Sosialisasi Aplikasi Program Visum dalam Estimasi Kebutuhan Perjalanan bagi Pemangku Kepentingan Perencanaan Transportasi di Kota Makassar
Sosialisasi Aplikasi Program Visum dalam Estimasi Kebutuhan Perjalanan bagi Pemangku Kepentingan Perencanaan Transportasi di Kota Makassar
Abstract
Pola pergerakan dalam sistem transportasi sering dijelaskan dalam bentuk arus pergerakan (kendaraan, penumpang, dan barang) yang bergerak dari zona asal ke zona tujuan di dalam daerah tertentu dan selama periode waktu tertentu. Permintaan akan kebutuhan perjalanan ini sangat penting untuk keperluan perencanaan baik sarana dan prasarana khususnya transportasi. Angkutan umum menjadi salah satu moda transportasi untuk memenuhi kebutuhan perjalanan penumpang. Sebaran pergerakan perjalanan angkutan umum menjadi sangat penting untuk melihat distribusi pembebanan angkutan umum pada seluruh trayek yang ada. Distribusi pergerakan ini dapat dibuat dalam simulasi program Visumm yang memuat informasi bangkitan dan tarikan dari penumpang. Sosialisasi bagi pemangku kepentingan terkait dapat menjadi sangat bermanfaat dalam merancang dan merencanakan tatanan transportasi lokal. Kegiatan sosialisasi dengan pelatihan secara langsung ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara visual dan menghasilkan proyeksi pola perjalanan penumpang dan kendaraan berdasarkan matriks asal dan tujuan dengan waktu yang lebih efisien. Sosialisasi aplikasi program visum ini juga diharapkan dapat memberikan pendekatan alternatif terkait model makroskopik dalam mengembangkan rencana jaringan jalan transportasi khususnya bagi pemangku kepentingan perencana transportasi di Kota Makassar.
Downloads
References
Ali, N. and Ramli, I. (2007). Optimization of Public Transport (Mini Bus) in Makassar with Break Event Point. Simposium X FSTPT, Tarumanegara University. Jakarta.
Willumsen, O. Z. and Tamin. (2010). Transport Demand Model Estimation from Traffic Counts. Transportation 16: 3-26, 1989. Kluwer Academic Publishers. Netherlands.
Tamin, O. Z. and Willumsen, L. G. (2008). Transport Demand Model Estimation From Traffic Counts. Transportation 16: 3 – 26. Kluwer Academic Publishers. Netherland.
Ali, N. dan Ramli, M. I. (2006). Studi Model Hubungan Volume-Kecepatan-Kepadatan Jalan Perkotaan Tipe 2 Lajur dan 4 Lajur Tak Terbagi. Jurnal Transportasi 2006.
Abdel-Al, M. M. M. (2014). Calibrating a Trip Distribution Gravity Model Stratified by the Trip Purposes for the City of Alexandria. Alexandria Engineering Journal (2014) 53, 677-689.
Nur, N. K., Samang, L., dan Ramli, M. I. (2016). Studi Preferensi Transformasi Moda Angkutan Umum Berdasarkan Karaktersitik Perjalanan dan Perilaku Pengguna. Publikasi Ilmiah S3 Teknik Sipil Unhas, April 2016.
Hustim, M., Zakaria, R., Ramli, M. I., and Zulfiani. (2018). The Effect of Speed Factors and Horn Sound to the RLS 90 Model Reliability on the Visum Program in Predicting Noise of Heterogeneous Traffic. International Journal of Integrated Engineering (Volume 10, Special Issue No. 2: Civil & Environmental Engineering, 2018, Pages 77 to 81).