Pelatihan Perakitan Sistem Filterisasi Air Minum Skala Rumah Tangga

Pelatihan Perakitan Sistem Filterisasi Air Minum

  • Muh Anshar UNHAS
  • Rhiza S. Sadjad
  • Elyas Palantei
  • Zaenab M.
  • Dewiani J.
Keywords: Pelatihan, Filterisasi, Air Bersih, Rumah Tangga, Salinitas

Abstract

Air bersih untuk kehidupan manusia merupakan elemen penting dalam kelangsungan hidup manusia (jika tersedia), luaran yang dicapai untuk tiap kelompok, ataupun dampak balik dari pelaksanaan kegiatan atau dampak sampingan kegiatana. Namun sampai saat ini masih ada daerah-daerah yang mengalami kesulitan akses air bersih yang notabene masih berkisar dalam daerah provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai contoh pada daerah Kecamatan Mandai Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan pengabdian ini menawarkan solusi sistem penyediaan air bersih untuk umum yang nantinya diharapakan dapat meningkatkan kualitas air untuk konsumsi keseharian dari masyarakat mitra, dalam hal ini Desa Tellumpoccoe. Mekanisme yang digunakan mengawinkan teknologi pengadaan air melalui sumur pompa dan teknologi automasi yang mengefektifkan kinerja peralatan. Sistem ini juga akan mengintegrasikan sistem filterisasi guna meningkatkan kualitas air sehingga memenuhi standarisasi yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Sekitar 26 peserta latih mengikuti proses pelaksanaan kegiatan dengan tingkat penyerapan materi optimal melalui pengujian pelacakan kerusakan. Selain itu, data pendukung tingkat penyerapan materi juga diperoleh dari wawancara setelah kegiatan terkait materi pelatihan yang telah diberikan. Satu kelurga melaksanakan instalasi air bersih lebih jauh untuk konsumsi tingkat rumah tangga dan dari tim, diberikan pendampingan selama proses instalasi dan uji kelayakan konsumsi air hasil filterisasi. Luaran lainnya terbentknya tim teknis untuk penanggung jawab teknologi filterisasi air yang beranggotakan ke-26 peserta latih tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Stratistik Maros (BPS Maros). (2015). Distribusi dan Kepadatan Penduduk, Jumlah Rumah Tangga Menurut Kecamatan di Kabupaten Maros. Terdapat pada laman https://maroskab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/35#accordion-daftar-subjek2. Diakses pada tanggal 15 Januari 2017.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (MENKES RI). (2010). Persyaratan Kualitas Air Minum. Peraturan Menteri Kesehatan Rebuplik Indonesia Nomor 492/Menkes/PER/IV/2010.
Bair, E. S. (2009), Groundwater and Wells, 3rd Edition. Ground Water, 47: 619. doi:10.1111/j.1745-6584.2009.00603. x.
White, E. (2011). Making Embedded Systems: Design Patterns for Great Software, O'Reilly Media, Incorporated.
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). (2016). Cara Pengolahan Air Sumur Untuk Kebutuhan Air Minum. Terdapat pada laman http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Akua/akua.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017.
Published
2018-06-29
How to Cite
Anshar, M., Sadjad, R. S., Palantei, E., M., Z., & J., D. (2018). Pelatihan Perakitan Sistem Filterisasi Air Minum Skala Rumah Tangga. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(1), 33-40. Retrieved from https://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/view/1
Section
Technology for Society