Peningkatan Kapasitas Keterampilan Teknologi Informasi Bagi Pengelola Komunitas Sahabat Penyu

  • Indrabayu - Universitas Hasanuddin
  • Intan Sari Areni Universitas Hasanuddin
  • Ingrid Nurtanio Universitas Hasanuddin
  • Amil A. Ilham Universitas Hasanuddin
  • Christoforus Yohannes Universitas Hasanuddin
Keywords: Komunitas Penyu, Teknologi Informasi, Pengabdian

Abstract

Komunitas Sahabat Penyu di Dusun Mampie Kabupaten Polewali Mandar (Polman) adalah kumpulan masyarakat yang aktif dalam kegiatan pelestarian penyu dengan mengumpulkan telur penyu, melakukan penetasan, perawatan serta rehabilitas penyu guna menjaga populasi penyu yang semakin berkurang di daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk melestarikan penyu mengingat semakin berkurangnya populasi penyu yang ada di Polman khususnya di Dusun Mampie. Kegiatan yang dilakukan melalui pendekatan ke sejumlah pemuda dan masyarakat lainya yang selama ini aktif menjual telur penyu ke pasaran untuk tidak lagi memperjual-belikan telur tersebut. Kurangnya kesadaran masyarakat akan manajemen konservasi penyu, proses monitoring jumlah dan perkembangbiakan telur penyu yang masih bersifat tradisional serta permasalahan pendanaan yang masih sangat minim merupakan masalah yang dihadapi oleh Komunitas Sahabat Penyu. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini menawarkan solusi terkait peningkatan keterampilan para anggota komunitas dalam hal Teknologi Informasi untuk peningkatan kesadaran masyarakat terkait konservasi penyu. Tujuan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah memberikan pengenalan keterampilan dan pelatihan Teknologi Informasi kepada komunitas Sahabat Penyu tentang pembuatan sistem informasi berbasis website dengan media Wix. Media ini adalah sebuah aplikasi yang telah banyak digunakan untuk membuat website mulai dari blog, online shop, corporate website, serta situs edukasi. Selain itu, pelatihan desain media periklanan sederhana juga diberikan, yaitu pembuatan brosur, pamphlet, poster dan flyer. Dengan keterampilan yang diperoleh dari proses pelatihan Teknologi Informasi yang diberikan oleh tim pengabdian Departemen Teknik Informatika dan Departemen Teknik Elektro Universitas Hasanuddin maka komunitas Sahabat Penyu dapat menciptakan sistem informasi komunitas yang dapat berfungsi sebagai ajang promosi komunitas untuk menjaga eksistensi sehingga otomatis dapat menumbuhkan kesadaran akan pelestarian populasi penyu dan meningkatkan donasi kepeduliaan masyarakat terhadap penyu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarkusuma, D dan Soepeno, B. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress untuk merancang Website sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. Jurnal Akuntasi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, Vol. 2 No. 1.
Nurpandi, F dan Kurniawan, H. (2016). Sistem Informasi Pembudidayaan Ikan di Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum dan Pengembangan Ikan Hias Ciherang –Cianjur. Media Jurnal Informatika, Vol. 8 No. 2.
Sahabat Penyu. (2015). Profil Sahabat Penyu. Komunitas Konservasi Penyu Dusun Mampie. Sulawesi Mandar.
Published
2018-12-28
How to Cite
-, I., Areni, I., Nurtanio, I., Ilham, A., & Yohannes, C. (2018). Peningkatan Kapasitas Keterampilan Teknologi Informasi Bagi Pengelola Komunitas Sahabat Penyu. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(2), 99-104. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i2.20
Section
Improving Quality of Life within Society