Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi

  • Intan Sari Areni Universitas Hasanuddin
  • Indrabayu -
  • Wardi -
  • Muh Niswar
  • A. Ais Prayogi
Keywords: Augmented Reality, Pengabdian Masyarakat, Smartphone, Biologi, Rangka Manusia

Abstract

Pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMP Negeri 1 Takalar ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi guru dan siswa terkait metode dan materi pembelajaran interaktif dengan Augmented Reality, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa, khususnya mata pelajaran Biologi. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang melibatkan overlay grafis komputer pada dunia nyata, dimana dunia maya tiga dimensi bisa dibawa ke lingkungan dunia nyata secara real-time.  Augmented Reality merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sebagai media pembelajaran baru, maka diharapkan dapat menambah wawasan bagi para guru dan murid di SMP Negeri 1 Takalar. Selain itu, pengabdian masyarakat ini juga sebagai ajang sosialisasi hasil-hasil penelitian dari dosen dan mahasiswa pada Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dibagi dalam 2 tahap, yaitu tahap sosialisasi metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dengan smartphone dan tahap pelatihan penggunaan aplikasi edukasi sebagai hasil penelitian tim pengusul. Antusiasme dari kepala sekolah, guru dan siswa saat pelaksanaan kegiatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hadi, R. P. (n.d.), (2017). Pengertian Fungsi Tulang Penyusun Kerangka Tubuh Manusia. Diakses di www.softilmu.com/2015/11/Pengertian-Fungsi-Tulang-Penyusun-Kerangka-Tubuh-Manusia-Adalah.html .
Elvrilla, S. (2011). Augmented Reality Panduan Belajar Sholat Berdasarkan Buku Teks Belajar Sholat Menggunakan Android.
Sari, I. M. (2015). Pedoman Mata Pelajaran IPA SMP. Diakses di www.slideshare.net/mobile/IrmaMuthiaraSari/pedoman-mata-pelajaran-ipa-smp .
Pokja Sanitasi Kab. Takalar (Buku Putih Sanitasi Kab. Takalar), (2013). Diakses di www.ppsp.nawasis.info/dokumen/perencanaan/sanitasi/pokja/bp/kab.takalar/buku .
PPLH Puntondo – Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo, (2015). Diakses di www.pplhpuntondo.or.id .
Sunjaya, H. (2015). Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembuatan Brosur Interaktif.
Published
2018-12-28
How to Cite
Areni, I., -, I., -, W., Niswar, M., & Prayogi, A. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. JURNAL TEPAT : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 1(2), 105-110. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i2.27
Section
Improving Quality of Life within Society