Pelatihan Mengenal Karakter Dasar Siswa untuk Coaching di SMK Telkom Makassar
Abstrak
Perkembangan zaman dan teknologi yang berjalan cepat ini perlu disikapi dengan bijaksana dan dewasa apalagi ketika
menghadapi generasi milenial. Salah satu caranya adalah mengetahui karakter dan pola pikir generasi-generasi yang
ada saat ini. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi guru dan
secara khusus untuk siswa untuk mengenali karakter dasar. Pendidikan karakter menjadi salah satu wacana utama dalam
kebijakan nasional di bidang karakter Pendidikan. Seluruh proses belajar mengajar harus mengacu pada pengembangan
karakter dan hal ini merupakan hal yang akan diterapkan oleh mitra dalam hal ini SMK Telkom Makassar. Pelaksanaan
pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan dua metode, yaitu sosialisasi pengenalan karakter dasar dan tes
Brain Color. Sosialisasi ini terdiri atas pengenalan karakter dasar yang juga menjadi salah satu sub topik dalam Mata
Kuliah Technopreneurship yang diajarkan pada Departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Dan sebagai
solusi dalam penyelesaian masalah mitra maka dilakukan tes Brain Color untuk mengenali warna kepribadian setiap
siswa. Hasil Brain Color model setiap siswa tersebut dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi proses belajar
mengajar. Pengabdian kepada masayarakat ini diikuti oleh 47 Guru SMK Telkom melalui zoom meeting. Para peserta
sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dilihat dari hasil kuesioner yang menunjukkan 96% setuju dengan
implementasi metode yangdikenalkan. Selain itu, peserta juga mengharapkan ada pelatihan lanjutan terkait pengenalan
karakter siswa yang penting dalam proses pembelajaran di sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Indrabayu. (2018). Menjadi Technopreneur. Pusat Kajian Media dan Sumber Belajar LKPP Universitas Hasanuddin. Makassar
Haruna, Ahmad (2009). Gambaran Umum Pendidikan Kota Makassar. Diakses di http://ahmadiharuna.blogspot.com/2009/02/gambaran-umum-pendidikan-di-kota.html. 10 Januari 2021
Hirashita, C. M. dkk (2018). Pengenalan Psikologi Anak Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 01, No. 02, pp.92-100, Mei – Agustus 2018. Diakses di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/download/2035/1905.
Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum. 2011, Pengembanganpendidikan budaya dan karakter bangsapedomansekolah. Jakarta:PusatKurikulum


