post-image

KULIAH UMUM OLEH DEPARTEMEN TEKNIK GEOLOGI “EKSPROLASI NIKEL LATERIT DI PT. VALE INDONESIA”

Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin saat ini tengah menjalin kerja sama dengan PT. Vale Indonesia dalam rangka memperkenalkan bagaimana proses eksplorasi nikel laterit hingga menjadi nikel matte yang dilakukan di PT. Vale Indonesia sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Departemen Teknik Geologi terhadap mahasiswa Teknik Geologi yang akan melakukan magang maupun tugas akhir di PT. Vale Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 22 September 2023 bertempat di Aula Departemen Teknik Geologi dan diihadiri oleh mahasiswa dan beberapa alumni Teknik Geologi. Dengan mengusung tema “Eksplorasi Nikel Laterit oleh PT. Vale Indonesia” yang dibawakan langsung oleh:

1. Aliahni Djafar, S.T (Manager Project Exploration)

2. Moh. Erwin Syam Noor S.T (Manager/Snr. Geologist Short Term Model)

Diawali dengan membahas seputar Sejarah PT. Vale Indonesia kemudian proses terbentuknya nikel laterit itu sendiri, hingga cara mengkesplorasi dan mengolah hasil tambangnya menjadi nikel matte. Adanya diskusi yang berlangsung oleh partisipan dan pemateri terkait materi yang dijelaskan membuat suasana kuliah umum pada saat itu cukup kondusif.

Tak hanya membahas terkait Nikel Laterit, namun pemateri juga memberikan gambaran dunia kerja khususnya di pertambangan, dan membagikan tips-tips mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapkan ketika akan memasuki dunia kerja yang sangat disambut antusias oleh partisipan yang hadir. Partisipan yang aktif ketika berlangsungnya kuliah umum juga turut diberikan buah tangan oleh pemateri.

Pemberian sertifikat kepada masing-masing pemateri serta melakukan sesi foto Bersama merupakan akhir dari kegiatan Kuliah Umum yang dilaksanakan di gedung aula Departemen Teknik Geologi