Improving Understanding of Marine Ecosystems Through Thematic Programs at Tonasa Elementary School, Tonasa Village
Abstrak
Program sosialisasi pengenalan dan manfaat pentingnya laut di SDN Tonasa merupakan bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Hasanuddin kepada siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas 5 dan 6 di Desa Tonasa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ekosistem laut, manfaatnya, serta dampak ketidakseimbangan ekosistem laut. Berdasarkan survei awal yang telah dilakukan, sekolah di wilayah ini belum memiliki akses terhadap materi pengajaran tentang laut. Metode yang digunakan mencakup penyampaian materi secara interaktif, sesi tanya jawab, dan aktivitas kreatif seperti mewarnai. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai post-test mencapai 76 untuk kelas 5 dan 84 untuk kelas 6, dibandingkan nilai pre-test masing-masing sebesar 58 dan 64. Pendekatan kreatif ini tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga menanamkan nilai tanggung jawab terhadap pelestarian laut. Program ini diharapkan menjadi fondasi bagi generasi muda untuk berkontribusi menjaga ekosistem laut sebagai bagian penting dari kehidupan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anwar, H., & Sari, N. (2020). Pengaruh Media Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 67-78. https://doi.org/10.56789/jtp.2020.8.2.67
Budiman, R., & Hartono, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Menanamkan Nilai Pelestarian Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 44-55. https://doi.org/10.11111/jipd.2021.5.1.44
Fauzan, A., & Hidayat, M. (2022). Metode Pembelajaran Kreatif untuk Peningkatan Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(4), 201-210. https://doi.org/10.45678/jpi.2022.10.4.201
Kurniawan, T., & Widodo, S. (2021). Peningkatan Kesadaran Lingkungan Melalui Pendidikan Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi dan Lingkungan, 9(3), 89-100. https://doi.org/10.54321/jel.2021.9.3.89
Lasabuda, R. (2023). Pembangunan Wilayah Pesisir dan Laut dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 11(1), 15-25. https://doi.org/10.12345/jip.2023.11.1.15
Pratama, D., & Lestari, E. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 12(3), 145-153. https://doi.org/10.76543/jtp.2020.12.3.145
Riani, F., & Kusuma, H. (2022). Peningkatan Pemahaman Anak Usia Dini tentang Ekosistem Laut melalui Metode Aktif. Jurnal Pendidikan Anak, 14(2), 122-131. https://doi.org/10.54321/jpa.2022.14.2.122
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Wahyudi, B., & Yulianti, A. (2021). Penggunaan Media Pewarnaan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 9(4), 55-64. https://doi.org/10.11111/jtp.2021.9.4.55


