post-image

TSP UNHAS Berkolaborasi dengan ITB, UGM, dan SU dalam Meningkatkan Kualitas Penilaian Mata Kuliah

Melalui program Tuning Test Item Bank Project, Universitas Hasanuddin melalui Program Studi Teknik Sistem Perkapalan (TSP) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara. Dalam upaya ini, UNHAS berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Sampoerna (SU) untuk mengembangkan pemahaman bersama tentang capaian pembelajaran dan meningkatkan praktik penilaian di perguruan tinggi.

Tuning Test Item Bank yang merupakan inisiatif kolaboratif antara para ahli pendidikan tinggi di Jepang dan Asia Tenggara, bertujuan untuk menciptakan sebuah bank soal yang dapat mengukur pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan mahasiswa saat mereka lulus. Dengan bekerja sama, universitas-universitas ini dapat memperbaiki praktik penilaian dan mendorong peningkatan kualitas pengajaran serta pembelajaran.

Pada 23 Juni 2023, Komite Internasional dari proyek ini mengadakan pertemuan virtual untuk membahas hasil dari Tuning Test yang telah dilaksanakan pada Desember 2022 di empat universitas di Indonesia: ITB, UGM, SU, dan UNHAS. Dalam pertemuan tersebut, para ahli juga mengeksplorasi potensi penggunaan teknologi Machine Learning untuk mengotomatisasi penilaian hasil Tuning Test di masa mendatang, dengan tujuan memperlancar proses penilaian.

Selain itu, komite juga menyusun langkah-langkah strategis untuk pengembangan hub ASEAN dari proyek ini, dengan merencanakan inisiatif dan kolaborasi di masa depan yang berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan.

Melalui proyek ini, UNHAS bersama dengan ITB, UGM, dan SU tidak hanya berusaha untuk membangun pemahaman yang lebih baik mengenai capaian pembelajaran antar program studi, tetapi juga untuk memberikan umpan balik yang berharga dalam rangka perbaikan pendidikan di kawasan Asia Tenggara.

(Materi berita diatas diambil dari berita pada halaman: https://en.me-testbank.org/post/____c)