A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas kaidah-kaidah bahasa Indonesia baku serta aplikasinya dalam penulisan karya ilmiah. Tujuan yang ingin dicapai setelah mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia, yakni mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengetahuan berbahasa dan menerapkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, serta menumbuhkan kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia.
B. SKS / Semester
2 SKS / Semester 2
C. Bahan Kajian / Materi Pembelajaran
1. Sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia
2. Ragam bahasa Indonesia
3. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) edisi V
4. Kalimat efektif
5. Pembentukan paragraf
6. Perencanaan karya tulis ilmiah (topik judul, dan kerangka karangan)
7. Penulisan karya ilmiah (artikel, makalah, proposal)
8. Penulisan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi)
9. Sistem pengutipan dan daftar pustaka
D. Dosen Pengampu
| A. CPL-PRODI yang dibebankan pada MK | |
|---|---|
| CPL-8 | Memiliki etika profesional, integritas, dan menunjukkan komitmen yang kuat dalam semua aspek pekerjaan, termasuk keselamatan kerja, tanggung jawab, kejujuran, dan sikap toleransi dalam menjalankan fungsinya di kehidupan masyarakat, baik di organisasi profesional maupun dalam masyarakat umum, dengan ahlak yang baik, dan berkarakter luhur |
| CPL-9 | Memiliki sikap terampil dalam berwirausaha, komunikasi yang efektif, pengalaman kepemimpinan dan kerja tim, keterampilan manajemen proyek, serta komitmen terhadap pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesionalisme |
| B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | |
|---|---|
| CPMK-1 | Mahasiswa memiliki kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi nasional dan internasional yang berkaitan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, keberagaman, dan kemaritiman sebagai insan mandiri yang berkarakter serta memiliki semangat kepekaan sosial, kejuangan, dan kewirausahaan melalui penggunaan bahasa Indonesia. |
| CPMK-3 | Mahasiswa mampu berpikir kritis, sistematis, inovatif, berintegrasi, berkomunikasi secara efektif, dan dapat bekerja secara mandiri maupun tim dalam menulis karya ilmiah. |
| CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi nilai keagamaan, kebangsaan, keberagaman, dan kemaritiman dalam teks berbahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah EYD Edisi V. |
| C. CPL Sub-CPMK | |
|---|---|
| SUB-CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, fungsi, dan perkembangan bahasa Indonesia. |
| SUB-CPMK-2 | Mahasiswa mampu membedakan keanekaragaman penggunaan bahasa Indonesia. |
| SUB-CPMK-3 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan kaidah bahasa Indonesia (EYD Edisi V) yang tepat dalam konteks komunikasi lisan dan tulisan pada bidang keagamaan dan kebangsaan dalam keberagaman. |
| SUB-CPMK-4 | Mahasiswa mampu menunjukkan kalimat efektif dalam teks keagamaan, kebangsaan, keberagaman dan kemaritiman untuk mencapai insan mandiri yang berkarakter dengan semangat kepekaan sosial, kejuangan, dan kewirausahaan. |
| SUB-CPMK-5 | Mahasiswa mampu menyusun kalimat efektif dalam sebuah paragraf yang padu. |
| SUB-CPMK-6 | Mahasiswa mampu merumuskan topik karya ilmiah melalui proses berpikir kritis dan inovatif. |
| SUB-CPMK-7 | Mahasiswa mampu membuat artikel ilmiah, makalah ilmiah, dan proposal penelitian sesuai bidang ilmu masing-masing. |
| SUB-CPMK-8 | Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi karya ilmiah (skripsi, tesis, dan disertasi) dengan menggunakan pendekatan kritis dan sistematis untuk mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dari karya tersebut. |
| SUB-CPMK-9 | Mahasiswa mampu menerapkan sistem pengutipan dan daftar pustaka dalam karya ilmiah. |
| Jadwal Kuliah | ||||
|---|---|---|---|---|
| Pekan | Tujuan | Materi | Tugas | File Kuliah | Tidak Ada Data |
Rujukan
Referensi Utama:
Anggaraini, Asih, dkk.2006. Mengasah Keterampilan Menulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Abidin, Yunus, dkk. 2017. Kemahiran Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT Bumi Aksara.
Chaer, Abdul. 2016. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jakarta
Finoza, Lamuddin. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Kurniawan, Khaeruddin. 2012. Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT Refika Aditama.
Nurjamal, Daeng, Warta Sumirat, dan Riadi Darwis.2014. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Sri Nugraheni, Aninditya dan Muhammad Rohmani. 2011. Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakra Media.
Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menerapkan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta. Grasindo.
Widjono H. S. 2005. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
Pendukung:
Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arifin, E. Zainal. 2006. Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT Grasindo.
Arifin, E. Zainal& S. AmranTasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2022. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi V dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa
| Resource Lainnya | ||||
|---|---|---|---|---|
| Nama | File | Tidak Ada Data |
||