Socialization of Buginese Language E-learning Application with Lontara Script Translation Feature at SMPN 2 Pangkajene

  • Ingrid Nurtanio Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Christoforus Yohannes Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Anugrayani Bustamin Fakultas Teknik Unhas
  • Novy Nur R A Mokobombang Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Intan Sari Areni Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Zulkifli Tahir Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Adnan Adnan Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Tyanita Puti Marindah Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Ady Wahyudi Paundu Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Arliyanti Nurdin Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Kamtina Musyfirah Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Nur Hikmah Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Mahdaniar Mahdaniar Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
Kata Kunci: E-learning, Pelestarian Bahasa Bugis, Aksara Lontara, Motivasi Belajar, System Usability Scale (SUS)

Abstrak

Pelestarian bahasa daerah, khususnya Bahasa Bugis dengan aksara Lontara, menjadi tantangan penting di era digital. Pada kegiatan sekolah, penguasaan dan pembelajaran bahasa daerah ini dikaitkan dengan satu mata pelajaran yaitu muatan lokal. Namun, permasalahan utama yang sering ditemui yaitu pengguanaan bahasa daerah yang makin minim sosialisasi sehingga mengurangi minat dan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa lokal ini khususnya pada SMP Negeri 2 Pangkajene Kelas VII. Pengabdian ini bertujuan sebagai ajang sosialisasi hasil riset di Departemen Teknik Informatika dan Teknik Elektro Universitas Hasanuddin berupa aplikasi E-learning  yang memfasilitasi pembelajaran Bahasa Bugis aksara Lontara secara interaktif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengetahuan dan teknologi dalam bentuk tools E-learning  berbasis aplikasi mobile sebagai perangkat belajar di sekolah maupun di rumah. Proses pengenalan aplikasi ini melibatkan analisis kuantitatif dalam bentuk survey awal (pre-test) yang meliputi pengalaman pengguna (dalam hal ini siswa) ketika belajar Bahasa Bugis dan kemudian diakhiri dengan survey akhir (post-test) dan pengujian System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui pengalaman siswa ketika menggunakan aplikasi bahasa bugis ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya pembentukan motivasi belajar bahasa bugis setelah peserta mengenal aplikasi E-learning ini dengan peningkatan sebesar 52% dari 32% kurang termotivasi menjadi 84% sangat termotivasi. Selain itu, aplikasi E-learning bahasa bugis ini juga mencapai level acceptable berdasarkan SUS dengan nilai sebesar 74.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Areni, I.S., Indrabayu, Muslimin, Z., Palantei, E., Prayogi, A., & Bustamin, A. (2019). Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bontobonto Kabupaten Pangkep. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 177-183.
Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.
Diskominfo. (2024). Selayang Pandang Kabupaten Pangkep. Diakses pada tanggal 1 Mei 2024 pada url https://pangkepkab.go.id/selayang-pandang.
Indrabayu., Warni, E., Nurtanio, I., Yohannes, C., Alimuddin, A., Bustamin, A., Areni, I., Muslimin, Z., Yusuf, M., Mokobombang, N., Nurdin, W., & Anisah, S. (2023). Penerapan Game untuk Belajar Matematika Menyenangkan di Panti Asuhan Al-Khaerat Makassar. JURNAL TEPAT : Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 6(2), 328-335. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v6i2.414.
Lestari. B., Rifiani. I., dan Gati. A.B. (2021). The Use of the Usability Scale System as an Evaluation of the Kampung Heritage Kajoetangan Guide Ebook Application. European Journal of Business and Management Research, 6(6), 156-161. DOI: http://dx.doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.6.1113
Maulana, R., Yuliatin, Basariah, & Al qadri, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Ppkn Berbasis E-learning di Man 2 Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 2656-5862. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5230/
Wulandari, A. P., Salsabila, A.A., Cahyani, K., Nurazizah. T. S., and Ulfiah. Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Sarmila, Satriadi, & Nurabdiansyah. (2022). Efforts to Preserve the Lontara Bugis Script Through the Design of Educational Media for First Grade Elementary School Students. PARATIWI: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 1, 63–71.
Suharto, A. F. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Lontara Bugis Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D.
Zuriah, Nurul., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal DEDIKASI. ISSN 1693-3214. pp. 39 – 49.
Diterbitkan
2024-12-21
Bagian
Strong Collaboration for Community Strength