Department of Urban and Regional Planning
UNIVERSITAS HASANUDDIN

Program Studi Sarjana
Visi, Misi, Tujuan, Sasaran

VISI

Dengan mengacu pada rumusan visi Universitas, Fakultas FT-Unhas di atas maka visi PS S1 PWK FT-Unhas dirumuskan:

Menjadi Program Studi Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota terkemuka di Asia yang berwawasan Benua Maritim Indonesia (BMI) Tahun 2028

Target

Secara umum pencapaian visi ini akan tercapai pada tahun 2028 (S1 PWK-UH2028) dengan indikator keunggulan berupa jumlah lulusan PWK yang tepat waktu (4 tahun) minimal 95%, waktu tunggu maksimal 3 bulan pada bidang kerja yang sesuai dengan Ipteks PWK, karya ilmiah civitas akademika yang terpublikasi pada jurnal bereputasi (untuk internasional 5 paper/tahun, nasional 10 paper/tahun, prosiding 20 paper/tahun. Menjadi PS 5 terunggul secara nasional (N5), 50 terunggul di Asia Tenggara (SEA50), 100 terunggul di Asia(A100), 150 terunggul secara global (W150), atas Ridho Tuhan Yang Maha Kuasa (T).

S1 PWK-UH2008 = (N10 + SEA80 + A150 + W250)T

S1 PWK-UH2012 = (N9 + SEA75 + A130 + W225)T

S1 PWK-UH2016 = (N8 + SEA70 + A125 + W200)T 

S1 PWK-UH2020 = (N7 + SEA65 + A120 + W175)T 

S1 PWK-UH2024 = (N6 + SEA60 + A115 + W160)T 

S1 PWK-UH2028 = (N5 + SEA50 + A100 + W150)T

MISI

Misi mendukung terealisasinya visi pada tahun 2028 dengan perincian sebagai berikut:

Pendidikan
  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara berkelanjutan di bidang Ipteks PWK secara umum, dan khususnya yang berwawasan BMI.
  2. Terkemuka dan unggul dalam pembelajaran di bidang Ipteks PWK dan menghasilkan kualitas lulusan yang baik sesuai dengan standar mutu Pendidikan Tinggi.
Penelitian

Melakukan penelitian yang relevan dan bermanfaat bagi pengembangan Ipteks PWK baik secara umum maupun yang khusus berwawasan BMI.

Pengabdian Masyarakat
  1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang PWK yang berdasarkan hasil2 penelitian dan isu-isu aktual, khususnya yang berwawasan BMI.
  2. Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk berpartisipsi aktif menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan dan lingkungan, dalam domain PWK berdasarkan hasil riset, perencanaan, pengalaman, dan ipteks para dosen.
Manajemen
  1. Mengembangkan kurikulum berdasarkan VMTS PS yang antisipatif dan adaptif terhadap dinamika perkembangan isu dan kemajuan Ipteks PWK, serta perubahan tuntutan dunia kerja lulusannya.
  2. Memenuhi ratio jumlah dosen dan mahasiswa sert mengembangkan kualifikasi dosen untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam penyelenggaraan tridharma PT sesuai VMTS PS.
  3. Memenuhi standar jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan (tendik) untuk memenuhi kebutuhan SDM seperti tenag administrasi, pustakawan, laboran, dan teknisi yang mendukung kegiatan tridharma PT.
  4. Mengembangkan kemitraan sejajar dengan instansi Dalam Negeri (DN) maupun instansi Luar Negeri (LN) seperti perguruan tinggi, lembaga riset, pemerintah, perusahaan swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
  5. Mengembangkan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tridharma PT.
Tata Nilai

Menjaga, mengembangkan, dan menerapkan nilai, moral dan etika akademik pada PS S1 PWK berdasarkan kebijakan Universitas Hasanuddin, yaitu:

  1. Integritas, mewakili sifat jujur, berani, bertanggung jawab dan teguh dalam pendirian.
  2. Inovatif, merupakan kombinasi dari kreatif, berorientasi mutu, mandiri dan kepeloporan.
  3. Katalitik, mewakili etika, sopan santun, keluwesan, keterbukaan dalam berkomunikasi dan berkerjasama dengan mitra sejajar.
  4. Arif: manifestasi kepatutan, adil dan beradab, holistik dan asimilatif.

TUJUAN

Tujuan Umum: 

Untuk menghasilkan cendekiawan profesional yang antisipatif dan akomodatif terhadap dinamika perkembangan isu dan Ipteks PWK, perubahan tuntutan dunia kerjanya, serta menghasilkan karya ilmiah dan perencanaan di bidang PWK.

Tujuan Khusus:
  1. Untuk menghasilkan cendekiawan yang profesional dalam pengembangan dan penerapan Ipteks PWK khususnya yang berwawasan BMI.
  2. Untuk menghasilkan cendekiawan yang profesional dalam kompetensi pendukung karier utamanya sebagai ahli perencana bidang PWK,  serta keahlian Iptek khusus yang menjadi bidang kajian labo-labo di lingkungan Departemen PWK: perencanaan wilayah, pariwisata dan mitigasi bencana; perencanaan dan perancangan kota; perencanaan kota tepian air; perencanaan perumahan dan permukiman; serta perencanaan infrastruktur dan transportasi.
  3. Untuk membangun kompetensi lain bagi lulusan yang gayut dan sangat diperlukan dalam karier di bidang PWK seperti surveyor, analis, ahli GIS dan data spasial, animator, dan programmer berbasis computer.

SASARAN

SasaranStrategi Pencapaian
Mahasiswa
  • Tahun 2020 dapat dicapai 100% mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu (4 tahun) dan IPK di atas 3,0.

 

  • Tahun 2020 dapat dicapai 80% lulusan dengan waktu tunggu 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertama.

 

  • Tahun 2020 menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional, menguasai dasar-dasar keilmuan dan praktek serta berdaya saing di bidang pengembangan wilayah dan kota, termasuk perencanaan dan perancangan wilayah dan kota.

 

  • Tahun 2018 menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki nilai integritas, inovatif, katalitik, dan kearifan dalam proses belajar mengajar maupun berkarier.
Dosen
  • Tahun 2023 tercapai peningkatan kualifikasi dosen, 5 guru besar, 15 Doktor, yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan kurikulum PWK.

 

  • Tahun 2023 dapat dicapai 100% dosen mempunyai kompetensi dan kapasitas dalam penelitian, dalam arti setiap dosen melakukan penelitian minimal 1 setiap tahun dan paper hasil penelitiannya diterbitkan pada jurnal yang bereputasi sebagai peneliti utama.

 

  • Tahun 2023 dapat dicapai 100% dosen mempunyai kompetensi dan kapasitas dalam melakswanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) minimal 1 kegiatan dalam setahun yang berbasis pada hasil riset, perencanaan, dan/atau pengalaman dan/atau IPTEKS yang dimiliki.
Tenaga Kependidikan
  • Tahun 2020 seluruh tenaga kependidikan akademik, administrasi dan keuangan terampil dalam menyusun/mengolah Database SIM-Unhas (termasuk bidang Akademik, Administrasi dan keuangan, kemahasiswaan) dan Portal Akademik-UH.

 

  • Tahun 2020 seluruh tenaga kependidikan non akademik, administrasi dan keuangan mampu melaksanakan tugas sesuai deskripsi kerjanya.
Intended Learning Outcomes (ILO)

Kode

ILO

ILO 1

Mampu berfikir kritis, kreatif, menguasai konsep teoritis, prinsip, dan proses dalam penelitian dan perencanaan wilayah dan kota secara komprehensif, khususnya dalam konteks budaya maritim.

ILO 2

Mampu  dan   terampil  dalam  memformulasi  berbagai   informasi    terkait dengan SDA, SDM, SDB yang dianalisis melalui prinsip-prinsip teoritis dan NSPK ke dalam sebuah wujud rencana spasial maupun non spasial, disajikan dalam bentuk peta, model kebijakan, maupun model matematis, dengan menggunakan analisis kualitatif dan/atau kuantitatif.

ILO 3

Mampu menerapkan konsep teoritis untuk menyelesaikan  masalah dalam bidang PWK secara multidisiplin, baik daratan maupun perairan, khususnya penataan ruang kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil.

ILO 4

Mampu    menguasai    penerapan    metode     dan     teknologi    dengan menggunakan perangkat IT (komputasi) baik dalam menemukan   masalah (problem seeking), identifikasi isu-isu tata ruang fisik atau non fisik, hingga menyelesaian masalah (problem solving) melalui sebuah prosedur dan analisis dalam bidang PWK.

ILO 5

Mampu  mengkritisi   hasil  perencanaan  dan/atau   kebijakan  pemerintah melalui  proses analisis secara sistematis menggunakan berbagai teknik analisis, serta dapat memberikan alternatif solusinya.

ILO 6

Mampu  menyusun,   mendokumentasikan,  dan  mengkomunikasikan  hasil PWK   berdasarkan  sistem  perencanaan   pembangunan  nasional,  serta rencana   sektoral    (transportasi,    pariwisata,   perumahan,   pendidikan,perdagangan,   dll)    yg   integral   dgn    Rencana   Tata   Ruang    dengan mengutamakan etika profesi.

ILO 7

Dapat    menunjukkan    pengetahuan    dan     keterampilan    dalam    hal kepeloporan, kepemimpinan, dan tanggung jawab etis dalam mengelola kebijakan dalam bidang PWK

ILO 8

Memiliki  kemampuan   dalam  mengembangkan  diri   sebagai  pembelajar sepanjang hayat untuk melanjutkan pendidikan dan profesinya baik secara formal maupun informal, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global.

ILO 9

Dapat menunjukkan kemampuan praktisi dalam industri jasa dalam bidang PWK

ILO 10

Menguasai  strategi   pelaksanaan  perencanaan    wilayah   dan/atau  kota
Capaian Pembelajaran Lulusan

Kode

Capaian Pembelajaran

PLO 1

Mampu berfikir kritis, kreatif, menguasai konsep teoritis, prinsip, dan proses dalam penelitian dan perencanaan wilayah dan kota secara komprehensif, khususnya dalam konteks budaya maritim.

PLO 2

Mampu  dan   terampil  dalam  memformulasi  berbagai   informasi    terkait dengan SDA, SDM, SDB yang dianalisis melalui prinsip-prinsip teoritis dan NSPK ke dalam sebuah wujud rencana spasial maupun non spasial, disajikan dalam bentuk peta, model kebijakan, maupun model matematis, dengan menggunakan analisis kualitatif dan/atau kuantitatif.

PLO 3

Mampu menerapkan konsep teoritis untuk menyelesaikan  masalah dalam bidang PWK secara multidisiplin, baik daratan maupun perairan, khususnya penataan ruang kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil.

PLO 4

Mampu    menguasai    penerapan    metode     dan     teknologi    dengan menggunakan perangkat IT (komputasi) baik dalam menemukan   masalah (problem seeking), identifikasi isu-isu tata ruang fisik atau non fisik, hingga menyelesaian masalah (problem solving) melalui sebuah prosedur dan analisis dalam bidang PWK.

PLO 5 

Mampu  mengkritisi   hasil  perencanaan  dan/atau   kebijakan  pemerintah melalui  proses analisis secara sistematis menggunakan berbagai teknik analisis, serta dapat memberikan alternatif solusinya.

PLO 6

Mampu  menyusun,   mendokumentasikan,  dan  mengkomunikasikan  hasil PWK   berdasarkan  sistem  perencanaan   pembangunan  nasional,  serta rencana   sektoral    (transportasi,    pariwisata,   perumahan,   pendidikan,perdagangan,   dll)    yg   integral   dgn    Rencana   Tata   Ruang    dengan mengutamakan etika profesi.

PLO 7

Dapat    menunjukkan    pengetahuan    dan     keterampilan    dalam    hal kepeloporan, kepemimpinan, dan tanggung jawab etis dalam mengelola kebijakan dalam bidang PWK

PLO 8

Memiliki  kemampuan   dalam  mengembangkan  diri   sebagai  pembelajar sepanjang hayat untuk melanjutkan pendidikan dan profesinya baik secara formal maupun informal, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global.

PLO 9

Dapat menunjukkan kemampuan praktisi dalam industri jasa dalam bidang PWK

PLO 10

Menguasai  strategi   pelaksanaan  perencanaan    wilayah   dan/atau  kota