Bimbingan Teknis Upaya Pengelolaan Lingkungan Pada Sekolah Dasar Untuk Mencapai Sekolah Adiwiyata

  • Sumarni Hamid
  • rasdiana zakaria universitas hasanuddin
Kata Kunci: program adiwiyata; pendidikan lingkungan; sekolah berwawasan lingkungan; ruang terbuka hijau; pengolahan sampah

Abstrak

Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Salah satu program pembangunan berkelanjutan di bidang lingkungan, adalah pendidikan lingkungan hidup yang dimulai pada tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Tujuan dari program adiwiyata yaitu mewujudkan sekolah yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya, yang meliputi sekolah bersih, sehat, indah serta lingkungan berwawasan global sehingga warga sekolah dapat sadar akan betapa pentingnya lingkungan sekitar. Saat ini sekolah dasar yang meraih sekolah adiwiyata didominasi oleh sekolah dasar negeri. Melihat pentingnya Pendidikan lingkungan mulai dari level sekolah dasar, maka program adiwiyata untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan perlu ditingkatkan. SD Telkom Makassar terletak di Kawasan Pendidikan Telkom bersama TK, SMP dan SMK Telkom. Jumlah pertumbuhan siswa, guru dan staf serta pembangunan sarana dan prasarana Pendidikan yang cukup pesat sehingga perlu dilakukan usaha pengelolaan lingkungan untuk mewujudkan sekolah bersih, sehat, indah serta lingkungan berwawasan global.  Hasil pengabdian ini pada nantinya akan menghasilkan materi implementasi upaya pengelolaan lingkungan terkait pengolahan sampah, pengolahan air bersih, perencanaan ruang terbuka hijau dan perencanaan biopori sehingga akan tercipta sekolah yang berwawasan lingkungan. dikemas secara menarik akan memapar orang yang menyimak sehingga mengalami peningkatan pengetahuan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdul Q.M., dkk. (2022). Pendidikan Sebagai Solusi Peningkatan Kualitas Ruang Terbuka Hijau Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, pp. 11-23.
Cahya D., Siti F., Yani S.A. (2022). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan Di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Journal Of Geoghraohy Education Universitas Siliwangi Vol. 3 No.1.
Catra R.P. (2019). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Berbasis Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol.3 No.3, pp.1-8.
Cri W.B.Y., Hari I.,, dan Tigin D. (2017). Pengelolaan Lingkungan Sekolah Menuju Sekolah Adiwiyata Di SMPN 4 Makassar. Jurnal Dinamika Pengabdian Vol. 3 No. 1, pp. 13-22.
Kementerian Lingkungan Hidup - Republik Indonesia.2017. Informasi Mengenai Adiwiyata. Sumber online http://www.menlh.go.id/informasimengenai-adiwiyata/. Tanggal akses 26 Februari 2022.
Pradista Aprilya Winingsih, dkk (2020). Efektivitas Poster sebagai Media Sosialisasi Program Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) Tentang Beragam, Bergizi, Seimbang, Aman (B2SA) Di TK Kartika Bojonegoro. Jurnal Tata Boga Vol. 9 No. 2, pp 887-894.
Rica N.K.S dan Jojok M. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Peningkatan Partisipasi Pembelajaran Lingkungan Hidup Di SMP Negeri 12 Surabaya. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Vol.21 No.1, pp.30-41.
Tri N.W,, dkk. (2020). Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 2 No. 1. pp. 14-18
Wahyuni P. (2020). Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Vol. 9 No. 2. pp. 110-116.
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Technology Awareness for Tackling Community Issues