Bimbingan Aplikasi Sistem Hibrid Genset dan Photovoltaic pada Masyarakat Nelayan di Suppa Kabupaten Pinrang

  • Faisal Mahmuddin Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas, Universitas Hasanuddin
  • Syerly Klara
  • Hamzah -
  • Samsuddin Amin
  • Irwan Setiawan
  • Arwin Amiruddin
  • Mansyur Hasbullah

Abstract

Desa Marabombang, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang merupakan sebuah desa yang berbatasan dengan selat Makassar. Karena lokasi geographis yang berbatasan dengan laut ini, maka sebagian penduduk Desa Marabombang berprofesi sebagai nelayan. Berbagai macam alat tangkap digunakan oleh masyarakat desa untuk mendapatkan ikan baik dengan menggunakan kapal maupun dengan bagan. Namun demikian, nelayan Desa Marabombang menghadapi kendala utama dalam melakukan aktivitasnya yakni semakin tingginya biaya bahan bakar atau energi. Untuk itu, pada program pengabdian yang akan dilakukan ini, masyarakat akan diperkenalkan dan dilatih untuk dapat memanfaatkan sistem hibrid genset dan energi matahari atau sistem photovoltaic. Kegiatan ini akan berlangsung selama sekitar 6 bulan mulai dari persiapan sampai penyusunan laporan dan publikasi. Kegiatan utama yang dilakukan pada program pengabdian ini adalah pelatihan dan penjelasan tentang komponen, cara pemakaian dan perawatan, serta hal lain yang berhubungan dengan sistem hibrid genset dan photovoltaic. Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, maka kegiatan penjelasan ini akan diikuti dengan praktek langsung penggunaan sistem di bagan yang sudah ada. Dengan kegiatan pengabdian ini, maka diharapkan pemahaman masyarakat tentang penggunaan sistem hibrid genset dan photovoltaic dapat meningkat sehingga masyarakat dapat menggunakan sistem tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan terutama oleh nelayan bagan ikan di tempat pelaksanaan kegiatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardidja, S. (2007), Kapal Penangkap Ikan, Sekolah Tinggi Perikanan. Teknologi Penangkap Ikan.
Haris, A. (2010). Profil Kelurahan Pallameang, diakses online, URL: http://putramoutong.blogspot.co.id/2010/09/profil-kelurahan-pallameang.html
Jahid, J. (2012). Studi Pengembangan Kecamatan Mattirosompe Sebagai Kawasan Minapolitan Kabupaten Pinrang, Jurnal Plano Madani, Vol. 4, No. 1, pp. 40-49.
Santosa, A.W.B., Mulyatno, I.P. (2014). Pemanfaatan Tenaga Angin dan Surya sebagai Alat Pembangkit Listrik pada Bagan Perahu, KAPAL, Vol. 11, No. 3.
Syah, R.N., Hardianto, T., Setiawan, A. (2014). Studi Kelayakan Atap Sel Surya sebagai Sumber Energi Listrik di Stasiun Kereta Api Jember, Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.
Susaniati, W., Nelwan, A.F.P., Kurnia, M., (2013). Produktivitas Daerah Penangkapan Ikan Bagan Tancap yang Berbeda Jarak dari Pantai Perairan Kabupaten Jeneponto, Jurnal Akuatika, Vol. 4, No. 1, pp. 68-79.
Utomo, T. (2009). Kajian Kelayakan Sistem Photovoltaic sebagai Pembangkit Daya Listrik Skala Rumah Tangga, Jurnal EECCIS, Vol. 3, No. 1.
Published
2019-12-29
How to Cite
Mahmuddin, F., Klara, S., -, H., Amin, S., Setiawan, I., Amiruddin, A., & Hasbullah, M. (2019). Bimbingan Aplikasi Sistem Hibrid Genset dan Photovoltaic pada Masyarakat Nelayan di Suppa Kabupaten Pinrang. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 2(2), 7-16. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v2i2.71
Section
Technology Applications for Better Society