Sosialisasi Aplikasi Teknologi Building Information Modelling (BIM) pada Sektor Konstruksi Indonesia

  • Fakhruddin - Universitas Hasanuddin
  • Herman Parung Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Wihardi Tjaronge Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Rudy Djamaluddin Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Rita Irmawaty Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Andi Arwin Amiruddin Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Abdul Rahman Djamaluddin Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Tri Harianto Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Achmad Bakri Muhiddin Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Ardi Arsyad Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Sitti Hijraini Nur Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

Abstract

Building Information Modelling (BIM) adalah sebuah pendekatan untuk desain bangunan, konstruksi, dan manajemen. Software Tekla merupakan revolusi baru dalam bidang rekayasa struktur yang memiliki beberapa keunggulan dibanding program aplikasi lainnya. Tekla Structures merupakan perangkat lunak Building Information Modelling (BIM) yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola data secara akurat dan rinci, serta dapat membuat model struktur 3D tanpa melupakan material dan struktur yang kompleks. Penggunaan BIM di Indonesia masih hanya sebatas menjawab persoalan bagaimana mengefisiensikan kebutuhan tenaga kerja, waktu dan uang. Jika kita berkaca pada bagaimana pengaplikasian metode BIM di negara lain, potensi yang dicapai dari pengaplikasian metode BIM di Indonesia masih jauh dari kata maksimal. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana mengenalkan teknologi aplikasi BIM ini dan mendorong penerapan BIM ini ke seluruh pihak stakeholder sektor konstruksi yang terkait. Maka dari itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengenalan tentang Building Information Modelling dan memberikan keterampilan dasar dalam penggunaan aplikasi teknologi BIM dengan software Tekla Structures. Kegiatan ini dilaksanakan di Departemen Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin yang dihadiri oleh 35 peserta yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi. Tahapan kegiatan pengabdian meliputi kegiatan sosialiasi ke stakeholder melalui mitra Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan (LPJKP Sul-Sel), pengumpulan data berupa shop drawing, pembuatan modul, pemodelan dan laporan berupa quantity dan gambar kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BIM Handbook: A Guide to Building Information Modelling For Owners, Managers, Designers, Engineers, and Contractors. Kanada: John Wiley & Sons.
Eastman Et Al. (2008). Concept Of BIM. Di dalam skripsi : Janni Tjell (Ed). Building Information Modelling (BIM) In Design Detailing With Focus On Interior Wall Systems, 2010. Denmark: 1-2.
Trimble. (2018). Tecla Structures Fundamental Courses.
Published
2019-12-29
How to Cite
-, F., Parung, H., Tjaronge, M., Djamaluddin, R., Irmawaty, R., Amiruddin, A., Djamaluddin, A., Harianto, T., Muhiddin, A., Arsyad, A., & Nur, S. (2019). Sosialisasi Aplikasi Teknologi Building Information Modelling (BIM) pada Sektor Konstruksi Indonesia. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 2(2), 112-119. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v2i2.82
Section
Technology Applications for Better Society