A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Pendidikan Agama Protestan dirancang untuk mendorong minat mahasiswa sekaligus mempersiapkan mahasiswaa untuk menjadi ilmuwan dan professional yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha esa, berakhlak mulia, berintegritas dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan.
Mata Kuliah Pendidikan Agama Protestan bertujuan membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan dan cinta tanah air sepanjang hayat dalam menguasai, menerapkandan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dimilikinya dengan rasa tanggung jawab sesuai iman kristiani.
B. SKS / Semester
2 SKS / Semester 2
C. Bahan Kajian / Materi Pembelajaran
1. Pengetahuan Agama dan Kerukunan Hidup Umat Beragama
2. Manusia dan Dosa (Hakikat dan Tanggung Jawababnya)
3. Keselamatan
4. Hidup Baru dan PertumbuhanIman
5. Moral dan Etika Kristen
6. Cara Bergaul Yang Baik
7. Penjaga Ciptaan allah
8. Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam perspektif Iman Kristen
9. Masyarakat dalam perspektif Iman Kristen
10. Budaya dalam perspektif Iman Kristen
11. Politik dalam perspektif Iman Kristen
12. Hukum dalam perspektif Iman Kristen
D. Dosen Pengampu
| A. CPL-PRODI yang dibebankan pada MK | |
|---|---|
| CPL-8 | Memiliki etika profesional, integritas, dan menunjukkan komitmen yang kuat dalam semua aspek pekerjaan, termasuk keselamatan kerja, tanggung jawab, kejujuran, dan sikap toleransi dalam menjalankan fungsinya di kehidupan masyarakat, baik di organisasi profesional maupun dalam masyarakat umum, dengan ahlak yang baik, dan berkarakter luhur |
| CPL-9 | Memiliki sikap terampil dalam berwirausaha, komunikasi yang efektif, pengalaman kepemimpinan dan kerja tim, keterampilan manajemen proyek, serta komitmen terhadap pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesionalisme |
| B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | |
|---|---|
| CPMK-1 | Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai-nilai keagamaan (Protestan) sebagai insan mandiri yang berkarakter |
| CPMK-2 | Mahasiswa mampu menguraikan nilai-nilai keagamaan (Protestan) untuk mencapai insan mandiri yang berkarakter |
| CPMK-3 | Mampu berpikir kritis, sistematis, inovatif, berintegritas dan mampu berkomunikasi secara efektif, serta dapat bekerja secara mandiri dalam tim |
| C. CPL Sub-CPMK | |
|---|---|
| SUB-CPMK-1 | Mampu menginternalisasi kerangka dasar kuliah agama kristen protestan |
| SUB-CPMK-2 | Mampu menunjukkan pribadi yang beritegritas berdasarkan nilai moral dan etika kristen, berkinerja mandiri, bermutu serta terukur sesuai bidang keahliaannya |
| SUB-CPMK-3 | Mampu menguraikan konsep ketuhanan, manusia dan alam semesta menurut Alkitab |
| SUB-CPMK-4 | Mampu menganalisis hubungan iman kristiani dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni |
| SUB-CPMK-5 | Mampu menerapkan model, sikap iman kristiani dalam masyarakat, budaya, politik, hukum |
| Jadwal Kuliah | ||||
|---|---|---|---|---|
| Pekan | Tujuan | Materi | Tugas | File Kuliah | Tidak Ada Data |
Rujukan
Referensi Utama:
1. Lembaga Alkitab Indonesia. 2023. ALKITAB. Terjemahan Baru / Terjemahan Baru 2, Jakarta: LAI.
2. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 2016. Pendidikan Agama Kristen untuk Perguruan Tinggi. Cetakan I .
3. Harun Hadiwijono. 2001. Iman Kristen. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
4. Frans Magnis Suseno. 1987. Etika Dasar. Yogyakarta: Kanisius.
5. Universitas Terbuka. 2019. Pendidikan Agama Kristen.
6. Frans Magnis Suseno. 2015. Etika Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
7. A.A. Sitompul. Manusia dan Budaya. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Pendukung:
1. Niyoko, 2017. Pendidikan Agama Kristen Untuk Perguruan Tinggi. Cetakan 1. Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen Indonesia.
2. Niftrik,G.C.Van& Boland, B.J.,1987. Dogmatika Masakini. Jakarta:BPK. Gunung Mulia.
3. Eriyani Mendrofa., “Iptek dan Teologia”. Makalah
4. Khaza Savitra “Cara Mudah Bergaul”, Makalah
| Resource Lainnya | ||||
|---|---|---|---|---|
| Nama | File | Tidak Ada Data |
||