UNIVERSITAS HASANUDDIN

Department of Mining Engineering

Kegiatan Sosialisasi Kajian Perencanaan Sumur Resapan Kota Makassar
no image

Sebagai salah satu fungsi tri dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan kajian sumur resapan di Kota Makassar. Kegiatan ini salah satunya berlokasi di Bumi Permata Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Sebagai rangkaian dari kegiatan ini, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Kajian Perencanaan Sumur Resapan.

Kajian sumur pengimbuhan di Kawasan BPS-Sudiang menunjukkan parameter material tanah dan batuan yang memenuhi syarat berdasarkan SNI 8456:2017 tentang sumur dan parit resapan air hujan. Namun demikian terlihat bahwa pada lapisan bawah permukaan terindikasi sejumlah lapisan batuan dengan nilai permeabilitas rendah yang dapat menjadi kendala berfungsinya sumur resapan secara optimal. 

Pada sisi lain, kawasan tersebut merupakan bagian dari daerah aliran Sungai yang lebih luas sehingga dapat menjadi kendala fungsi sumur resapan untuk mengurangi banjir jika tidak diterapkan secara komprehensif dalam wilayah daerah aliran sungai tersebut. Gagasan untuk pemilihan model peresapan air hujan ke dalam lapisan pembawa air tanah dalam masih memerlukan kajian yang lebih spesifik.

Dari hasil sosialisasi telah diperoleh pemahaman terkait fungsi dari sumur resapan. Sumur resapan untuk lingkungan permukiman di Kota Makassar dapat dilakukan sebagai upaya penyehatan lingkungan dari limbah rumah tangga sebelum air sisa aktifitas harian mencapai batang air.