UNIVERSITAS HASANUDDIN

Department of Mining Engineering

Tiga Proposal PKM Mahasiswa Teknik Pertambangan Unhas Lolos Pendanaan Kemendikbudristek 2021
no image

Departemen Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menorehkan prestasi.

Tiga proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pertambangan Unhas lolos didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek (Kemendikbudristek) tahun 2021.

Ini merupakan tradisi dan prestasi yang telah berlangsung dari tahun ke tahun bagi mahasiswa Teknik Pertambangan Unhas. Lolosnya tiga proposal itu berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 1949/E2/KM.05.01/2021 tentang Pendanaan PKM Tahun 2021.

Tiga proposal yang lolos dari Teknik Pertambangan Unhas yaitu Ekstraksi emas dan perak dari bijih oksida dengan menggunakan Tiourea, diketuai oleh Nanda Pratiwi Rapele, mahasiswa angkatan 2017, dibimbing oleh Sufriadin.

Handsanitaizer produk inovativ dari pemanfaatan limbah tambang, dikeuai oleh Muhammad Jabal Nur, mahasiswa angkatan 2018, dibimbing oleh Dr. Eng. Purwanto.

Serta Model predictive maintenance dengan Artificial Intelligence untuk meningkatkan produktivitas peralatan tambang, diketuai oleh Muhammad Sandi Arista Ikhsan, mahasiswa angkatan 2018, dibimbing oleh Aryanti Virtanti Anas.

Ketua Departemen Teknik Pertambangan Unhas, Purwanto yang juga selaku salah seorang dosen pembimbing PKM mengungkapkan kebanggaannya dengan prestasi yang diperoleh oleh para mahasiswa Teknik Pertambangan Unhas.

Dijelaskannya bahwa pada tahun 2021 ini, tercatat sebanyak 67.743 proposal yang diajukan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

Secara total, sebut dia, Unhas pada tahun 2021 ini berhasil meloloskan 155 proposal untuk didanai oleh Kemendikbudristek.
 


Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Tiga Proposal PKM Mahasiswa Teknik Pertambangan Unhas Lolos Pendanaan Kemendikbudristek 2021, https://makassar.tribunnews.com/2021/05/09/tiga-proposal-pkm-mahasiswa-teknik-pertambangan-unhas-lolos-pendanaan-kemendikbudristek-2021.
Penulis: Rudi Salam | Editor: Hasriyani Latif