensi |
4.2 |
"Program harus memelihara dokumen dan rekaman terkait dengan pelaksanaan evaluasi, hasil-hasil yang diperoleh, serta tindak lanjutnya.
[The Program shall maintain documents and records related to the implementation of evaluation, the results and their follow-up]" |
4.2.1 |
"Prosedur terdokumentasi untuk implementasi evaluasi Program harus ditetapkan.
[A documented procedure for the implementation of Program evaluation shall be established.]" |
4.2.1.1 |
"Paparkan kebijakan dan prosedur Program untuk mendokumentasikan proses penjaminan mutu/perbaikan mutu berkelanjutan terhadap Capaian Pembelajaran Program secara lengkap dan konsisten.
[Describe the Program's policies and procedures for the comprehensive and consistent documentation of its continuous quality assurance/quality improvement process]" |
Link Referensi |
4.2.2 |
"Dokumentasi implementasi evaluasi, hasil dan tindaklanjutnya harus dipelihara dan dapat diakses oleh dosen. Rekaman tersebut merupakan bukti bahwa evaluasi telah dilaksanakan, hasilnya telah diimplementasikan, dan perbaikan berkala telah dilakukan yang menandakan terlaksananya siklus P-D-C-A.
[The documentation of evaluation implementation, its results and its follow-up shall be maintained and accessible to the faculty. These records provide evidence that evaluation has been conducted, the results have been implemented and periodic improvement has been achieved, thereby signifying the implementation of P-D-C-A cycle.]" |
4.2.2.1 |
"Paparkan bagaimana dokumentasi di atas dapat diakses oleh para dosen, sesuai dengan kebutuhan terhadap perbaikan mutu Program.
[Describe how the abovementioned documentation is made accessible to the faculty members as pertinent to their shared interests for the quality of the Program.]" |
Link Referensi |
4.2.2.2 |
"Jelaskan bagaimana dokumentasi di atas mengindikasikan bahwa evaluasi berkala Program yang dijalankan telah mencerminkan penerapan suatu siklus P-D-C-A (atau setara) secara utuh.
[Describe how the abovementioned documentation indicates that periodic Program evaluations have been conducted to signify the implementation of a complete P-D-C-A cycle?]" |
Link Referensi |