Pengembangan UMKM dengan Perbaikan Bisnis Model Yang Responsif Pada Usaha Air Minum Dalam Kemasan

  • Syarifuddin Mabe Parenreng Hasanuddin University

Abstract

PT. XYZ adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi air minum dalam kemasan dan masuk dalam kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi yang dilakukan terhadap PT. XYZ, perusahaan belum menggunakan model bisnis baku sehingga perusahaan masih berjalan secara alami tanpa intervensi. Padahal model bisnis memiliki tujuan untuk membantu perusahaan atau UMKM dalam melakukan perencanaan bisnis, menetapkan dan memvalidasi poin-poin penting dari lini bisnis, seperti aktivitas utama, sumber daya, hubungan dengan customer, pendapatan, dan pengeluaran. Solusi dalam permasalahan ini adalah dengan melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk penyuluhan/sosialisasi mengenai pentingnya pengembangan UMKM dengan melakukan perbaikan bisnis model. Proses pelaksanan program pengabdian dilakukan dengan memberikan pretest dan post testyang bertujuan untuk mengetahui pemahaman pengelola usaha tentang pengembangan bisnis model UMKM. Pengelola usaha diberi pelatihan terkait bagaimana menyusun bisnis model sederhana dan mendiskusikan hasilnya yang diharapkan menjadi proyeksi usahanya ditahun berikutnya. Berdasarkan hasil pretest dan post test-nya diperoleh data bahwa pemahaman terdapat pentingnya bisnis model dalam menjalankan usaha UMKM menjadi salah satu modal yang dapat berkontribusi pada pengembangan usaha, menemukan strategi-strategi baru serta bertahan dalam kondisi usaha sulit. Mitra akhirnya mampu meningkatkan stategi pengembangan usaha dengan pendekatan bisnis model, memikirkan usaha-usaha baru yang menguntungkan dan tetap bertahan dalam ketatnya persaingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, 223-233.
Hanik, U., & Mas'ud, M. I. (2019). Perencanaan Inovasi Pengembangan Agrowisata Bukit Flora dengan Pendekatan Metode Bisnis Model Canvas. Journal Knowledge Industrial Engineering, 91-100.
Luttgens, & Diener. (2018). Business Model Patterns Used As A Tool For Creating (New) Innovative Business Models. Journal of Business Models,, 19-36.
Osterwalder, & Pigneur. (2018). Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Parenreng, SM., Mudiastuti, RD., Bahri, Syamsul (2022). Dynamic Business Model (DBM), Problem, Mindset, Thinking, Action. (Draft dalam Proses Publikasi)
Prasetyo, B. B., Baga, L. M., & Yulianti, L. N. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Rhythm Of Empowerment dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, Vol 4 No 2 Hal 296-307.
Siboro, S. M., & Gantini, T. (2022). Rekayasa Ulang Proses bisnis Sistem Akademik di Universitas X. Jurnal Strategi, 11-21.
Sumarni, E. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Journal Management, Business, and Accounting, Vol 19 No 3 320-330.
Varianto, V. (2017). Model Bisnis Colleges Need Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas. Manajemen dan Star-Up Bisnis, Vol 3 No 2 Hal 1-8.
Wijaya, M. (2018). Manajemen Dan Kerangka Kerja Implementasi Rekayasa Proses Bisnis. Media Informatika, Vol.17 No.3 125-135.
Yulia, M., & Priyadi, Y. (2019). Pengembangan Model E-Commerce Melalui Rekayasa Proses Bisnis Untuk Penggunaan Modul Voucher Pada Website Rubylicious. Sosiohumanitas, 116-125.
Published
2023-06-30
How to Cite
Parenreng, S. (2023). Pengembangan UMKM dengan Perbaikan Bisnis Model Yang Responsif Pada Usaha Air Minum Dalam Kemasan. JURNAL TEPAT : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 6(1), 183-200. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v6i1.364
Section
Technology Awareness for Tackling Community Issues