Program Studi Sarjana
Visi, Misi, Tujuan, Sasaran
VISI
Dengan mengacu pada rumusan visi Universitas, Fakultas FT-Unhas di atas maka visi PS S1 PWK FT-Unhas dirumuskan:
“Menjadi Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota terkemuka di Asia yang berwawasan Benua Maritim Indonesia (BMI) Tahun 2028”
Target
Secara umum pencapaian visi ini akan tercapai pada tahun 2028 (S1 PWK-UH2028) dengan indikator keunggulan berupa jumlah lulusan PWK yang tepat waktu (4 tahun) minimal 95%, waktu tunggu maksimal 3 bulan pada bidang kerja yang sesuai dengan Ipteks PWK, karya ilmiah civitas akademika yang terpublikasi pada jurnal bereputasi (untuk internasional 5 paper/tahun, nasional 10 paper/tahun, prosiding 20 paper/tahun. Menjadi PS 5 terunggul secara nasional (N5), 50 terunggul di Asia Tenggara (SEA50), 100 terunggul di Asia(A100), 150 terunggul secara global (W150), atas Ridho Tuhan Yang Maha Kuasa (T).
S1 PWK-UH2008 = (N10 + SEA80 + A150 + W250)T
S1 PWK-UH2012 = (N9 + SEA75 + A130 + W225)T
S1 PWK-UH2016 = (N8 + SEA70 + A125 + W200)T
S1 PWK-UH2020 = (N7 + SEA65 + A120 + W175)T
S1 PWK-UH2024 = (N6 + SEA60 + A115 + W160)T
S1 PWK-UH2028 = (N5 + SEA50 + A100 + W150)T
MISI
Misi mendukung terealisasinya visi pada tahun 2028 dengan perincian sebagai berikut:
Pendidikan
- Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara berkelanjutan di bidang Ipteks PWK secara umum, dan khususnya yang berwawasan BMI.
- Terkemuka dan unggul dalam pembelajaran di bidang Ipteks PWK dan menghasilkan kualitas lulusan yang baik sesuai dengan standar mutu Pendidikan Tinggi.
Penelitian
Melakukan penelitian yang relevan dan bermanfaat bagi pengembangan Ipteks PWK baik secara umum maupun yang khusus berwawasan BMI.
Pengabdian Masyarakat
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang PWK yang berdasarkan hasil2 penelitian dan isu-isu aktual, khususnya yang berwawasan BMI.
- Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk berpartisipsi aktif menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan dan lingkungan, dalam domain PWK berdasarkan hasil riset, perencanaan, pengalaman, dan ipteks para dosen.
Manajemen
- Mengembangkan kurikulum berdasarkan VMTS PS yang antisipatif dan adaptif terhadap dinamika perkembangan isu dan kemajuan Ipteks PWK, serta perubahan tuntutan dunia kerja lulusannya.
- Memenuhi ratio jumlah dosen dan mahasiswa sert mengembangkan kualifikasi dosen untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam penyelenggaraan tridharma PT sesuai VMTS PS.
- Memenuhi standar jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan (tendik) untuk memenuhi kebutuhan SDM seperti tenag administrasi, pustakawan, laboran, dan teknisi yang mendukung kegiatan tridharma PT.
- Mengembangkan kemitraan sejajar dengan instansi Dalam Negeri (DN) maupun instansi Luar Negeri (LN) seperti perguruan tinggi, lembaga riset, pemerintah, perusahaan swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
- Mengembangkan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tridharma PT.
Tata Nilai
Menjaga, mengembangkan, dan menerapkan nilai, moral dan etika akademik pada PS S1 PWK berdasarkan kebijakan Universitas Hasanuddin, yaitu:
- Integritas, mewakili sifat jujur, berani, bertanggung jawab dan teguh dalam pendirian.
- Inovatif, merupakan kombinasi dari kreatif, berorientasi mutu, mandiri dan kepeloporan.
- Katalitik, mewakili etika, sopan santun, keluwesan, keterbukaan dalam berkomunikasi dan berkerjasama dengan mitra sejajar.
- Arif: manifestasi kepatutan, adil dan beradab, holistik dan asimilatif.
TUJUAN
Tujuan Umum:
Untuk menghasilkan cendekiawan profesional yang antisipatif dan akomodatif terhadap dinamika perkembangan isu dan Ipteks PWK, perubahan tuntutan dunia kerjanya, serta menghasilkan karya ilmiah dan perencanaan di bidang PWK.
Tujuan Khusus:
- Untuk menghasilkan cendekiawan yang profesional dalam pengembangan dan penerapan Ipteks PWK khususnya yang berwawasan BMI.
- Untuk menghasilkan cendekiawan yang profesional dalam kompetensi pendukung karier utamanya sebagai ahli perencana bidang PWK, serta keahlian Iptek khusus yang menjadi bidang kajian labo-labo di lingkungan Departemen PWK: perencanaan wilayah, pariwisata dan mitigasi bencana; perencanaan dan perancangan kota; perencanaan kota tepian air; perencanaan perumahan dan permukiman; serta perencanaan infrastruktur dan transportasi.
- Untuk membangun kompetensi lain bagi lulusan yang gayut dan sangat diperlukan dalam karier di bidang PWK seperti surveyor, analis, ahli GIS dan data spasial, animator, dan programmer berbasis computer.
SASARAN
Sasaran | Strategi Pencapaian |
Mahasiswa |
|
| |
| |
| |
Dosen |
|
| |
| |
Tenaga Kependidikan |
|
|
Intended Learning Outcomes (ILO)
Kode | ILO |
ILO 1 | Mampu berfikir kritis, kreatif, menguasai konsep teoritis, prinsip, dan proses dalam penelitian dan perencanaan wilayah dan kota secara komprehensif, khususnya dalam konteks budaya maritim. |
ILO 2 | Mampu dan terampil dalam memformulasi berbagai informasi terkait dengan SDA, SDM, SDB yang dianalisis melalui prinsip-prinsip teoritis dan NSPK ke dalam sebuah wujud rencana spasial maupun non spasial, disajikan dalam bentuk peta, model kebijakan, maupun model matematis, dengan menggunakan analisis kualitatif dan/atau kuantitatif. |
ILO 3 | Mampu menerapkan konsep teoritis untuk menyelesaikan masalah dalam bidang PWK secara multidisiplin, baik daratan maupun perairan, khususnya penataan ruang kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. |
ILO 4 | Mampu menguasai penerapan metode dan teknologi dengan menggunakan perangkat IT (komputasi) baik dalam menemukan masalah (problem seeking), identifikasi isu-isu tata ruang fisik atau non fisik, hingga menyelesaian masalah (problem solving) melalui sebuah prosedur dan analisis dalam bidang PWK. |
ILO 5 | Mampu mengkritisi hasil perencanaan dan/atau kebijakan pemerintah melalui proses analisis secara sistematis menggunakan berbagai teknik analisis, serta dapat memberikan alternatif solusinya. |
ILO 6 | Mampu menyusun, mendokumentasikan, dan mengkomunikasikan hasil PWK berdasarkan sistem perencanaan pembangunan nasional, serta rencana sektoral (transportasi, pariwisata, perumahan, pendidikan,perdagangan, dll) yg integral dgn Rencana Tata Ruang dengan mengutamakan etika profesi. |
ILO 7 | Dapat menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal kepeloporan, kepemimpinan, dan tanggung jawab etis dalam mengelola kebijakan dalam bidang PWK |
ILO 8 | Memiliki kemampuan dalam mengembangkan diri sebagai pembelajar sepanjang hayat untuk melanjutkan pendidikan dan profesinya baik secara formal maupun informal, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. |
ILO 9 | Dapat menunjukkan kemampuan praktisi dalam industri jasa dalam bidang PWK |
ILO 10 | Menguasai strategi pelaksanaan perencanaan wilayah dan/atau kota |
Capaian Pembelajaran Lulusan
Kode | Capaian Pembelajaran |
PLO 1 | Mampu berfikir kritis, kreatif, menguasai konsep teoritis, prinsip, dan proses dalam penelitian dan perencanaan wilayah dan kota secara komprehensif, khususnya dalam konteks budaya maritim. |
PLO 2 | Mampu dan terampil dalam memformulasi berbagai informasi terkait dengan SDA, SDM, SDB yang dianalisis melalui prinsip-prinsip teoritis dan NSPK ke dalam sebuah wujud rencana spasial maupun non spasial, disajikan dalam bentuk peta, model kebijakan, maupun model matematis, dengan menggunakan analisis kualitatif dan/atau kuantitatif. |
PLO 3 | Mampu menerapkan konsep teoritis untuk menyelesaikan masalah dalam bidang PWK secara multidisiplin, baik daratan maupun perairan, khususnya penataan ruang kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. |
PLO 4 | Mampu menguasai penerapan metode dan teknologi dengan menggunakan perangkat IT (komputasi) baik dalam menemukan masalah (problem seeking), identifikasi isu-isu tata ruang fisik atau non fisik, hingga menyelesaian masalah (problem solving) melalui sebuah prosedur dan analisis dalam bidang PWK. |
PLO 5 | Mampu mengkritisi hasil perencanaan dan/atau kebijakan pemerintah melalui proses analisis secara sistematis menggunakan berbagai teknik analisis, serta dapat memberikan alternatif solusinya. |
PLO 6 | Mampu menyusun, mendokumentasikan, dan mengkomunikasikan hasil PWK berdasarkan sistem perencanaan pembangunan nasional, serta rencana sektoral (transportasi, pariwisata, perumahan, pendidikan,perdagangan, dll) yg integral dgn Rencana Tata Ruang dengan mengutamakan etika profesi. |
PLO 7 | Dapat menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal kepeloporan, kepemimpinan, dan tanggung jawab etis dalam mengelola kebijakan dalam bidang PWK |
PLO 8 | Memiliki kemampuan dalam mengembangkan diri sebagai pembelajar sepanjang hayat untuk melanjutkan pendidikan dan profesinya baik secara formal maupun informal, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. |
PLO 9 | Dapat menunjukkan kemampuan praktisi dalam industri jasa dalam bidang PWK |
PLO 10 | Menguasai strategi pelaksanaan perencanaan wilayah dan/atau kota |
Buku Pegangan Mahasiswa
https://eng.unhas.ac.id/pwk/s/uploads/Student_Handbook_21110e4987.pdf