Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru

  • Rahimuddin Samad Universitas hasanuddin
  • Syarifuddin Syarif
  • Rafiuddin Syam
  • Arzaq -
  • Agung Setiawan
  • Syahrul AlQadri

Abstract

Daya kreatif dan inovasi pelajar dapat tercipta melalui proses belajar berterusan dan interaksi lingkungan yang baik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan otomasi kepada guru-guru dan siswa-siswi untuk pengembangan kreatifitas bidang pengetahun komputasi dan otomasi robot. Materi pelatihan terdiri atas 60% praktek dan 40% teori, menggunakan modul robot dua roda, mikrokontroller, dan aplikasi Arduino. Peserta pelatihan dibagi dalam empat kelompok didampingi oleh masing-masing satu orang mahasiswa tim pengabdian sebagai mentor dalam setiap kelompok. Pelatihan dilakukan di SMA 5 Barru sehari penuh dengan peserta dua puluh orang siswa-siswi terpilih dan dua orang guru pendamping. Hasil kegiatan pelatihan dievaluasi secara random menunjukkan siswa dan guru penamping mampu memahami teknologi komputasi dan otomasi dasar menggunakan media robot penggerak dua roda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Michael M Beginning Arduino
[2] Rahimuddin, Hasnawiyah, Rivai H, Iskandar Y and Piere Hermanses C. (2018). Design of Omni Directional Remotely Operated Vehicle ( ROV )
[3] John-David Warren, Josh Adams H M. (2009). Arduino Robotics
[4] Rahimuddin. (2014). Mikrokontroller Arduino - Modul Teori dan Praktek pp.76
[5] Oxer J, Blemings H and Oxer J. (2009). Practical Arduino : cool projects for open source hardware
[6] Ayob A, Majid R A, Hussain A and Mustaffa M M. (2012). Creativity Enhancement Through Experiential Learning Adv. Nat. Appl. Sci. 6 94–9
Published
2019-12-29
How to Cite
Samad, R., Syarif, S., Syam, R., -, A., Setiawan, A., & AlQadri, S. (2019). Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 2(2), 120-128. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v2i2.85
Section
Technology Applications for Better Society