Implementasi Pompa Air pada Tambak Udang dengan Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan

  • Jalaluddin Haddada Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Abdul Rasyid Jalil
  • Rustan Tarakka
  • Wardi -
Keywords: Sumber Energi Terbarukan, Penerapan Sel Photovoltalk, Pompa Air, Sosialisasi dan Implementasi

Abstract

Sosialisasi dan implementasi pemanfaatan sumber energi terbarukan kepada masyarakat terus-menerus digalakkan. Pemanfaatan sumber energi terbarukan dengan penerapan teknologi sel photovoltaik (PV) untuk suplai energi secara terintegrasi dilakukan untuk membantu penyediaan energi yang diperlukan pada areal tambak di kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Energi tersebut digunakan untuk pengoperasian peralatan pendukung sperti pompa air dan penggunaan lainnya. Sosialisasi dan implementasi pemanfaatan sumber energi terbarukan dengan teknologi sel photovoltaik untuk menjalankan pompa air dan penggunaan lainnya pada tambak udang telah dilakukan. Pelatihan masyarakat terkait pembuatan, operasional dan perawatan peralatan tersebut juga telah dilakukan. Masyarakat kecamatan Lanrisang kabupaten Pinrang yang terdiri dari beberapa desa dan kelurahan diberi pengetahuan tentang pemanfaatan peralatan yang terkait dan dilatih untuk melakukan perakitan dan pengoperasian peralatan. Beberapa kelompok masyarakat tertentu yang berprofesi dalam bidang perbengkelan juga telah dilatih secara khusus untuk mendukung dalam perakitan dan perawatan peralatan. Masyarakat dan pemerintah setempat secara antusias telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pengujian lapangan terhadap pompa air juga telah dilakukan sebagai panduan dalam aplikasi. Debit air rata-rata harian dari pompa air adalah sekitar 0.375 L/s. Sebagai contoh, tambak udang seluas 50 x 50 meter mempunyai kebutuhan suplai air sebesar 2.64 m3 maka pompa akan dijalankan selama 2 jam perhari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, F., Nasri, M.Z. (2015). Analisis Unjuk Kerja Sistem Prototipe Kincir Aerator Tambak Udang Tenaga Matahari, [Skripsi]. Program Sarjana Universitas Hasanuddin.
Arfandy, R., Arif, E., Jalaluddin. (2016). Pemanfaatan Energi Matahari Sebagai Penggerak Pompa Rumahan, Prosiding Seminar Nasional ke 3 Rekayasa Material, Sistem Manufaktur dan Energi, 16 – 17 November 2016.
Dinas Kelautan dan Perikanan. (2012). http://dinaskelautanperikanan.blogspot.com/2012/04/kondisi-dan-potensi-budidaya-udang- di.html.
Hasbi, H.S. (2014). Analisis Peningkatan Efisiensi Sel Surya dengan Aliran Air Pendingin di bawah Panel, [Tesis]. Pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Jalaluddin, Jalil, A.R., Tarakka, R., Wardi. (2015). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan pada Tambak Udang, Agrokreatif, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, November 2015, Vol 1 (2): 136-141, ISSN 2460-8572, EISSN 2461-095X.
Jalaluddin, Mire, B. (2015). Performance Investigation of Photovoltaic Module with Solar Tracking, Proceeding of the 2nd International Symposium on Smart Material and Mechatronics. Makassar-Gowa, 26-29, October, 2015, ISSN: 978-979-17225-8-2.
Jalaluddin, Himran, S., Arief, S., Khalik, A. (2016). Studi Eksperimental Performansi Modul Photovoltaik dengan Pendinginan Air, Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XV (SNTTM XV) Bandung 5 – 7 Oktober 2016.
Mahmud, U., Sumantadinata, K., Pandjaitan, N. H. (2007). Pengkajian Usaha Tambak Udang Windu Tradisional di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Jurnal MPI 2(1): 70-85.
Shiddiq, A., Multazam. (2015). Pemanfaatan Energi Matahari Sebagai Penggerak Pompa Tambak, [skripsi]. Program Sarjana Universitas Hasanuddin.
Published
2018-06-29
How to Cite
Haddada, J., Jalil, A. R., Tarakka, R., & -, W. (2018). Implementasi Pompa Air pada Tambak Udang dengan Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(1), 23-32. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i1.14
Section
Technology for Society