Gelar The 2nd ICREST, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Hadirkan Pembicara dari Tanah Air dan Mancanegara

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kembali menunjukkan kemampuannya di kanca internasional, kali ini Fakultas Teknik sukses menggelar International Conference On Research In Engineering and Science Technology (ICREST) yang kedua. Konferensi ini dilaksanakan pada Rabu, 25 Oktober 2024 di Lecture Theater 1 Gedung  CSA, Fakultas Teknik Gowa. 

Acara ini menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri yaitu Dr. Muhammad Syafruddin dari Sejong University Korea, Profesor Hatori Tsuyoshi dari Ehime University Jepang, Prof. Bachtiar Nappu,Ph.D dari Universitas Hasanuddin, Dr. Peter Aning Anak Tedong dari Universiti Malaya Malaysia, Profesor Shun Chiyonobu dari Akita University Jepang dan Dr. Mansur Maturidi Aries dari Stanford University US. 

Dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K), dan dihadiri oleh para pimpinan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yaitu  Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T., IPM., AER., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Amil Ahmad Ilham, S.T., M.IT., Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumber Daya, dan Alumni Dr. Eng. Ir. Muhammad Rusman, M.T., Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi Dr. Ir. Rustan Tarakka, ST., M.T., IPM., ASEAN.Eng

ICREST merupakan konferensi internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sebagai salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati dies natalis Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Diketuai oleh Ir. Armin Darmawan , S.T., M.T., Ph.D., IPM ICREST kali ini mengusung tema “Connecting Living Parameters with New Technologies for Reassuring and Enhancing Quality of Life due to Climate Change” yang diharapkan dapat menjadi kesempatan berharga bagi para pembicara dan peneliti untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitian mereka; konferensi ini juga berupaya untuk menawarkan solusi dan jalur inovatif menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Dan juga melalui kolaborasi yang kuat ini dapat menjadi agenda untuk mempromosikan teknologi canggih menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari sudut pandang teknik. Secara khusus, konferensi ini difokuskan pada Teknologi Integrasi dan Inovasi, Pengelolaan Sumber Daya Berkelanjutan dari Perspektif Lingkungan, Geologi, dan Pertambangan, Arsitektur dan Resilient Cities Technologies, Teknologi Maritim Berkelanjutan, Sustainable Development Goals, dan Material Berkelanjutan.

Ada 84 makalah yang dikirimkan ke konferensi tahun ini. Para penulis berasal dari lima negara di seluruh dunia: Jepang, Malaysia, Taiwan, Korea, dan Indonesia. Makalah-makalah tersebut dievaluasi berdasarkan signifikansi, keunikan, dan kualitas teknisnya. Sebanyak 72 makalah dipilih untuk dipresentasikan pada konferensi ini, yang akan dibagi menjadi enam sesi paralel dan satu sesi virtual. 

Dalam sambutannya Prof Isran menyampaikan Terima kasih kepada semua penulis atas partisipasinya dan kontribusinya dalam konferensi ini. Prof isran melanjutkan konferensi ini juga menjadi peluang oleh bersama para ahli, peneliti, Dan praktisi dari berbagai bidang untuk memperluas jaringan dan meningkatkan skill dan pengetahuan.