Sosialisasi Metode Berfikir Komputasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Lingkup Sulawesi Selatan

  • Muhammad Niswar Universitas Hasanuddin
  • Amil Ahmad Ilham
  • Zahir Zainuddin
  • Adnan Adnan
  • Ady Wahyudi P
  • Elly Warni
  • Iqra Aswad
  • Zaenab Muslimin
Kata Kunci: Computational, Thinking, SMK Telkom, Sosialisasi, Bebras

Abstrak

Computational Thinking merupakan  metode berpikir yang sangat penting dan menarik bagi para pendidik pada sekolah dasar dan menengah. Hal Ini terlihat dari antusiasme peserta sosialisasi pada SMK Telkom Makassar yang diadakan oleh Tim pengabdian masyarakat Departemen Teknik Informatika UNHAS. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 22 (dua puluh dua) peserta secara luring, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi, Kegiatan sosialisasi dimulai dengan pemberian materi pendahuluan mengenai konsep dasar computational thinking, mengapa hal tersebut penting dan bagaimana penerapannya. Materi sosialisasi berikutnya adalah terkait pengenalan Bebras yaitu sebuah inisiatif berskala international untuk mempromosikan informatika dan computational thinking melalui tantangan soal, bagaimana tantangan Bebras tahun 2020 serta di lanjutkan dengan tutorial penggunaan situs latihan tantangan Bebras. Diharapkan ke depannya semakin bertambah guru yang menerapkan konsep computational thinking pada Mata Pelajaran yang diampu serta semakin banyak siswa yang mengikuti kompetisi computational thinking yang diadakan oleh Bebras baik pada tingkat lokal, nasional dan international.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Armstrong, S., & Warlick, D. (2004). The new literacy (online). Technology and Learning Magazine. Diambil dari http://www.techlearning.com/curriculum/0035/the-new-literacy/42060
Jeannette M. Wing. (2006). Computational thinking. Commun. ACM 49, 3 (March 2006), 33–35. DOI:10.1145/1118178.1118215
Peckham, J. (2011). Is Computational Thinking the Fourth “R”?, CSTA Voice. 7(2) 1-2.
Mendikbud Ingin Anak Indonesia Bisa Computational Thinking. (2020). Diakses di https://inet.detik.com/cyberlife/d-4903814/mendikbud-ingin-anak-indonesia-bisa-computational-thinking
ICT Competency Framework for Teachers. UNESCO. (2018) ISBN 978-92-3-100285-4.
Mendikbud Siapkan Lima Strategi Pembelajaran Holistik. (2020). Diakses di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/mendikbud-siapkan-lima-strategi-pembelajaran-holistik. 4 April 2020
Diterbitkan
2021-06-27
Bagian
Kesadaran Sosial dalam Memperkuat Kehidupan Masyarakat dalam Era Pandemi