UNIVERSITAS HASANUDDIN

Department of Informatics

Profil Program Sarjana
Visi, Misi, Tujuan, Sasaran

Visi

Pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian dan penerapan teknologi informasi berbasis jaringan komputer dan sistem cerdas berlandaskan Benua Maritim Indonesia tahun 2025.

 

Misi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan tata nilai yang baik, memiliki keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan dalam bidang Informatika dan komputer serta mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki secara mandiri, kreatif dan inovatif dalam mengikuti kemajuan perkembangan teknologi.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dibidang teknologi informasi berbasis jaringan komputer dan sistem cerdas berlandaskan Benua Maritim Indonesia, yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional.
  3. Menyebarluaskan teknologi berdaya guna bagi masyarakat yang mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Menjalin dan memperkuat kerjasama dengan institusi terkait, baik nasional maupun internasional guna mendukung peningkatan kualitas relevansi dalam pengajaran, penelitian dan kompetensi lulusan.

 

Tujuan

  1. Tersedianya sumber daya manusia di bidang Informatika yang memiliki kemampuan berkompetisi mendapatkan lapangan pekerjaan ataupun menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri dan kreatif.
  2. Terciptanya suasana akademik yang mendukung peningkatan pengetahuan di bidang Teknologi Informasi khususnya dibidang teknologi berbasis jaringan komputer dan sistem cerdas berlandaskan Benua Maritim Indonesia.
  3. Terwujudnya komitmen tanggung jawab sosial universitas dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat.
  4. Terciptanya relevansi yang kuat antara proses pendidikan, penelitian, pengembangan keilmuan dan  kebutuhan masyarakat.

 

Sasaran

  1. Meningkatnya mutu pembelajaran
  2. Terciptanya budaya meneliti yang berkualitas dan berkesinambugan.
  3. Menghasilkan makalah ilmiah yang dapat dipublikasikan pada tingkat internasional.
  4. Meningkatnya daya saing lulusan di tingkat nasional dan internasional
  5. Terwujudnya kehidupan kampus yang kondusif guna mendukung pengembangan potensi dan kreativitas mahasiswa

 

Program Hasil Pembelajaran

Program Sarjana Informatika bertujuan untuk menyediakan lulusan dengan kualitas berikut:
1. Kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan informatika dalam kehidupan nyata. [PLO1]
2. Kemampuan untuk melakukan praktik terbaik dalam penelitian dan pengembangan, yang sejalan dengan tanggung jawab profesional dan etika. [PLO2]
3. Sikap belajar sepanjang hayat baik melalui studi pascasarjana, penelitian, pelatihan praktis dan sertifikasi khusus, baik secara nasional dan/atau internasional. [PLO3]

Capaian Pembelajaran Lulusan

Untuk mendukung pencapaian PLO, lembaga tersebut menyusun Intended Learning Outcomes (ILO). ILO mencantumkan semua sikap, pengetahuan/pemahaman, keterampilan dan kompetensi yang diharapkan dari lulusan setelah mereka berhasil menyelesaikan program gelar.
Hasil Pembelajaran yang Ditujukan adalah sebagai berikut:
Tabel 1.3. Hasil Pembelajaran yang Ditujukan dari IT-UH

 

Hasil Pembelajaran yang Ditujukan adalah sebagai berikut:

[ILO 1] Memiliki pengetahuan dasar Ilmu Komputasi yang meliputi teori dan konsep dasar ilmu komputer, Matematika dan Statistika, Algoritma Pemrograman, Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi.

[ILO 2] Memiliki pengetahuan tentang topik-topik lanjutan di bidang khusus Informatika baik Kecerdasan Buatan, Ilmu Data, Jaringan Komputer, Komputasi Awan, atau Internet of Things.

[ILO 3] Menerapkan pengetahuan komputasi dan disiplin terkait lainnya untuk menganalisis dan mengidentifikasi solusi untuk setiap masalah berbasis komputasi.

[ILO 4] Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi untuk memenuhi serangkaian persyaratan komputasi tertentu dengan menerapkan teori ilmu komputer dan dasar-dasar pengembangan perangkat lunak.

[ILO 5] Menyelesaikan tugas dalam tanggung jawab profesional mereka berdasarkan prinsip-prinsip hukum dan etika.

[ILO 6] Tampil efektif dalam tim, baik sebagai anggota atau pemimpin, dalam kegiatan yang berkaitan dengan disiplin program.

[ILO 7] Mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan cara yang meyakinkan dan efektif, baik secara tertulis maupun lisan, untuk mengusulkan solusi.

[ILO 8] Akui perbedaan sudut pandang orang lain yang mencakup kepercayaan, budaya, ide, dan penemuan asli.