Diharapkan Mahasiswa di Fakultas Teknik untuk mengisi Survey Kepuasan Mahasiswa S3/S2/Profesi/S1 terhadap layanan yang diterima melalui link berikut:

S3 https://bit.ly/SurveiKepuasanPelayanananMahasiswaS3FTUnhas

S2/Profesi https://bit.ly/SurveiKepuasanPelayanananMahasiswaS2ProfesiFTUnhas

S1 https://bit.ly/SurveiKepuasanPelayanananMahasiswaS1FTUnhas

 

Instrumen Survey

Pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan pelaksanaan proses pendidikan mencakup aspek:

  • Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan.
  • Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat.
  • Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan.
  • Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa.
  • Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana.

Pertanyaan yang diajukan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa adalah:

Aspek Tangibles

  • Bagaimana pendapat anda tentang ruang kuliah tertata dengan bersih, rapi dan nyaman
  • Bagaimana pendapat anda tentang sarana pembelajaran yang lengkap dan memadai tersedia di setiap ruang kuliah
  • Bagaimana pendapat anda tentang perpustakaan yang bersih, rapi dan nyaman
  • Bagaimana pendapat anda tentang kondisi laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan mahasiswa
  • Bagaimana pendapat anda tentang ketersediaan buku referensi yang lengkap di perpustakaan

Aspek Reliability

  • Bagaimana pendapat anda tentang kejelasan dan kesesuaian materi perkuliahan yang diberikan dosen
  • Bagaimana pendapat anda tentang ketersediaan waktu untuk diskusi dan tanya jawab
  • Bagaimana pendapat anda tentang modul/bahan pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan
  • Bagaimana pendapat anda tentang dosen menilai ujian/tugas dengan nilai yang objektif
  • Bagaimana pendapat anda tentang dosen datang tepat waktu
  • Bagaimana pendapat anda tentang kompetensi dosen yang memadai sesuai dengan bidang keahliannya
  • Bagaimana pendapat anda tentang dosen yang membuat satuan acara perkuliahan
  • Bagaimana pendapat anda tentang kemampuan staf akademik untuk melayani administrasi kemahasiswaan
  • Bagaimana pendapat anda tentang kualitas layanan staf akademik untuk memenuhi kepentingan mahasiswa

Aspek Responsiveness

  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi tentang menyediakan dosen Bimbingan Konseling bagi mahasiswa
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi  dalam menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi  dalam membantu mahasiswa apabila menghadapi masalah akademik
  • Bagaimana pendapat anda tentang Pimpinan Universitas / Fakultas / Program Studi beserta jajarannya dalam menyediakan waktu bagi orang tua mahasiswa untuk berkonsultasi
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi dalam memberikan bantuan pengobatan bagi mahasiswa yang sakit
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi tentang memberikan bantuan asuransi bagi mahasiswa

Aspek Assurance

  • Bagaimana pendapat anda tentang staf administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan
  • Bagaimana pendapat anda tentang adanya dosen Pembimbing Akademik (PA) dan dosen bimbingan konseling untuk mengatasi permasalahan/keluhan mahasiswa
  • Bagaimana pendapat anda tentang waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran
  • Bagaimana pendapat anda tentang sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan Universitas / Fakultas / Program Studi dan berlaku untuk semua mahasiswa tanpa terkecuali

Aspek Empathy

  • Bagaimana pendapat anda tentang kepedulian Universitas / Fakultas / Program Studi  dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi memonitor terhadap kemajuan mahasiswa melalui dosen Pembimbing Akademik atau dosen bimbingan konseling
  • Bagaimana pendapat anda tentang dosen bersedia membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan bidang akademik/mata kuliah
  • Bagaimana pendapat anda tentang dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa
  • Bagaimana pendapat anda tentang universitas / Fakultas / Program Studi mampu memahami minat dan bakat mahasiswa dan berusaha untuk mengembangkannya

Aspek Transparency

  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi dalam memberikan informasi sistem perkuliahan dalam bentuk buku pedoman akademik
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi dalam memberikan informasi akademik dan pelayanan non akademik dalam bentuk website (online)
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi secara terbuka memberikan informasi dan pelayanan baik akademik maupun non akademik
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi membuka layanan pengaduan bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan permasalahan kemahasiswaan
  • Bagaimana pendapat anda tentang Universitas / Fakultas / Program Studi berusaha secara transparan dalam penggunaan dana kemahasiswaan