Pelatihan Metode Pengukuran Capaian Pembelajaran Kurikulum Prodi Teknik Sipil Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada Anggota BMPTTSSI

  • Muhammad Isran Rarmli Universitas Hasanuddin
  • M A Thaha .
  • M W Tjaronge .
Kata Kunci: OBE, Capaian Pembelajaran, Pelatihan, Pengukuran

Abstrak

Pemanfaatan teknologi dan komunikasi yang sangat pesat tanpa didukung oleh sumber daya manusia menjadi sebuah tantangan pada dunia pendidikan khususnya proses pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu bentuk tantangan pada era sekarang ini adalah proses pendidikan, dunia kerja, dan kebutuhan inovasi. Salah satu bentuk untuk menyelaraskan rancangan kurikulum adalah dengan pendekatan sistem Outcome-Based Education (OBE). Sistem ini adalah bentuk sistem pendidikan yang menitikberatkan pada capaian pembelajaran dengan hasil akhir atau luaran yang terukur. Salah satu bentuk untuk memperkenalkan metode pengukuran capaian pembelajaran berbasis OBE melalui workshop pelatihan. Luaran utama kegiatan ini adalah meningkatnya tingkat pemahaman anggota BMPTTSSI terkait OBE dan memahami target luaran alumni sebagai bentuk penilaian terhadap kinerja prodi. Peserta yang mengikuti pelatihan antusias mengikuti dan menyadari bahwa metode yang selama ini digunakan dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga target luaran yang diberikan kepada mata kuliah yang terkait dapat terukur. Pelatihan ini memberikan manfaat bagi Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin khususnya pengukuran capaian pembelajaran (CP) dan bagaimana implementasinya. Semua peserta mengikuti dengan baik dan berdiskusi memberikan masukan terkait implementasi pelaksanaan pengukuran CP berbasis OBE.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aisjah. (2021). Guide Book – Outcome Based Education. Institut Teknologi Sepuluh November Press.
Azhamani A.A., Khairiyah M Y., and Jamaluddin M Y, (2012). Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Student’s Perspectives. International Conferences on Teaching and Learning in Higher Education (ICTLHE 2012) in conjunction with RCEE & RHED 2012. Procedia Social and Behavioral Sciences 56 (2012) 22 – 30.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Instri 4.0 untuk Mendukung Merdeka belajar – Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Devasis Pradhan, (2021). Effectiveness of Outcome Based Education (OBE) toward Empowering the Students Performance in an Engineering Course. Journal of Advance in Education and Philosophy. Biology & Philosophy 5(2):58-65 Follow journal DOI: 10.36348/jaep.2021.v05i02.003.
Nithiyanathan, (2017). Impelementation and assessment of outcom based education in engineering education. International Journal of Pure and Applied Mathematics. https://www.researchgate.net/publication/322117637
Rohalia Y, Norasmah O, Norlia M N, Noor Lela, and Norasibah. (2017). Implementation of Outcome-Based Education (OBE) In Accounting Programme In Higher Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2017 Col 7 No 6, ISSN 222-6990.
Setyawan P Sakti, (2021). Pembelajaran Kurikulum Berbasis Learning Outcome. Universitas Brawijaya.
Shamsul Mohamad, (2017). An Evaluation of Assessment Tools in Outcome-based Education: A Way Forward. Journal of Education and Vocational Research Vol. 3, No. 11, pp. 336-343, Nov 2012 (ISSN 2221-2590). https://www.researchgate.net/publication/237053270
Wang L, (2017). Designing and Implementation Outcome-Based Learning in a Linguistics Course: a Case Study in Hong Kong. International Conference on Education and Education Psychology 2010. Procedia Social and Behavioral Sciences 12 (2011) 9 – 18.
Tamer El-Maaddawy, (2017). Outcome-Based Assessment and Learning: Trialling Change in a Postgraduate Civil Engineering Course. Journal of University Teaching & Learning Practice Vol. 14 Issue 1
Diterbitkan
2022-06-29
Bagian
Kebersamaan dalam Membangun Masyarakat Tangguh dan Gesit