Kolaborasi dengan Otoritas Bandara, Fakultas Teknik Gelar Kuliah Tamu “Aviation Back To Campus”

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kembali menggelar kuliah tamu. Kuliah tamu kali ini dibawakan oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Sulawesi Selatan, Dr. Asri Santosa, S.T., S.IT., M.T., kuliah tamu yang bertema Aviation Back To Campus membahas mengenai bagaimana dunia industri penerbangan bekerja, dan bagaimana kontribusi ilmu keteknikan bisa digunakan di dunia penerbangan. 

Dilaksanakan di Lecture Theater 1 Gedung CSA, kuliah tamu ini juga dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T., IPM., AER. dan juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi Dr. Ir. Rustan Tarakka, ST., M.T., IPM., ASEAN.Eng. yang juga diikuti oleh hampir 100 peserta dari kalangan mahasiswa teknik dari berbagai jurusan keteknikan. 

Selain untuk memperkenalkan dunia penerbangan dan hubungannya dengan keteknikan, dalam kuliah ini Dr. Asri Santosa juga menjelaskan potensi kerja sama antara Otoritas Bandara dengan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Salah satunya adalah rencana pembangunan sekolah jurusan penerbangan di sulawesi selatan. 

Rencana - rencana kerja sama ini juga menjadi dasar dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang juga dilaksanakan sebagai rangkaian acara dari kuliah tamu ini. Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Teknik dan Kepala Otoritas Bandara wilayah V. 

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk ini adalah untuk meningkatkan sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak untuk mewujudkan visi dan misi keduanya. Selain itu tentunya tujuan kerja sama ini juga untuk meningkatkan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi seperti peningkatan kerjasama dalam bidang penelitian bagi dosen dan mahasiswa, pelaksanaan magang dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, peningkatan kerjasama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kemampuan tenaga pengajar atau mahasiswa dalam berbagai bidang.

Kerjasama ini melibatkan Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Industri, Prodi Teknik Metalurgi dan Material, Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Arsitektur, Prodi Perencanaan Wilayah Kota, Prodi Teknik Perkapalan, Prodi Teknik Kelautan, Prodi Teknik Sistem Perkapalan, Prodi Teknik Geologi dan Prodi Teknik Pertambangan.