Implementasi Perencanaan Ruang Bermain Anak yang Kreatif dan Edukatif di Kelurahan Cambaya Kota Makassar

  • Imriyanti -
  • Rahmi Amin Ishak
  • Ria Wikantari
  • Nurmaida Amri
Keywords: Ruang, Aktivitas, Bermain, Permukiman, Kreatif, Edukatif

Abstract

Sebagai kota besar di Kawasan Timur Indonesia, Makassar memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Salah satu permukiman padat yang terletak di pesisir pantai Kota Makassar adalah permukiman di Kelurahan Cambaya. Permasalahan yang terjadi di kawasan permukiman ini adalah tidak tersedianya ruang terbuka atau tempat bermain yang sesuai untuk anak-anak. Kondisi lingkungan yang padat telah mendorong anak-anak untuk memanfaatkan berbagai lingkungan alami dan buatan di sekitar tempat tinggalnya sebagai playground mereka. Tentunya ruang bermain tersebut tidak akan tercipta tanpa tingginya daya kreativitas dan daya imajinatif anak-anak. Dengan bermain anak-anak dan orang tua/keluarga dapat mengekspresikan jenis permainan yang dimilikinya, serta dapat menikmati suasana kebersamaan yang rekreatif. Dengan bermain anak-anak juga dapat berkreasi danĀ  mengeksplor berbagai media permainan, serta mengaktifkan dan menstimulasi psikomotorik anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu menangani masalah akan kebutuhan masyarakat terhadap ruang terbuka hijau yang sekaligus juga difungsikan sebagai ruang bermain anak di Kelurahan Cambaya. Kegiatan ini juga sekaligus memberikan arahan pendekatan pemberdayaan masyarakat berdasarkan pola hidup masyarakat setempat, sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan kawasan permukiman di masa sekarang dan akan datang yang dapat menunjang aktivitas anak-anak dalam bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. (2017). Makassar dalam Angka. Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar.
Direktorat Tata Kota dan Tata Daerah bekerja sama dengan Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan (2004). Pedoman Perencanaan Lingkungan Permukiman Kota, SNI 03-1733-2004.
Frick, Heinz. (1988). Arsitektur Lingkungan. Bandung: Ikapi.
Groat, Linda & Wang, David. (2002). Architectural Research Methods. New York: John Wiley & Sons.
Haryadi & Setiawan, Bakti. (1994). Arsitektur Lingkungan dan Perilaku. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen Pendidikan Republik Indonesia.
Published
2018-12-28
How to Cite
-, I., Ishak, R., Wikantari, R., & Amri, N. (2018). Implementasi Perencanaan Ruang Bermain Anak yang Kreatif dan Edukatif di Kelurahan Cambaya Kota Makassar. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(2), 169-178. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i2.47
Section
Improving Quality of Life within Society