Bimbingan Teknis Transformasi Media Promosi pada UD. Rizky Amalia Berbasis Digital Marketing

  • Andi Dian Sry Rezki Natsir Politeknik ATI Makassar
  • Fitri Junianti
  • Rianti Indah Lestari
  • Riskawati .
Kata Kunci: AI, Digital Marketing, Promosi, Transformasi, UMKM

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu unsur utama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi tugas bagi seorang dosen khususnya di Politeknik ATI Makassar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini telah dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Agustus 2023 dan bertempat di UD. Rizky Amalia Kabupaten Enrekang. Kegiatan yang melibatkan pemilik, karyawan UD. Rizky Amalia dan beberapa pemilik usaha di Desa  Buntu Sarong ini dapat berjalan dengan baik dan memenuhi tujuan pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis pembuatan media promosi dengan menggunakan aplikasi Artificial Intelligent (AI). Metode pengukuran keberhasilan kegiatan dilakukan dengan pengukuran pengetahuan peserta menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Rata-rata nilai hasil pre-test (5.50) sebelum diberikannya materi dan pelatihan. Hal ini lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata post-test (17.50). Peningkatan nilai rata-rata untuk kedua kelompok nilai responden ini menunjukkan dugaan awal bahwa responden mendapatkan peningkatan pengetahuan dari kegiatan ini. Hal ini juga didukung dengan hasil uji t berpasangan (Paired t-Test) dimana hipotesis bahwa ada perbedaan rata-rata dari data pre-test dengan data post-test yang menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian materi dan pelatihan pada peningkatan pemahaman responden. Hal tersebut dibuktikan dari nilai signifikan kurang dari 0.05 (0.00).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Febriyantoro, T.M., Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2).
Jasri., Arfan, N., Hasanuddin., Hasan, A.H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2): 212-224
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Siaran Pers. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia. Diakses pada 09 Juni 2023.
Nuryadi dkk., 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media, Yogyakarta.
Sicular, 1989, Food price policy in Asia: A comparative study, Cornell University Press.
Putri, Budi RT. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.
Rahmawati. 2016. Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Saputra, Didin Hadi dkk. 2020. Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.
Wati, Andy Prasetyo., Martha, Jefry Aulia., dan Indrawati, Aniek. 2020. Digital Marketing. Malang: Edulitera.
Diterbitkan
2024-06-28
Bagian
Community Development