Program Studi Teknik Informatika dibuka pada tahun 2008 sebagai salah satu program studi dibawah Jurusan Teknik Elektro Unhas. Sejak pertama kali menerima mahasiswa baru, PS Teknik Informatika Unhas telah menjadi salah satu program studi dengan jumlah peminat tertinggi di Unhas yaitu lebih dari 3000 peminat setiap tahun untuk memperebutkan 60 kursi yang disediakan. Dalam rangka pengembangan organisasi, mulai tanggal 2 agustus 2017 PS Teknik Informatika Unhas telah berubah menjadi Departemen Teknik Informatika berdasarkan SK Rektor 21491/UN4.1/KL.06/2017 tentang Pembentukan Departemen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Sejalan dengan kebijakan Rektor Universitas Hasanuddin untuk membuka program studi pascasarjana/profesi, pengembangan lebih lanjut yang akan dilaksanakan adalah pembukaaan PS S2 Teknik Informatika Unhas.

Usulan pembukaan Program Studi S2 Teknik Informatika Unhas (PS2TIF) didasarkan atas pertimbangan sebagai berikut:

  1. Perubahan status Program Studi Teknik Informatika yang sebelumnya sebagai program studi dibawah Jurusan Teknik Elektro menjadi Departemen Teknik Informatika.
  2. Konsentrasi Teknik Informatika bersama dengan konsentrasi Teknik Telekomunikasi, Teknik Energi, Teknik Kendali dan Komputer sudah ada di PS S2 Teknik Elektro sejak tahun 2004 ketika pertama kali PS S2 Teknik Elektro dibuka. Dengan daya tampung yang telah ditetapkan, PS S2 Teknik Elektro hanya dapat menerima peminat konsentrasi Teknik Informatika dalam jumlah terbatas. Pengembangan konsentrasi Teknik Informatika menjadi program studi S2 akan memberikan dampak positif bagi kedua PS. Dengan jumlah peminat yang besar setiap tahun, PS baru S2 Teknik Informatika dapat menerima jumlah mahasiswa yang lebih besar dibandingkan ketika masih menjadi konsentrasi di PS S2 Teknik Elektro. Demikian pula bagi PS S2 Teknik Elektro, dapat menerima jumlah mahasiswa yang lebih besar pada konsentrasi Teknik Telekomunikasi, Teknik Energi, Teknik Kendali dan Komputer yang selama ini kalah bersaing dengan peminat konsentrasi Teknik Informatika.
  3. Perkembangan bidang kajian Teknik Informatika tidak lagi terbatas dan terkait dengan bidang Teknik Elektro saja tetapi telah membentuk bidang kajian tersendiri seperti Computing Everywhere, The Internet of Things, 3D Printing, Advanced, Pervasive and Invisible Analytics, Contex-Rich Systems, Smart Machines, Cloud/Client Computing, Software-Defined Applications and Infrastructure, Web-Scale IT dan Risk- Based Security and Self-Protection. Pembukaan PS S2 Teknik Informatika, salah satu tujuannya adalah untuk mengikuti perkembangan keilmuan ini sehingga dapat dihasilkan lulusan S2 yang memiliki kompetensi yang tinggi di bidang Teknik Informatika. Universitas Gadjah Mada, pada tahun 2016 telah membuka PS S2 Teknologi Informasi yang sebelumnya merupakan konsentrasi di bawah PS S2 Teknik Elektro dan Teknologi Informasi.
  4. Potensi keberlanjutan dan pengembangan PS S2 Teknik Informatika ke depan sangat besar didasarkan pada jumlah peminat konsentrasi S2 Teknik Informatika di Departemen Teknik Elektro dan juga jumlah peminat pada PS S1 Teknik Informatika Unhas.
  5. Keunggulan SDM dosen dengan latar belakang pendidikan S3 di luar dan di dalam negeri serta pengalaman penelitian dan publikasi pada jurnal internasional dan konferensi internasional.
  6. Keunggulan sumber daya sarana dan prasarana yaitu kampus baru Fakultas Teknik UNHAS, termasuk di dalamnya Departemen Teknik Informatika, memiliki fasilitas laboratorium, ruangan kuliah, ruangan seminar dan ruangan-ruangan lainnya yang berstandar internasional dan didesain khusus untuk pembelajaran berbasis riset.
  7. Keunggulan letak geografis PS S2 Teknik Informatika di Makassar yang sangat strategis di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan menjadi satu-satunya PS S2 Teknik Informatika di KTI.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka pada saat ini dipandang sudah sangat layak untuk membuka dan mengelola Program Studi S2 Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (PS2TIF), yang diyakini akan memberikan kemanfaatan terhadap perkembangan bangsa melalui proses pendidikan dan pembelajaran yang bermartabat yang akan menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas, hasil-hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan bermanfaat bagi keberlanjutan global.